Optimalisasi Keaktifan Belajar Peserta Didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran melalui Model Problem Based Learning

Maharsiwi Widyaningrum, Nora Syamsidar, Saiful Ridlo

Abstract


Keaktifan belajar yang ditemukan di lapangan belum optimal. Hal tersebut didukung dengan data awal pembelajaran biologi melalui profiling peserta didik  di XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar awal dari peserta didik XI-6 yaitu 66%. Persentase keaktifan belajar awal dapat diartikan bahwa cukup optimal. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengoptimalkan keaktifan belajar peserta didik dengan suatu model pembelajaran yang mampu merangsang keterlibatan aktif secara langsung peserta didik melalui Problem Based Learning. Upaya tersebut peneliti lakukan dengan mengadakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis seberapa optimal model problem based learning (PBL) untuk keaktifan belajar peserta didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus dengan menggunakan angket penilaian diri, angket penilaian rekan sejawat, dan lembar observasi untuk mengumpulkan data. Hasil yang diperoleh dari pengumpulan data yaitu keaktifan belajar pada siklus I sebesar 66% yangmana cukup optimal. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dengan adanya alat peraga berupa permainan lego dan dilaksanakan siklus II yang memperoleh keaktifan belajar sebesar 79% yang diartikan bahwa keaktifan belajar peserta didik optimal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kedua siklus dapat dikatakan pembelajaran problem based learning (PBL) mampu mengoptimalkan 75% keaktifan belajar peserta didik XI-6 SMA Negeri 2 Ungaran pada siklus kedua

Keywords


keaktifan belajar; problem; based learning

Full Text:

PDF

References


Djamarah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardiyah, Rifa Hanafi, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam PengembanganSumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol. 12, No. 1, Februari 2021.

Mufridah, M., Hendriana, H., & Alawiyah,T. 2021. Gambaran Sikap Belajar Positif Siswa Kelas VII di SMP N 3 Batujajar. Jurnal FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), Vol. 4, No. 2, Maret 2021, DOI 10.22460/fokus.v4i2.6323.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Purwanto, N. 2020. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdikarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.