Teori Pendidikan Islam Menurut M. Quraish Shihab dalam Mengatasi Masalah Dekadensi Moral pada Anak

Siti Khodijah, Maragustam Maragustam, Sutrisno Sutrisno, Sukiman Sukiman

Abstract


Untuk menjawab persoalan kemerosotan moral pada anak, penelitian ini berupaya mendeskripsikan gagasan pendidikan islam M. Quraish Shihab. Kerusakan moral adalah perilaku yang menunjukkan cinta kepuasan diri dengan mengikuti kecenderungan masyarakat umum menuju kejatuhan etika dan moral. Artikel ini dibuat dengan menggunakan metodologi penelitian kepustakaan. Temuan penelitian ini dibahas dalam tiga bagian berikut: (1) dekadensi moral; (2) Teori Pendidikan Islam M. Quraish Shihab; dan (3) Relevansi Pendidikan Islam M. Quraish Shihab dalam mengatasi dekadensi moral pada anak. Pengertian pendidikan Islam, menurut M. Quraish Shihab, surat Lukman ayat 12-19 yang memuat enam pelajaran yaitu mengenai rasa syukur, tauhid, menghormati kepada orangtua, melakukan perbuatan baik amar ma’ruf dan nahi mungkar, mendirikan sholat, sabar, tabah dan berakhlak.

Keywords


Teori Pendidikan Islam, M. Quraish Shihab, Dekadensi Moral, Anak

Full Text:

PDF

References


Abadi, Totok Wahyu. “Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 4.2 (2016): 187.

Adu, La. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.” Biosel: Biology Science and Education 3.1 (2014): 68–78.

Ainun Mardhiah & Sulaiman w. “Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam bagi Anak Sejak Dini melalui Keluarga yang Berkualitas” 10.2 (2022): 153–164.

Albustomi, Muzammil & Yazid. “Nilai Educational Parenting dalam Surah Lukman Ayat 12-19 Serta Relevansinya dengan Penguatan Pendidikan Karakter” 10 (2022): 96–123.

Alfikar, Abdi Risalah Husni, and Ahmad Kamil Taufiq. “Metode Khusus Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsirnya.” Jurnal Iman dan Spiritualitas 2.3 (2022): 373–380.

Apri Wahyudi et al. “Strategi Pengelolaan Vocational Life Skill pada Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 6.1 (2021): 39–45.

Arkam, Rohmad, and Rizki Mustikasari. “Pendidikan Anak Menurut Syaikh Muhammad Syakir dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Mentari 1.1 (2021): 7.

Baiturrahman, Bambang. “Pendidikan Islam dalam Menghadapi Dekadensi Moral di Era Globalisasi.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Choiruddin Hadhiri Sp. Akhlak Dan Adab Islami. Ed. Pt Bhuana Ilmu Populer. Jakarta, 2015.

Dr. Khairan Muhammad Arif, M.A. “Analisa Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah dan Para Ulama.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam (2022): 22–35.

Eka, Prasetiawati. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab.” TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.1 (2017): 116–131.

Erviana, Vera Yuli. “Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14.1 (2021): 1–9.

Fadilah, Lola, and Tasman Hamami. “Kepemimpinan Trasformasional dalam Pendidikan Islam.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3.6 (2021): 4186–4197.

Fakhruddin Siswopranoto, Mokh. “Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4.1 (2022): 88–98.

Hutagalung, Stimson, and Rolyana Ferinia. “Pengaruh Dekadensi Moral terhadap Pendidikan Karakter dan Bimbingan Konseling pada Siswa Kristen.” Kurios 7.1 (2021): 178.

Imam Taulabi. “Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter.” Αγαη 8.5 (2019): 55.

Iskarim, Mochamad. “Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa).” Edukasia Islamika 1.1 (2016): 1–20.

Islam, Universitas, Negeri Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. “Asep Saepulah-Manajemen Dakwah dalam Islam…. Manajemen Dakwah dalam Islam Perspektif M. Qurais Shihab Asep Saepulah” 5 (2022): 27–43.

