Problematika Pembelajaran Tajwid Tahsin Lembaga Pengajian dan Pengkajian Al-Qur’an (LPPQ) UIN Antasari Banjarmasin

Siti Ariani Ulfah, Raihanah Raihanah

Abstract


Lembaga Pengajian dan Pengkajian Al-Qur’an (LPPQ) UIN Antasari Banjarmasin beberapa kali menjadi UKM favorit selama pengenalan akademik mahasiswa baru. Penelitian ini membahas tentang problematika yang terjadi pada pembelajaran Tajwid Tahsin LPPQ selama kurun waktu 5 tahun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi pembelajaran Tajwid Tahsin LPPQ ialah: kurangnya tenaga pengajar, fasilitas kelas yang belum memadai, manajemen kelas yang kurang, berkurangnya motivasi belajar, kekurangan dana, padatnya materi pembelajaran, dan jaringan yang tidak stabil (masa pandemi). Adapun sejumlah faktor yang mempengaruhi ialah berasal dari faktor internal dan eksternal. Alternatif solusi terhadap problematika tersebut diantaranya adalah pemberian reward dan punishment, mengoptimalkan kompetensi pengajar, pengelompokkan kelas sesuai dengan kemampuan, dan tegas terhadap ketentuan yang berlaku.


Keywords


Problematika. Pembelajaran, Tajwid Tahsin

Full Text:

PDF

References


Al-Bukhari, Al-Imam. الكتاب : صحيح البخاري (Shahih al-Bukhari). Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah. 2014.

Al Asqalani, Al Imam Al Hafizh Ibnu Hajar. Pentj. Amiruddin. Fathul Baari: Penjelasan Kitab Shahih Al Bukhari (Edisi Indonesia). Jakarta: Pustaka Azzam. Cet. 3. Maret 2013.

Fitriono, Eko Nani. Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an. Malang: Ahlimedia Press. Cet. 1. September 2020.

Hanafi, Yusuf dkk. Literasi Al-Qur’an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqon-Taqlid. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa. Cet. 1. November 2019.

Rusdiana, Ahmad. Organisasi Lembaga Pendidikan. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD dan Pustaka Tresna Bhakti Press. 2021.

Mislan dan Edi Irwanto. Buku Ajar Strategi Pembelajaran: Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-model dalam Strategi Pembelajaran. Klaten: Lakeisha. Cet. 1. Januari 2022.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana. Cet. 2. Juli 2012.

Noviyani. dkk. Guru Madrasah: Bagja dan Berkah. Sukabumi: CV Jejak. Cet. 1. Desember 2019.

Nur’aini. Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Seni Baca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid. Semarang: Pilar Nusantara. Cet. 1. Oktober 2020.

Rosyid, Moh. Zaiful dan Aminol Rosid Abdullah. Reward dan Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara. Cet. 1. Oktober 2018.

Subakti, Hani. dkk. Teori Pembelajaran. n.p.: Yayasan Kita Menulis. Cet. 1. April 2022.

Suhardi, Muhammad. Buku Ajar Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. Cet. 1. Desember 2022.

Wardana, M. Fadhil Kusuma dkk. Antologi Karya Perpajakan. Yogyakarta: Deepublish. Februari 2020.

Yahya, M. Ashim. Belajar Tahsin Untuk Pemula. TT: QultumMedia. 2018.

Yamin, H. Martinis. Paradigma Baru Pembelajaran (Pendekatan Psikologi) Edisi Revisi. Riau:DOTPLUS Publisher. September 2022.

https://kbbi.web.id/hadis.html.

https://digilib.sttkd.ac.id/1724/4/BAB%20III%20SKRIPSI%20-%20Satrio % 20Bagus_4.pdf, 13.

https://digilib.sttkd.ac.id/1807/4/SKRIPSI%20-%20NENGAH%20WAHYU%20DIANA%20 SANTY_4.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Ariani Ulfah, Raihanah Raihanah

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.