Pengaruh Literasi, Reference Group dan Orientasi Keberagamaan Terhadap Sikap Keberagamaan Mahasiswa di Kalimantan Selatan

Gt. Muhammad Irhamna Husin, Muhammad Ihsanul Arief

Abstract


Zaman sekarang sangat penting bagi insan akademisi untuk menelusuri, mengkaji dan mendesiminasikan hasil kajian mengenai realitas pemahaman agama aktivis dakwah kampus di perguruan tinggi, sebab remaja merupakan sasaran empuk yang dibidik oleh jaringan Islam Radikal adalah mahasiswa yang dikatakan sebagai simbol perubahan bangsa (Agent of Change). Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 1000 mahasiswa dan sampel sebesar 286 mahasiswa yang tersebar dibeberapa daerah Kalimantan Selatan. Adapun temuan penelitian ini berdasarkan data bahwa Pertama, literasi mahasiswa dalam mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan syariat Islam tidak mempunyai pengaruh terhadap sikap keberagamaan mahasiswa di Kalimantan Selatan. Kedua, reference group yang berperan sebagai jenis kelompok sosial yang menjadi acuan beberapa mahasiswa mempunyai pengaruh namun tidak signifikan terhadap sikap keberagamaan mahasiswa di Kalimantan Selatan.Ketiga, orientasi keberagamaan aktor sebagai bagian dari system sosial yang mempunyai kehendak sendiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap keberagamaan mahasiswa di Kalimantan Selatan.


Keywords


Literasi, Reference Group, Orientasi Keberagamaan, Sikap Keberagamaan

Full Text:

PDF

References


Muhtar, Fathur Rahman, and Salimul Jihad. “Ketahanan Umat Beragama Dalam Mencegah Radikalisme Di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 25, No. 1 (2019): 56–72.

Murdiana, Elfa, and Totit Sudiono. “Deradikalisasi Pemahaman Agama Aktivis Dakwah Kampus Di Perguruan Tinggi Provinsi Lampung.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama Dan Kebudayaan Islam Vol. 1, No. 1 (2021): 101–20.

Mustofa, Imam. “Terorisme: Antara Aksi Dan Reaksi (Gerakan Islam Radikal Sebagai Respon Terhadap Imperealisme Modern).” Religia Vol. 15, No. 1 (2012).

Nasih, Ahmad Munjin, Nur Kholidah Lilik, and Muhammad Rohmanan. “Pemanfaatan Al-Maktabah Al-Syamilah Untuk Penelusuran Referensi Digital Dalam Bahtsul Masail Bagi Guru Guru Pesantren Di Kota Malang.” Jurnal KARINOV Vol. 1, No.1 (2018).

Nasution, Manan. “Krisis Sosial Arab Pasca-Arab Spring; Menelisik Kembali Pemikiran Abid Al-Jabiri Dan Relevansinya Terhadap Wacana Arab-Islam Dan Demokrasi.” MUSLIMPRENEUR: Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman Vol. 1, No. 1 (2021): 74–92.

Rokhmad, Abu. “Pandangan Kiai Tentang Deradikalisasi Paham Islam Radikal Di Kota Semarang.” Jurnal Analisa Vol 21, No. 1 (2014): h. 27-37.

———. “Radikalisme Islam Dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 20, No. 1 (2012): h. 79-114.

Setyadi, Yorri Didit. “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change Dan Social Control.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 5, No. 6 (2021): 1542–47.

Zuhdi, Muhamad Harfin. “Fundamentalisme Dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Al- Qur’an Dan Hadis.” Religia Vol. 13, No. 1 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.