Analisis Kualitas Pelayanan (Servqual) dalam Meningkatkan Minat Beli Ulang Pelanggan Kafe “Selasa_Communa”, Kota Medan

Raditiya Eka Nugraha, Sukaria Sinulingga, Meilita Tryana Sembiring

Abstract


Berkembang pesatnya kafe kopi di Kota Medan seiring dengan semakin meningkatnya minat kaum muda untuk konsumsi kopi mendorong berdirinya kafe “selasa_communa”. Namun, grafik penjualan sepanjang 2 tahun terakhir mengalami penurunan. Hal ini mendorong untuk dilakukan penelitian mengenai analisis Kualitas Pelayanan (ServQual) dalam meningkatkan Minat Beli Ulang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Analisis Regresi Berganda untuk menjawab hipotesis penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan dengan total sampel penelitian sebanyak 125 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial Reliabilitas, Daya Tanggap, Empati dan Jaminan masing-masing variabel berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan semua variabel secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik, Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2016.

Bahar, Arfiani, dan Herman Sjaharuddin. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang.” Jurnal Organisasi dan Manajemen 3 (2015).

Bakti, Umar, dan Hairudin dan Maria Septijantini Alie. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung.” Jurnal Ekonomi 22, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37721/je.v22i1.633.

Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: Penerbit Deepublish, 2019.

Imran, Moch Irzad Aditya. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang Makanan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar.” Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2, no. 1 (2018).

Mea, Maria Helena Carolinda Dua, dan Yulius Laga. “Pengaruh Relationship Marketing, Suasana Kafe, dan Kepuasan Pengunjung terhadap Loyalitas Pelanggan Mokka Coffee Ende.” Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) 5, no. 2 (2020).

Parasuraman, A Parsu, Valarie Zeithaml, dan Leonard Berry. “SERVQUAL: A multiple- Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal of Retailing 64, no. 1 (1988).

Putra, M. D., dan E. L. Paramita. Perilaku Konsumen Remaja Usia 15 – 18 tahun dalam Upaya Membentuk Loyalitas Merek. Universitas Kristen Satya Wacana: 3rd Economics Research Festival, 13 November 2014, 2014.

Sulistyawati, Ni Made Arie, dan Ni Ketut Seminari. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar.” E-Jurnal Manajemen 4, no. 8 (2015).

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.