Konsep Dasar Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 105 Sukarela Kota Bandung

Nurfadhilah Haris, Millah Maryam As-Sa’idah, Yoga Sunandar, Uus Ruswandi, Nurul Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep asesmen dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 105 Sukarela Kota Bandung. Peneliti berharap dapat memecahkan salah satu masalah mendasar dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah masalah evaluasi pembelajaran yang menjelaskan tentang konsep dasar evaluasi dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 105 Sukarela Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 105 Sukarela Kota Bandung. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas V SD Negeri 105 Sukarela Kota Bandung. Kajian ini membahas tentang konsep dasar evaluasi, fungsi dan tujuan evaluasi, prosedur dan teknik evaluasi, mata pelajaran PAI di sekolah dasar, dan prinsip evaluasi dalam pembelajaran PAI.

Keywords


Konsep Dasar Evaluasi, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Jakarta:Prenadamedia Group, 2016.

Ahsin Sakho. Al-Qur’an dan Terjemahan. Tangerang Selatan Banten: Tangerang Selatan: Forum Pelayanan Al-Qur’an Mulia, 2015.

Akhmad Shunhaji. “Agama dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019): 1–22.

Asep A. Aziz, dkk. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (2020).

Asep Nanang, Yuhana. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019). https://doi.org/10.36667/jppi.v7il.357.

Depdiknas. Kurikulum Berbasi Kompetensi Mata Pelajaran PAI Sekolah Dasar. Jakarta: Jakarta : Puskur-Balitbang Depdiknas, 2001.

Erihadiana, E, N dan M. “Telaah Manajemen Kurikulum Khas Sekolah Rabbani dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Mandiri Siswa.” Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 146–60. https://dio.org/10.32478/evaluasi.v6il886.

Haerullah & Elihami. “Dimensi Perkembangan Fomal dan Informal.” Edukasi Nonformal, 2020.

Hamalik, Omar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Hidayat & Suryana. “Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan di Indonesia.” Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 1 (2018): 75–91.

Hidayat, dkk. “Peran Pondok Pesantren Sebagai lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib : JUrnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 1–15.

Jupriyanto. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA kelas IV.” Ilmiah Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2018): 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111.

Magdalena, Ina. Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD. Disunting oleh Hani Wijayanti. Cetakan Pe. Sukabumi: Jejak, anggota IKAPI, 2022.

Mardiah Astuti. Evaluasi Pendidikan. Disunting oleh Azhari Tiara. Yogyakarta: BUDI UTAMA, 2022.

Milles, B.M dan A.M. Huberman. Qualitative Data dan Analysis (ahli bahasa : Tjetjep Rohendi Rohid). Jakarta: Jakarta: UI Press, 2014.

Muhammad, Khoirul Umam. “Lembaga Pendidikan Islam dalam Telaah Lingkungan Stategik.” Tinta 1, no. 2 (2019): 16–29.

Rohmad & Rizki. “Pendidikan Anak Menurut Syaik Muhammad Syakir dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan di Indonesia.” Mentari 1, no. 1 (2021): 17–24.

Sawaluddin. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendiikan Islam.” Al-Tariqah 3, no. 1 (2018).

Sitiatava Rizema, Putra. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Sudijono, Anas. Pengatar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Jakarta: Rajawali, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2017.

Syafri, Zulfawan. “Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SA Negeri I Rambutan, Tanah Datar.” Al-Fikrah IV, no. 2 (2016): 187–97.

Syahriani, Tambak. “Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah 14, no. 1 (2017): 1412–5382.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.