Pengaruh Aplikasi itQan Mobile Terhadap Kepuasan Anggota di KSPPS BMT itQan

Yudi Haryadi, Umi Narimawati, M. Yani Syafe’i

Abstract


Koperasi memiliki minat yang cukup besar di kalangan masyarakat. Kehadiran teknologi dan digitalisasi kemudian menyebabkan perlu adanya perubahan dan adaptasi yang perlu dilakukan oleh pihak koperasi. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat mengenai bagaimana pengaruh yang diberikan oleh aplikasi itQan Mobile bagi kepuasan anggota KSPPS BMT itQan. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian korelasional. Hubungan korelasi yang akan dilihat adalah 4 subvariabel, yakni Speed (X1), Security (X2), Accuracy (X3), dan Trust dengan variabel kepuasan anggota (Y). Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa kecepatan dan keamanan yang dirasakan oleh nasabah memiliki pengaruh yang bersifat positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu ketepatan dan juga rasa percaya tidak memiliki pengaruh yang positif bagi rasa kepuasan pelanggan.

Keywords


Aplikasi itQan Mobile, Kepuasan, Kecepatan, Keamanan, Akurasi, Kepercayaan.

Full Text:

PDF

References


Belanche, Daniel, Marta Flavián, dan Alfredo Pérez-Rueda. "Mobile Apps Use and WOM in the Food Delivery Sector: The Role of Planned Behavior, Perceived Security and Customer Lifestyle Compatibility." Sustainability 12.10 (2020): 4275.

Choi, Yongrok, dkk. "Sustainable Management of Online to Offline Delivery Apps for Consumers’ Reuse Intention: Focused on the Meituan Apps." Sustainability 13.7 (2021): 3593.

Ciruela-Lorenzo, Antonio Manuel, dkk. "Digitalization of Agri-Cooperatives in the Smart Agriculture Context. Proposal of a Digital Diagnosis Tool." Sustainability 12.4 (2020): 1325.

Dikuraisyin, Basar. "Manajemen Aset Wakaf Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Sosio-Ekonomi di Lembaga Wakaf Sabilillah Malang." Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf 7.2 (2020): 100-117.

Gunawan, Hendrik, dan Johan Hendri Prasetyo. "The Influence of Service Quality towards the Customer Satisfaction of XYZ Bank at Gajah Mada Branch Office in West Jakarta." International Journal of Innovative Science and Research Technology 5.3 (2020): 160-164.

Haming, Murdifin, dkk. "The application of SERVQUAL Distribution in Measuring Customer Satisfaction of Retails Company." Journal of Distribution Science 17.2 (2019): 25-34.

Huang, Jian. "Community Hospital Satisfaction Analysis Based on Structural Equation Model: A Primary Medical Service Survey in China." Forest Chemicals Review (2022): 497-520.

Ibrahim, Melinda, Afriana Lomagio, dan Muhammad Ichsan Gaffar. "Menggagas Laporan Keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) bagi Pelaku Usaha Dodol Gorontalo." Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan 11.1: 87-96.

Krell, N. T., dkk. "Smallholder Farmers' Use of Mobile Phone Services in central Kenya." Climate and Development 13.3 (2021): 215-227.

Kytö, Elina, Markus Virtanen, dan Sari Mustonen. "From Intention to Action: Predicting Purchase Behavior with Consumers’ Product Expectations and Perceptions, dan their Individual Properties." Food Quality and Preference 75 (2019): 1-9.

Le, Thanh Tiep, dkk. "Role of Perceived Corporate Social Responsibility in the Nexus of Perceived Cause-Related Marketing and Repurchase Intention in Emerging Markets." Management Decision 60.10 (2021): 2642-2668.

Louis-Philippe, P-VP Clément, Quentin ES Jacquemotte, dan Lorenz M. Hilty. "Sources of Variation in Life Cycle Assessments of Smartphones and Tablet Computers." Environmental Impact Assessment Review 84 (2020): 106416.

Lu, Carol Y., dkk. "Customer Satisfaction toward Online Purchasing Services: Evidence from Small & Medium Restaurants." International Journal of Applied Business Research (2020): 1-14.

Lubis, Fauzi Arif, Nur Ahmadi Bi Rahmani, dan Intan Kartika Putri. "Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Program Mekaar oleh PT. PNM Kota Medan Perspektif Ekonomi Islam." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9.1 (2023): 949-962.

Mushonga, Master, Thankom G. Arun, dan Nyankomo W. Marwa. "The Cooperative Movement in South Africa: Can Financial Cooperatives Become Sustainable Enterprises?." Strategic Change 28.4 (2019): 259-271.

Nikolopoulou, Kleopatra. "Secondary Education Teachers’ Perceptions of Mobile Phone and Tablet Use in Classrooms: Benefits, Constraints and Concerns." Journal of Computers in Education 7.2 (2020): 257-275.

Özkan, Pınar, dkk. "The Effect of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: The Mediation of Perceived Value of Services, Corporate Image, dan Corporate Reputation." International Journal of Bank Marketing 38.2 (2020): 384-405.

Roggeveen, Anne L., dan Raj Sethuraman. "Customer-Interfacing Retail Technologies in 2020 & Beyond: An Integrative Framework and Research Directions." Journal of Retailing 96.3 (2020): 299-309.

Romagnoli, Sofia, dkk. "Wearable and Portable Devices for Acquisition of Cardiac Signals While Practicing Sport: A Scoping Review." Sensors 23.6 (2023): 3350.

Sahertian, Olivia Laura, dkk. "Peningkatan Hasil Produk Kelompok Binaan Koperasi Credit Union Hati Amboina di Provinsi Maluku melalui Teknologi dan Digital Branding." JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5.6 (2021): 3423-3433.

Tanjung, Hendri, dan Agus Windiarto. "Role of Cash Waqf Linked Sukuk in Economic Development and International Trade." Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi 10.2 (2021): 275-290.

Tantri, Sakina Nusarifa, dan Shine Pintor Siolemba Patiro. "Persepsi Kemudahan dan Kebermanfaatan dalam Penggunaan Aplikasi Simpan Pinjam Online di Koperasi Karunika: Studi Pendahuluan." Business Management Journal 18.2 (2022): 143-160.

Thar, So Pyay, dkk. "An Empirical Analysis of the Use of Agricultural Mobile Applications among Smallholder Farmers in Myanmar." The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries 87.2 (2021): e12159.

Tirtayasa, Satria, Anggita Putri Lubis, dan Hazmanan Khair. "Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen." Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen 5.1 (2021): 67-86.

Yunusalievna, Eshnazarova Margubakhon, dan Katayeva Mukarama Maxmudovna. "Theoretical Foundations of Using the Possibilities of Mobile Learning in the Educational Process." Journal of Survey in Fisheries Sciences 10.2S (2023): 3443-3453.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.