Pemaknaan Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Praksis Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan

Endah Tri Kusumawati, Abdul Abdul, Munir Mulkhan, Zamah Sari

Abstract


Penelitian ini akan berfokus pada bagaimanakah pendidik dapat memaknai setiap dimensi dalam profil pelajar Pancasila dengan meneladani praksis pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan akan menguraikan praktik-praktik yang telah dilakukan K.H. Ahmad Dahlan dan mencari keselarasannya dengan makna setiap dimensi dalam profil pelajar Pancasila sehingga memperkaya pemaknaan terhadap setiap dimensi yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian pustaka (library research), yang meliputi kegiatan mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat konten yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Hasil dari penelitian ini yang pertama profil pelajar Pancasila dengan ciri 6(enam) dimensinya dan makna pada setiap elemen dimensi adalah penting untuk dipahami para pendidik dalam mendukung capaian RPJMN 2020-2024 yaitu indeks karakter sebesar 74,3. Yang kedua, praksis pendidikan K.H. Ahmad Dahlan, sebagai tokoh Islam berkemajuan dan pergerakan pendidikan yang dengan gagasan, pikiran dan tindakan orisinalnya telah mewariskan Muhammadiyah bagi bangsa Indonesia, tetap relevan dan dapat dijadikan teladan serta rujukan bagi para pendidik dalam memperkaya pemaknaan setiap dimensi dan elemen profil pelajar Pancasila.


Full Text:

PDF

References


aanardianto. (2022, Novemver 26). Retrieved from https://muhammadiyah.or.id/: https://muhammadiyah.or.id/kenapa-bukan-muslim-berkemajuan-tapi-islam-berkemajuan/

Abbas, E. (2020). Pembaharuan Pendidikan Perspektif Ahmad Dahlan. Ri'ayah, 219.

Abdullah, A. R. (2020). Ilmu Pendidikan Islam Aanlisis Agama, Pendidikan, Dan Sains Perspektif Pemikiran Tokoh. Malang: Literasi Nusantara.

Abdullah, N. (2015). K.H. Ahmad Dahlah (Muhammad Darwis). Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama.

Arofah, S., & Jamu'in, M. (2015). Gagasan Dasar Dan Pemikiran Pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan. Tajdida, 118.

Bactiar, H. (2019). Darul Ahdi Wa Syahadah Upaya Dan Tantangan Muhammadiyah Merawat Kebinekaan. Maarif.

Hermawan, I. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Ihyakulumudin, M., & Dewi, R. S. (2022). Analisis Biplot Pada Pemetaan Indeks Karakter Siswa Dan Pembangunan Manusia Pada Provinsi Di Indonesia. Journal Educandum, 174.

Irawati, D., Iqbal, A. M., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EduMaspul Jurnal Pendidikan.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 694.

Muchtar, H. (2017, Januari 11). Makna Spirit Biola Ahmad Dahlan. Retrieved from hardiwinoto: https://hardiwinoto.com/makna-spirit-biola-ahmad-dahlan/

Putra, D. W. (Vol. 1 No. 2 September 2018). Konsep Pendidikan Islam Dalam Persfektif K.H. Ahmad Dahlan. Tarlim.

Rais, M. (2019). Indeks Karakter Siswa Di Kota Sorong Dan Kabupaten Sorong Papua Barat. Educandum.

Ramayulis, H., Nizar, S., & Salim, A. (2010). Ensiklopedi tokoh pendidikan Islam : mengenal tokoh pendidikan di dunia Islam dan Indonesia. Jakarta: Quantum Teaching.

Sakirman. (2012). KH. Ahmad Dahlan Dan Gerakan Perlurusan Arah Kiblat Di Indonesia. Ademika: Jurnal Pemikiran Islam.

Siddiq, M., & Salama, H. (2018). Peran Muhammadiyah Dalam Pendidikan Nasional. Muqaddimah, 48.

Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implelentasi Nilai-Nilai Karakter Dan Keteladanan KH. Ahmad Dahlan Pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yuliasari, P. (2014). Relevansi Konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan Di Abad 21. As Salam, 57.

Zarro, M., Yunani, & Dhita, A. N. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 62.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.