Efektivitas Metode Muraja’ah Hafalan Alquran Siswa pada SD Islam Terpadu Al Khair Barabai Kalimantan Selatan

Novita Rizqi, Abd Basir, Siti Shalihah, Hafiz Mubarak, Akhmad Syahbudin

Abstract


Menjaga hafalan Al-Qur’an supaya tetap kuat dan berkualitas tentu memerlukan metode. Metode muraja’ah atau mengulang-ulang hafalan berkali-kali sangat efektif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an. Karena hafalan yang tidak di muraja’ah akan mudah lupa dan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode muraja’ah  dan efektivitas metode tersebut dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SD Islam Terpadu Al Khair Barabai Kaimantan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Islam Terpadu dengan jumlah siswa 109 siswa.  Sampel penelitiannya ini hanya ditujukan pada kelas V A yang berjumlah  28 orang siswa. Hasil penelitian ini menemukan  bahwa penggunaan metode muraja’ah dilakukan 2 kali dalam satu hari belajar di sekolah. Pertama dilakukan di pagi hari sebelum pelajaran tahfidz dimulai dan kedua pada  siang hari sebelum jam pelajaran siang dimulai. Metode muraja’ah efektif dalam menjaga kualitas  hafalan Al-Qur’an siswa. Hal tersebut  berdasarkan data hasil tes hafalan Al-Qur’an yang telah dilakukan kepada 28 orang siswa kelas V A, dengan hasil  bahwa 12 orang siswa dalam kategori sangat baik, 15 orang siswa dalam kategori baik, dan 1 orang siswa dalam kategori cukup dengan rata-rata  nilai 83% setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus sehingga termasuk ke dalam kategori baik dan efektif

Keywords


Efektivitas; motede muraja’ah; hafalan Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdur Ra’uf, Abdul Aziz. Anda Pun Bisa Menjadi Hafizh Alquran. Jakarta: Markaz Alquran. 2015.

Abdurrahman bin Abdul Khaliq, Syaikh. 11 Kaidah Emas Menghafal Alquran. Solo: Pustaka Arafah. 2018.

Al-Hafidz, Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Alquran. Jakarta: Bumi Aksara. 2000.

Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efesiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 1 (2): 50

Al-Maliki, Muhammad Alwi. Keistemewaan-keistemewaan Alquran, Yogyakarta: Mitra Pustaka. 2001.

Al-Qarni, ‘Aidh bin Abdullah. The Way of Alquran. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu. 2007.

An Nahlawi, Addurrahman. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press. 1995.

As-Sirjani, Raghib dan Abdurrahman Khaliq Abdul . Cara Cerdas Hafal Alquran. Solo: Anggota SPI Serikat Penerbit Isalm. 2009.

Basir, Abd., Mufida Istati, Mu hdi, and Siti Masitah. “The Repetition (Muraja’ah) Alternative Method to Motivate Santriwati Memorizing the Qur’an in Ma’had Tahfitdzul Quran Umar Bin Khattab-Banjarmasin.” Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems 12, no. 8 (July 31, 2020): 376–88. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202485.

Basir, Abd., Abdul Wahab Syakhrani, Vani Wirawan, Arman Harahap, and Gunawan Widjaja. “Support for Islamic Understanding from Families Information of Piety for The Millennial Generation.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (August 16, 2021): 434–46. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1603.

Faisal, Sanapiah dan Muliyadi Waseso Guntur. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Ofset Printing. 1982.

Fitria, Sisca Eka dan Vega Fauzana Ariva. 2018. Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajeman Indonesia. 18. (3): 200.

Inafi Lailatis Subur, “Pengaruh Metode Takrir dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Surat-Surat Pendek Kelas VI MIT Hidayatul Qur’an Gerning Pesawaran”, Skripsi; FTK Raden Intan lampung, 2019.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Massal, Romdoni. Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Alquran. Yogyakarta: Pinang Merah Residence Kav.14. 2014.

Muhith, Nur Faizi . Dahsyatnya membaca dan Menghafal Alquran. Surakarta: Ahad Book. 2014.

Nilamsari, Natalina. 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana: 8 (2): 178.

Rohmad dan Muslimin. 2017. Tahfidz Alquran Dengan Metode Bil-Qolam Di Madrasah Tsanawiyah (Islamic Boarding School) Al-Azhary Ajibarang Banyumas. Jurnal. 2 (2): 93.

Samiudin. 2016. Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. dalam Jurnal Studi Islam. 11 (2): 144.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Mishbah: pesan, kesan dan keserasian Alquran. Ciputat: Lentera Hati. 2006.

Shihab, Quraish . Wawasan Alquran Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: PT Mizan Pustaka. 1996.

Siti Tania. “Efektivitas Metode Tahfidz dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Putri di MA’ahad Al-Jami’ah Raden Intan Lampung”, Skripsi; FTK UIN Raden Intan Lampung , 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet. 2017.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2016.

Suyanto. 2015. Sekolah Islam Terpadu dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Qur’an. 21 (1): 2.

Syafiie, Inu Kencana. AlQuran dan Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2000.

Ubaid, Madji Al-Hafizh . 9 Langkah Mudah Menghafal Alquran. Solo: AQWAM. 2014.

Umi Latifa, “Korelasi Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Al Ma’arif Karangsari Tangamus Tahun Ajaran 2017/2018 ”, Skripsi; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin . Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Lubis, Awwaliya Mursyida, and Syahrul Ismet. “Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang.” Aulad : Journal on Early Childhood 2, no. 2 (July 30, 2019): 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30.

Rahmi, Yuliani. “Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi.” INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies 19, no. 1 (June 30, 2019): 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Rizqi, Abd Basir, Siti Shalihah, Hafiz Mubarak, Akhmad Syahbudin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.