Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Pendapatan Melalui Pemasaran pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Deli Serdang

Ramlan Ramlan, Maryam Batubara, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Modal Terhadap Tingkat Pendapatan Melalui Pemasaran Pada Kelompok Usaha Bersama (Kub) Di Deli Serdang.  Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian iniadalah deskripsi kuantitatif. Deskripsi kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data-data dan angka-angka yang telah diperoleh dari sumber data lalu hasil temuan dideskripsikan secara sistematik, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat suatu objek sehingga mendapatka suatu gambaran yang jelas dari temuan penelitian. Adapun lokasi penelitian yang peneliti lakukan adalah pelaku kelompok usaha bersama di deli serdang. Waktu penelitian adalah Juli 2022- Desember 2022. Dalam penelitian sampel pelaku usaha karena tidak diketahuinya jumlah pelaku usaha berdasarkan kriteria khusus dalam penelitian maka metode hair dalam dalam pengambilan sampel penelitian. Dari hasil perhitungan tersebut jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 65 responden. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pelaku usaha kelompok usaha bersama, maka peneliti menggunakan metode analisis data penelitian ini dengan menggunakan analisis jalur sehingga menghasilkan hasil penelitian yang lebih kompleks dan terstruktur. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam menganilisis data penelitian ini yakni sebagai berikut: 1. Analisis Deskriptif. 2. Analisis Kualitas Instrumen Data. 3. Analisis Asumsi Klasik. 4. Analisis Hipotesis Dan. 5. Analisis Jalur. Dari hasil temuan bahwa sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi 0,532 > 0,05. Berdasarkan penelitian dan terkait dengan keterbatasan penelitian ini, selanjutnya dapat diusulkan saran yang diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yaitu dengan memberikan pengawasan serta evaluasi yang berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi KUBE di Deli Serdang serta adanya penambahan dana operasional dan fasilitas lainnya di KUBE Deli Serdang.


Keywords


Sumber Daya Manusia, Tingkat Pendapatan, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Anwas, Oos M. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta, 2013.

Badan Pusat Statistik. “Persentase Penduduk Miskin September 2021 Turun 0,52 Poin Menjadi 8,49 Persen,” 2020. https://sumut.bps.go.id/pressrelease/2022/01/17/933/persentase-penduduk-miskin-september-2021-turun-0-52-poin-menjadi-8-49-persen.html#:~:text=Abstraksi,jiwa%20dalam%20satu%20semester%20terakhir.

Fatoni, Abdurrahmat. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Herwanti, Titiek, and Muhammad Irwan. “Kualitas Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Nusa Tenggara Barat.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 17, no. 2 (2013): 131–54. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2013.v17.i2.156.

Kotler, Philip. Kotler On Marketing. Simon and Schuster, 2012.

Kotler, Philip and G. Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 1997.

Kotler, Philip, and Susanto. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba Emban Patria, 2001.

Lukmandaru and Istoto. Kewirausahaan Hasil Hutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Angggota IKAPI, 2016.

Makis, Raisza. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Omzet Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Di Showroom PT. Johar Megah Motor Makassar,” 2001.

Manulang, Sendjun H. Pokok-Pokok Hukum Ketenagakerjaan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Melinawati, Devina. “Pengaruh Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Terhadap Kemampuan Berwirausaha Keluarga Sangat Miskin Di Kabupaten Wonogiri.” Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial 1, no. 1 (June 30, 2020): 11–24. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.8.

Narbuko, Cholid, and Abdul Ahmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Nawawi, Ismail. Fiqh Muamalah: Klasik Dan Kontemporer. Bogor: Penerbitan Ghalia Indonesia, 2012.

Qardhawi, Yusuf. Hukum Zakat Studi Koperatif Mengenai Status Dan Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an Dan Hadis. Jakarta: Mitra Kerjaya Indonesia, 2004.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Riva’i, Veithzal. Islamic Markting Membangun Dan Mengembangkan Bisnis Dengan Praktik Marketing Rasulullah Saw. Jakarta, 2012.

Riyanto, Bambang. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE, 2001.

Sariningsih, Yuce. “KREATIVITAS DAN INOVASI PELAKU KUBE.” Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1, no. 1 (April 2, 2018): 18. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v1i1.401.

Sukino, Sadono. Pengantar Makro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2009.

Swastha, Basu. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2005.

Tampubolon, Joyakin. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Kelompok: Kasus Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).” Disertasi, Instutut Pertanian, 2006.

Wulpiah, Wulpiah. “Implikasi Pelaksanaan Program Kelompok Usaha Bersama (Kube) Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Bangka.” Scientia: Jurnal Hasil Penelitian 4, no. 1 (June 28, 2019): 17–39. https://doi.org/10.32923/sci.v4i1.1038.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.