Hubungan Psychological Well-Being dan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Resiliensi Siswa pada New Normal Pandemi Covid-19

Devina Amalia, Riska Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi Covid-19 dengan: (1) menganalisis gambaran psychological well-being siswa, (2) menganalisis gambaran dukungan sosial orangtua, (3) menganalisis resiliensi, (4) menganalisis seberapa besar hubungan psychological well-being dan dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi siswa pada new normal pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X,XI dan XII di SMA Pembanguan laboratorium UNP. Sampel penelitian berjumlah 248 orang. Instrumen yang digunakan ialah daftar isian dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, psychological well-being siswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua pada kategori tinggi, (3) resiliensi remaja dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dengan resiliensi siswa, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan resiliensi, dan (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara psychological well-being dan dukungan sosial orangtua dengan resiliensi siswa.  Implikasi dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Keywords


Psychological well-being, Dukungan Sosial Orangtua, Resiliensi

Full Text:

PDF

References


Alhaitamy, A., & Netrawati, N. (2021). The Contribution of Optimism toResilience of the Ex-Prostitutes in Undergoing Rehabilitation at the Andam Dewi Sukarami, Solok. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 81–87.

Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran ketangguhan diri (resiliensi) pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau. Riau University.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Apakah konsep PROSPER dapat membangun kesejahteran siswa (student wellbeing) di era pandemi Covid-19?. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1).

Fitri, A., & Firman, F. (2020). The Relationship Of Self-Concept And Resilience Of Prosperous Private Students In SMP Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok Regency. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indra, S., Ayuningtiyas, D., & Pohan, R. A. (2020). Emotion Focused Coping Dalam Mereduksi Kecemasan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 1–9.

Liputan6.Com. (2020 April 05). Data Pantauan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat). Akses 25 Januari 2022.

Neviyarni & Netrawati. (2019). Resilience of Teenagers of Orphanage in Adjustment and Facing The Reality of Life. Journal Neo Konseling. Vol 1, No 3, 2657-0564.

Rahmi, A., Marjohan, M., & Daharnis, D. (2018). Guidance and Counseling Services in Improving the Psychological well-being Young Prisoners. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology, 757–761.

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. Broadway books.

Safitri, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi.

Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid 19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Wahidah, I., Septiadi, M. An., Rafqie, M. C. A., Hartono, N. F. S., & Athallah, R. (2020). Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 11(3), 179–188.

Yunan, Z. Y., Maududi, M. M., & Putra, G. K. (2021). Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Mengatasi Stress pada Ibu-Ibu PKK 09 Kelurahan Pekojan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Solma, 10(1), 46–54.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.