Komunikasi Efektif Orangtua dan Guru dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Akibat Penggunaan Gadget pada Siswa MTsS Diniyah Barabai

Mardiana Mardiana, Mariyatul Norhidayati Rahmah, Darmawan Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku menyimpang akibat pengaruh negatif penggunaan gadget pada siswa dan cara mengatasinya lewat komunikasi efektif yang dilakukan antara orangtua siswa dengan guru di MTsS Diniyah Barabai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku menyimpang yang ditemukan di MTsS Diniyah Barabai yaitu: bersikap acuh terhadap orang sekitarnya, berbahasa kasar dan tidak sopan, bebas dalam brgaul antara siswa laki-laki dan perempuan, bolos sekolah karena main game online, membully teman di media sosial dan suka pamer di media sosial (narsis). Sedangkan bentuk komunikasi efektif orangtua dan guru dalam mengatasi pengaruh gadget tersebut yaitu: pertemuan berkala menjelang ujian akhir semester ganjil dan genap dan pemberitahuan pihak sekolah kepada orangtua bagi siswa bermasalah

Keywords


komunikasi, perilaku menyimpang; gadget

Full Text:

PDF

References


Aviva, L., Muhammad, D. H., & Halili, H. R. (2022). Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 478-489.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Faozi, S. (2020). TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI REMAJA DI WILAYAH KABUPATEN REMBANG. Dinamika Hukum, 21(2), 1-10.

Hertinjung, W. S., Septianingrum, A. R. D., & Putri, Y. P. S. (2021). Peningkatan kompetensi orang tua dalam mendampingi anak dalam mengakses gadget. Warta lpm, 24(2), 187-195.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Haris Herdiansyah, Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif (Jakarta: Rajawali Press, 2013), 104.

Mareta, H. R., Hardjono, H., & Agustina, L. S. S. (2020). Dampak pola komunikasi keluarga laissez-faire terhadap kecanduan internet pada remaja di kota Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 44-53.

Mayasari, Bahari, Y. and . S. (2014). ‘Analisis Makna Perilaku Menyimpang Siswa Berdasarkan Teori Interaksi Simbolik’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Ningrum, L. K. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. Inersia: Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.

Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Jakarta: Rajawali Press, 2011), 114.

Putri, L. M., Febrina, C., & Mariyana, R. (2022). Kesehatan Mental Remaja Dalam Penggunaan Gadget. REAL in Nursing Journal, 5(1), 62-67.

Putri, R., Devi, V. S., Nurisa, E., & Jannah, M. (2021). Literature Review Pengaruh Komunikasi antara Orang Tua dan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi terhadap Perilaku Seksual Remaja: Literature Review Pengaruh Komunikasi antara Orang Tua dan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi terhadap Perilaku Seksual Remaja. Jurnal MID-Z (Midwivery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(2), 52-66.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267-289..

Surodiana, S. (2020). Peran Kearifan Lokal Suku Sasak di Era Disrupsi dalam Menangkal Perilaku Menyimpang pada Kalangan Siswa di MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Paedagogy, 7(3), 156-167.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.