Komparasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Terakreditasi di Sumatera Utara

Bintang Rizki Angeli, Susilawati Susilawati

Abstract


Puskesmas harus dikelola dengan baik serta dapat menjalankan fungsinya secara maksimal mulai dari sumber daya yang digunakan, proses pelayanan hingga kinerja pelayanan. Dengan demikian, menghasilkan pelayanan  kesehatan  yang  aman  dan  bermutu,  serta  sesuai  kebutuhan  masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas yang terakreditasi di Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Hasil uji statistic dengan uji t yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan p value 0,000 (p < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti terdapat komparasi antara tingkat kepuasan masyarakat dengan akreditasi dari puskesmas. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Terakreditasi di Sumatera Utara. Diharapkan kepada puskesmas-puskesmas yang telah mendapatkan akreditasi, agar tetap menjaga kualitas mutunya.

Keywords


Akreditasi; Puskesmas; Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Amiroh, Heti Hanifati, Husnul Khotimah, dan Sri Astutik Andayani. “Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Terakreditasi Dasar Dan Terakreditasi Madya.” JKP (Jurnal Kesehatan Primer) 5, no. 1 (25 Juli 2020). https://doi.org/10.31965/jkp.v5i1.457.

Batubara, Saiful, Lenny Roswitha Napitupulu, Felix Kasim, Elisabeth Dame Manalu, dan Wan Jauhari. “Hubungan Status Akreditasi Puskesmas Dengan Mutu Pelayanan Di Kabupaten Simalungun.” Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU 8, no. 1 (2019).

Damayanti, Nimas Ariyani, Sutopo Patria Jati, dan Eka Yunila Fatmasari. “Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Berstatus Akreditasi Utama dan Paripurna di Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 6, no. 5 (2018). https://doi.org/10.14710/jkm.v6i5.21986.

Harso, Agus Dwi, Hadjar Siswantoro, dan Armaji Kamaludi Syarif. “Hubungan Status Akreditasi Puskesmas Dengan Capaian Program Antenatal Care.” Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan 30, no. 3 (2020). https://doi.org/10.22435/mpk.v30i3.3125.

Marlina, Siti, Novrika Silalahi, Septa Dwi Insani, Herri Novita Tarigan, dan Friska Ernita Sitorus. “Hubungan Status Akreditasi Puskesmas Dengan Mutu Pelayanan Di Kabupaten Simalungun.” Jurnal Penelitian Keperawatan Medik 2, no. 2 (2020). https://doi.org/10.36656/jpkm.v2i2.239.

Molyadi, dan Laksono Trisnantoro. “Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI 7, no. 1 (2018). https://doi.org/10.22146/jkki.25486.

Susilawati. “Gambaran Implimentasi Akreditasi Puskesmas Di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016.” JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan) 2, no. 2 (2017). https://doi.org/10.30829/jumantik.v2i2.1193.

Tawalujan, Tenisia Windah, Grace E. C. Korompis, dan Franckie R. R. Maramis. “Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Kota Manado.” KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi 7, no. 5 (2018).

Trisna, Intan Nurjannah Pratiwi, dan Bambang Budi Raharjo. “Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.” HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.15294/higeia.v3i2.27138.

Wulandari, Ratna Dwi, Ilham Akhsanu Ridho, S. Supriyanto, M. Bagus Qomaruddin, Nyoman Anita Damayanti, Agung Dwi Laksono, dan Alida Nella Fedelina Rassa. “Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 15, no. 3 (2019). https://doi.org/10.30597/mkmi.v15i3.6195.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.