Pembangunan Politik Hukum Islam pada Masa Orde Baru, Reformasi dan Pasca Reformasi

Syafruddin Syam, Syahrul Syahrul, Siti Ameliyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi pembangunan politik hukum Islam di Indonesia pada masa orde baru, masa reformasi dan setelah reformasi temasuk juga mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan hukum Islam di Indonesia. Hubungan antara Islam dan pemerintah juga mengalami pasang surut selama kepemimpinan Indonesia. Ada masa ketika Islam memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan, meski seringkali negara mengambil alih dan mendominasi peran politik Islam. Pendekatan penelitian yang pilih pada penelitian ini adalah model deskriptif  kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kepustakaan, di mana kegiatannya dilakukan dengan menghimpun data yang bersifat kepustakaan dan berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akomodasi politik pemerintah kepada umat Islam yang jumlahnya mayoritas—baik pada masa orde baru maupun masa reformasi dan setelahnya—hukum Islam digunakan untuk memperlancar pelaksanaan kebijakan pemerintah. Selain itu, terbitnya kebijakan-kebijakan yang populis bagi umat Islam terjadi akibat baiknya hubungan antara agama dan negara. Hal itu terlihat dengan lahirnya sejumlah produk hukum nasional yang mengakomodasi kebutuhan umat Islam seperti UU Perkawinan, UU Peradilan Agama, Kompilasi Hukum Islam, UU Penyelenggaraan Ibadah Haji, dan UU Zakat.

Keywords


politik hukum Islam, akomodasi politik pemerintah, produk hukum

Full Text:

PDF

References


Al-Farisi, Leli Salman. “Politik Hukum Islam Di Indonesia; Membedah Kerancuan Bukan Negara Agama dan Bukan Negara Sekuler”, Volume 11, Nomor 2, Jurnal Aspirasi (Agustus 2021).

Anggoro, Syahriza Alkohir. “Politik Hukum: Mencari Sejumlah Penjelasan”, Volume 10, Nomor 1, Jurnal Cakrawala Hukum (Juni 2019.

Aseri, Muhsin “Politik Hukum Islam di Indonesia”, Volume 9, Nomor 17, Al Qalam (2016).

Budiardjo, Miriam. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Djamil, Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Hafidh, Ahmad. “Pertarungan Wacana Politik Hukum Islam di Indonesia”, Volume 3, Nomor 3, Yustisia (September-Desember 2014).

Halim, Abdul. Politik Hukum Islam di Indonesia. Ciputat: Ciputat Press, 2005.

Hatta, Moh. “Perkembangan Legislasi Hukum Islam di Indonesia”, Volume 11, Nomor 1, Al-Qānūn (Juni 2008).

Irawan, Hendra & Selviana, Ika. “Dinamika Internalisasi Hukum Islam Kedalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia”, Volume 18 Nomor 2, Istinbath: Jurnal Hukum (2019).

Ismatullah, Dedi. Sejarah Sosial Hukum Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Jadidah, Fikrotul. “Perubahan Konstitusi Dalam Transisi Orde Baru Menuju Reformasi di Indonesia”, Volume 6, Nomor 1, Jurnal Ilmiah Mandala Education (April 2020).

Jurdi, Syarifuddin. Sosiologi Islam & Masyarakat Modern: teori, Fakta, dan Aksi Sosial. Jakarta: Kencana, 2010.

Kompas.com. "Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)", dalam: https://www.kompas.com/stori/read/2021/09/29/090000479/rencana-pembangunan-lima-tahun-repelita?page=all diakses 25 Desember 2022.

Lubis, Nur Ahmad Fadhil. “Aktualisasi Hukum Islam: Beberapa Catatan Pendahuluan”, dalam Akhmad Mujahidin, Aktualisasi Hukum Islam: Tekstual dan Kontekstual. Pekanbaru: PPS UIN Suska Riau, 2008.

Mahfud MD, Moh. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada, Cet.-6, 2018.

Maslul, Syaifullahil & Arif, Achmad. “Hukum Islam dan Politik Hukumnya dalam Hukum Nasional”, Volume 3, Nomor 1, Al-BayyinaH: Jurnal Islamic Law (Tahun 2019).

Mugiyanto. “Hubungan Oligarki Kekuasaan Dengan Politik Hukum Penguasa”, Volume 3, Issue 1, Jurnal Penegakan Hukum Indonesia (JPHI) (Februari 2022).

Nawawi. Ushul Fiqh: Sejarah, Teori Lughawy, dan Teori Maqashidy. Batu Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Nurekasari & Hasan, Hamzah. “Tinjauan Siyasah Syar’iyyah Terhadap Eksistensi Lembaga Legislatif Sebelum dan Setelah Reformasi”, Volume 2, Nomor 1, Siyasatuna (Januari 2021).

Ruslan, Faryda. “Politik Hukum Islam Masa Orde Baru dan Produk Perundang-Undangannya”, Volume 10, Nomor 2, al Qisthâs; Jurnal Hukum dan Politik (2019).

Shomad,Abd. Hukum Islam: Penormaan Prinsip Syariah Dalam Hukum Islam. Jakarta: Kencana, 2012.

Sofyan. “Prospek Hukum Islam Di Indonesia Dalam Sistem Hukum Nasional”, tulisan dalam Majalah An-Nida’ yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian IAIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/358284331 tanggal 25 Desember 2022.

Suganda, Ahmad. “Implementasi Hukum Islam dan Pengaruhnya Terhadap Politik Hukum Indonesia (The Implementation of Islamic Law and Its Influence on Indonesian Legal Politics), Volume 29, Nomor 02, Jurnal at-Tadbir (Juli 2019).

Suhardin. “Modernisasi dan Reformasi Dalam Pembinaan Hukum Islam dan Pranata Sosial di Negara Islam (Telaah Komparatif Indonesia dan Malasyia)”, Volume 2, Nomor 1, Jurnal Al Tasyri’iyyah (2022).

Suntana, Ija. Politik Hukum Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Supriyadi & Hadi, Sholihul. “Regulasi Wakaf di Indonesia Dari Masa Orde Lama Sampai Era Reformasi Dalam Tinjauan Politik Hukum”, Volume 6, Nomor 2, ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf (2019).

Suryanegara, Ahmad Mansur. Api Sejarah 2; Mahakarya Perjuangan Ulama dan santri Dalam Menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bandung: Surya Dinasti, Cet. III, Edisi Revisi, 2018.

Syarifuddin, Amir. Pembaharuan Pemikiran Dalam Hukum Islam. Padang: Penerbit Angkasa Raya, 1993.

Trahjurendra, Abdurisfa Adzan. “Politik Hukum Pengaturan Tindak Pidana Makar di Indonesia”, dalam http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/583.

Usman, Suparman. Hukum Islam: Asas-Asas dan Pengantar Studi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2017.

Zuhri, Muh. Hukum Islam dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.