Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Unggulan di SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) Surakarta

Arif Hidayat, Sofyan Anif, Maryadi Maryadi

Abstract


Kepemimpinan visioner adalah kemampuan pemimpin untuk menciptakan, merumuskan, mengomunikasikan dan menerapkan semua tujuan organisasi untuk diwujudkan bersama-sama. Dalam melakukan kepemimpinan visioner, kepala sekolah harus memiliki karakteristik kompetensi dan peran yang melekat dalam rangka mewujudkan cita-cita sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) karakteristik kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan (2) upaya yang diperankan kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan (3) efektifitas kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh melalui observasi berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji credibility (validitas internal) dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi; transferability (validitas eksternal); dependability (reliabilitas); dan confirmability (objektivitas). Melalui analisis dari studi ini, peneliti menemukan bahwa (1) kepala sekolah memiliki karakteristik kompetensi yang cukup dalam mengelola program unggulan (2) kepala sekolah menjalankan peran kepemimpinan visioner dalam pengelolaan program unggulan (3) kepala sekolah dengan efektif melakukan transformasi dan implementasi visi sekolah yang dijabarkan kedalam layanan pendidikan program unggulan.

Keywords


Visionary Leadership, Principal

Full Text:

PDF

References


Anggal, Nikolaus, dan Zakeu Daeng Lio. “Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru” 3, no. 1 (2019): 14–25.

Imam Machali dkk. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Edisi 2. Jakarta: Prenada Media, 2018.

Khoiri, Moh. “International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Visionary Leadership on Transforming Organizational Change in the Era of Disruption,” 2020, 490–95.

Molina, Oscar Antonio Martinez. “Visionary leadership in the administrative staff of the Guapan Educational Unit.” Journal of Technology and Science Education 8, no. 2 (2018): 115–25. https://doi.org/10.3926/jotse.413.

Nasrulloh, M Alaika, Rahmadhani Lailiya, Prodi Manajemen, Pendidikan Islam, dan Visioner Kepala Sekolah. “Kepemimpinan visioner kepala sekolah menengah kejuruan darussalam blokagung tegalsari banyuwangi” 3, no. 2 (2021): 227–38.

Nugraha, Septa Putri, dan Hasan Hariri. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu” 2, no. 1 (2022): 25–32.

Prestiadi, Dedi, Wildan Zulkarnain, dan Raden Bambang Sumarsono. “Visionary Leadership in Total Quality Management: Efforts to Improve the Quality of Education in the Industrial Revolution 4.0” 381, no. CoEMA (2020): 202–6. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.40.

Suprayitno. “Pemimpin Visioner dalam Perubahan Organisasional.” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 7, no. 2 (2007).

Sutama. Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura: Jasmine, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.