FYP Dakwah Digital Creator Milenial Melalui Tiktok di Era 5.0

Yolandha Rakatiwi, Umi Halwati, Nawawi Nawawi

Abstract


Media komunikasi digital yang memiliki audiens yang besar dan lebih interaktif. Hal ini juga memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi dengan cepat. Tidak bisa dipungkiri pula betapa sulitnya para da'i menguasai aspek-aspek teknis transmisi ilmu akibat tumbuhnya media baru. Untuk melihat ragam taktik konten dari berbagai pembuat konten dakwah, penelitian ini mengkaji dan menganalisis konten (content analysis) pada platform media sosial TikTok yaitu FYP. Setiap pembuat konten dakwah yang berpartisipasi dalam penelitian ini dilakukan analisis konten dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membahas dampak media sosial terhadap analisis konten terhadap keterlibatan pengguna berupa like, views, dan partisipasi pengguna TikTok dalam berdakwah. Konten yang diproduksi oleh masing-masing produsen konten dalam hal konten dakwah, metode penyampaian, unggahan rata-rata per bulan, dan penggunaan tagar yang sedang tren dari berbagai produsen konten menunjukkan dengan jelas teknis dalam pembuatannya masing-masing memiliki fitur tersendiri sehingga pengikut dapat mengingatnya. Kajian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan panduan teknis bagi para mubaligh dan milenial yang ingin ikut serta dalam maraknya tren penyampaian dakwah melalui media sosial di era 5.0.

Keywords


Tiktok, Media Dakwah Digital, FYP

Full Text:

PDF

References


Aritonang, David Ardhy, dan Yohannes Don Bosco Doho. "Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Lirik Lagu Band Noah “Puisi Adinda”." Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis 4.2 (2019): 77-103.

Beaudoin, Christopher E., dan Traci Hong. "Emotions in the Time of Coronavirus: Antecedents of Digital and Social Media Use among Millennials." Computers in Human Behavior 123 (2021): 106876.

Carolin, Idza, dkk. "Pengaruh Penggunakan New Media Tiktok terhadap Pembentukan Konsep Diri Generasi Muda Indonesia 2022." Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS) 3.1 (2023): 35-40.

Cascini, Fidelia, dkk. "Social Media and Attitudes towards a COVID-19 Vaccination: A Systematic Review of the Literature." EClinicalMedicine (2022): 101454.

Chakim, Sulkhan. "The Youth and the Internet: The Construction of Doctrine, Islam in Practice, and Political Identity in Indonesia." Journal of Social Studies Education Research 13.1 (2022): 217-236.

Creswell, Jhon. "W, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixel." (2012).

Fikriansyah, Fikriansyah, dkk. "Transformasi Media Sosial: Dari Media Ekspresi Diri Hingga Media Dakwah dan Edukasi." Jurnal Ilmu Tarbiyah 1.1 (2022): 23-36.

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda, dan Hetty Krisnani. "Perilaku Generasi Z terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok sebagai Media Edukasi dan Aktivisme." Share: Social Work Journal 10.2 (2020): 199-208.

Halwati, Umi, dan Johar Arifin. "Media Massa dalam Pemberdayaan Masyarakat." ICODEV: Indonesian Community Development Journal 1.1 (2020): 23-33.

Hermawan, Francisca. "Analysis of Interest of the YouTube Platform Users as a Medium of Digital Communication Today." Jurnal Manajemen 14.3 (2022).

Husna, Zida Zakiyatul. "Perkembangan Dakwah melalui Media Sosial Instagram." Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5.2 (2021): 197-208.

Mayring, Philipp. "Qualitative Content Analysis: Demarcation, Varieties, Developments." Forum: Qualitative Social Research. Vol. 20. No. 3. Freie Universität Berlin, 2019.

McQuail, Denis. "Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba humanika." (2011).

Palupi, Rismaka, dkk. "Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Dakwah di Era Modern." Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 5.1 (2021): 89-104.

Parhan, Muhamad, dan Sarah Alifa. "Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki di Era Konvergensi Media." Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah 10.02 (2020): 175-196.

Parhan, Muhamad. "Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Muslim UPI." Hikmah 16.1 (2022): 113-130.

Saadah, Neng Ayu. "Dakwah Melalui Live Streaming Tiktok pada Mobile Legends; Studi Fenomenologis Akun@ Abiazkakiaa." Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 13.02 (2022): 144-155.

Sharabati, Abdel-Aziz Ahmad, dkk. "The Impact of TikTok User Satisfaction on Continuous Intention to Use the Application." Journal of Open Innovation: Technology, Market, dan Complexity 8.3 (2022): 125.

Sugiono, Shiddiq. "Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective)." Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi) 22.2 (2020): 175-191.

Sugiyono, Dr. "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D." (2013).

Supratman, Salma Humaira, Khuza’I. Rodliyah, dan Hendi Suhendi. "Efektivitas Dakwah melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keberagamaan." Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam (2022): 9-14.

Udasmoro, Wening. "Gerak Kuasa: Politik Wacana, Identitas, dan Ruang/Waktu dalam Bingkai Kajian Budaya dan Media." (No Title) (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.