Khanif, Rohmat, Muslimah, and Ahmadi. “Urgensi Pengelolaan Keluarga sebagai Madrasatul’ula dalam Meminimalisir Dekadensi Moral Generasi Muda Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1.2 (2021): 103–112.

Mawangir, Muh. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4.1 (2018): 163–182.

Muhammad Sholeh Hoddin. “Dinamika Politik Pendidikan Islam di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam pada Masa Pra-Kemerdekaan hingga Reformasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14.1 (2020): 15.

Murjani, Ujang Nurjaman, and Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara, Bandung. “Moral Education Based on Religion, Philosophy, Psychology And Sociology.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16.1 (2022): 142–161.

Nabila. “Tujuan Pendidikan Islam” (2021): 6.

Ningsih, Indah Wahyu. “Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia.” Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat 5.1 (2022): 1083–1091.

Nurcahya, Dea Kantri. “Analisis Dekadensi Moral dalam Proses Pembelajaran PPKn.” Jurnal Civic Hukum 4.2 (2019): 114–121.

Nurul, SuciWD., Imas Masturoh, and M. Djawi AL Hamdani. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam dalam Alquran Surat Al-Jumu’ah Ayat 2 (Analisis Tafsir Al-Misbah Karya M . Quraish Shihab ).” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 3.1 (2015): 81–96.

Patimah, Leli, and Yusuf Tri Herlambang. “Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE).” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 5.2 (2021): 150.

Puput Anggraini. “Parenting Islami dan Kedudukan Anak Dalam Islam” 4194 (2022): 274–280.

Puspytasari, Heppy Hyma. “Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak.” Pendidikan Islam 6.1 (2022): 1–15.

Sasmita, Reni, Akhsani Sholihati Yasri, and Oqy Andaresta. “the Role of Parents in Instilling Moral Education Values in Children After Covid-19.” Proceeding International Seminar on Islamic Studies 3 (2022): 1120–1127.

Sein, L H, and M Salik. “Relevansi Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak Pada Pembelajaran di Masa Pandemi.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1 (2022): 49–65.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah : Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran. Cetakan ke. Tanggerang: PT. Lentara Hati, 2021.

Shihab, M. Quraish. Yang Hilang Dari Kita : Akhlak. Ed. PT. Lentara Hati. Tanggerang, 2016.

Sholichah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7.01 (2018): 23.

Siddik, Hasbi. “Hakikat Pendidikan Islam.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 8 (2016): 89–103.

Siddik, Hasbi. “Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspektif Al-Quran, Al-Hadis, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, dan Sosiologis.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.5 (2022): 1479–1487.

Siti Fitrotun. “Perlindungan Anak Dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 dalam Perspektif Fikih Hadhanah” 9.1 (2014): 139.

Sudarno Shobron. “Metode Pendidikan Islam Dalam Tafsir Al-Mishbah Perspektif Muhammad Quraish Shihab.” Profetika Jurnal Studi Islam Vol. 18.2 (2017): 120–129.

Syamsul Kirom. Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif M. Quraish Shihab, 2010.

Syaparuddin, Syaparuddin. “Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral.” Jurnal Edukasi Nonformal 1.1 (2020): 173–186.

Tanto, Mia Muyasaroh, Aljauharie Tantowie, and Sri Meidawaty. “Pendidikan Anak Usia SD/MI dalam Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 9 (Analisis Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab).” Tarbiyah al-Aulad | 4.2 (2019): 83.

Ulya, Risqo Faridatul. “Asbab an-Nuzul dalam Kitab Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab (Studi Terhadap Surah al-Baqarah).” Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya 2.2 (2020): 1.

Wahyuni, Ida Windi. “Pembinaan Toleransi dan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 4.1 (2022): 1.

Yuli Supriani. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4.2 (2022): 438–445.

Zubairi. “Unsur Paedagogis dalam Al-Quran (Studi Deskriptif Surat Lukman Ayat 12-19” 1.2 (2022): 35–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.