Pengaruh Implementasi Lean Management Terhadap Kepuasan Pasien di IGD RSX

Anna Ratnaningrum, Imronudin Imronudin, Em Sutrisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi lean management terhadap kepuasan pasien di IGD. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model struktural Partial Least Square (PLS) untuk memprediksi adanya pengaruh tiga faktor yang menjadi variabel cerminan keberhasilan penerapan lean management di IGD yaitu variabel pelayanan perawat, pelayanan dokter, dan waktu pelayanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pelayanan perawat dan waktu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel pelayanan dokter di IGD tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan seluruh hasil analisis dapat disimpulkan bahwa implementasi lean management dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi dan mutu pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien IGD. Hasil penelitian dapat menjadi bahan acuan bagi pihak manajemen RS untuk diupayakannya perbaikan yang terintegrasi dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta mengatasi permasalahan yang terjadi di IGD sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Untuk para peneliti di masa depan direkomendasikan dilakukannya penelitian terhadap variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien, khususnya pada unit IGD.

Keywords


implementasi lean management, kepuasan pasien, pelayanan perawat, pelayanan dokter, waktu pelayanan

Full Text:

PDF

References


Dewi, Mutia. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 5, no. 2 (2016).

Garson, G. D. Partial Least Square: Regression and Structural Equation Models. USA: Statistical Publishing Associates, 2016.

Gerson, R. F. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM, 2004.

Ghozali, Imam. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.

Graban, M. Lean Hospital: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Satisfaction. New York: CRC Press, 2009.

Ilkafah, Afa, dan Harniah. “Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Private Care Centre RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar.” Jurnal Keperawatan 8, no. 2 (2017). https://doi.org/10.22219/jk.v8i2.

Moraros, John, Mark Lemstra, dan Chijioke Nwankwo. “Lean Interventions In Healthcare: Do They Actually Work? A Systematic Literature Review.” International Journal for Quality in Health Care: Journal of the International Society for Quality in Health Care 28, no. 2 (2016). https://doi.org/10.1093/intqhc/mzv123.

Pohan. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC, 2007.

Rodriguez, J. Improving Patient Flow with Lean Methodology: A Case Study at the Montreal General Hospital Colorectal Department. Tesis. Canada: Concordia University, 2013.

Sari, Tri Purnama. “The Effect of Service Quality on Inpatient Satisfaction at X Hospital.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 3, no. 1 (2022).

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2007.

Taek Min, Y. The Impact of Lean Implementation on Quality and Efficiency of U.S.Hospitals. Disertasi. Boston: Boston University Theses & Dissertations, 2014.

Tesmanto, Joni, dan Nijan Subarja. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD).” Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.69.

Usman, Indrianawati, dan Mira Ardiyana. “Lean Hospital Management, Studi Empirik Pada Layanan Gawat Darurat.” Journal of Theoretical and Applied Management (Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan) 10, no. 3 (2017). https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i3.7089.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.