Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah Dasar Masa Pandemi

Wahyu Eka Kusuma Dewi, Muhamad Taufik Hidayat

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kendala dan cara implementasi nilai religius di sekolah dasar masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Teknik yang digunakan dalam kajian ini adalah dokumentasi dan mereview artikel. Proses analisis data kualitatif yang digunakan dengan merumuskan kata kunci dari topik yang akan dibahas, kemudian meninjau kajian sistematis secara transparan untuk mencari artikel-artikel kajian yang sudah dipublikasikan, kemudian mengevaluasi dengan cara ekstraksi, menganalisis, dan selanjutnya langkah terakhir yaitu dengan melakukan sintesis. Teknik penilaian untuk memeriksa keabsahan data adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembiasaan penanaman nilai religius di sekolah menemui beberapa kendala. Kendala yang dialami bersumber dari dalam diri siswa dan juga lingkungan sekitar seperti fasilitas yang kurang memadahi. Implementasi karakter religius mengenai siswa dilakukan dengan bertahap yang dimulai dari memadukan nilai-nilai agama ke dalam setiap pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk ikut serta kegiatan keagamaan, melaksanakan pembinaan melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Memadukan dalam pembelajaran dapat dengan berupa bentuk penghayatan nilai-nilai pada tiap program dan di lingkungan sekolah dapat diberikan oleh guru dalam bentuk pembelajaran dan keikutsertaan guru dalam setiap kegiatan yang dilakukan secara bertahap. Kajian ini memiliki tiga saran. Pertama, kepala sekolah dasar di seluruh Indonesia harus memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan terkait penanaman nilai religius. Untuk pengayaan dapat berupa mengikuti workshop atau membaca karya ilmiah terkini atau pedoman penilaian. Kedua, guru SD di Indonesia harus lebih serius dalam mendidik peserta didik. Terakhir, pemerintah dengan dukungan peneliti harus merancang sistem penilaian dan pendidikan yang baik untuk mengatasi keterbatasan waktu.

Keywords


Nilai Religius, Sekolah Dasar, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, A., Supiana, Syah, M., & Siregar, H. (2022). Implementation of the Ibrah Mauidzah Method In Learning of the Quran-Hadith At Mts Muhamadiyah Bandung Muhibbin Syah. Religio Education, 2(1), 45–54. https://ejournal.upi.edu/index.php/religio/index

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Aswat, H., Tayibu, K. N., & Satriawati. (2022). Teacher Managerial Strategy in Building Character Education During The Covid-19 Pandemic. Ijoleh : International Journal of Education and Humanities, 1(1), 82–94.

Aziz, A., Suprayitno, I. J., Prahmana, R. C. I., & ... (2021). Maintaining Character Education During and After Pandemic. International Conference on Mathematics and Learning Research, August, 53–61.

Cahyaningrum, D., & Suyitno. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen II Yogyakarta Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 65–76.

Hasanah, U., & Hasanah, I. F. (2021). Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 32–50.

Khairani, A. N., & Rosyidi, M. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317

Kholifah, N., & Fahyuni, E. F. (2022). Strengthening Students’ Religious Character During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2022, 442–451. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11247

Kulsum, U., Muhid, A., Uin, S. A., & Surabaya, I. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Kurniasih, D., Kurnia Illahi, A., Sari, D. A., & Karmaita, Y. (2021). Pemanfaatan Media Penyuluhan Pertanian Audio Visual di BPP Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Seminar Nasional Pengabdian Fakultas Pertanian UNS Tahun 2021, 1(1), 367–373.

Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. In Elementary School (Vol. 8).

Mithhar, & Agustang, A. (2021). Distortion of Student Character Education in Distance Education in the Covid-19 Pandemic Era in Majene Regency , Indonesia. Proceedings International Education Webinar of IAIN Palopo (PROCEEDINGS IEWIP), 1, 213–22.

Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. In Journal of Innovation in Primary Education (Vol. 1, Issue 1).

Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar dalam Perspektif Filsafat Idealisme. ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33654/pgsd

Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132

Rini, T. S., Kelapa, T., & Banyuasin, K. (2021). Penanaman Karakter Religious pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 2746–3583.

Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal PAI, 3(1).

Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233

Sari, E., & Nyoman Karma, I. (2022). Implementasi Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1822

Subqi, I. (2020). Nilai-nilai Sosial-Religius dalam Tradisi Meron di Masyarakat Gunung Kendeng Kabupaten Pati Socio-Religious Values of the Meron Tradition in Mount Kendeng Community At Pati Regency. In Heritage: Journal of Social Studies | (Vol. 1, Issue 2).

Sukmalia, M., Riadi, F. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Penanaman Nilai-Nilai Ideologi Pancasila pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 336–341. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.239

Sunarti, Ratmiati, & Husnani. (2021). Integrasi Nilai Religius dalam Pembelajaran MI/SD untuk Membangun Karakter Siswa. Journal of Primary Education, 4(1), 65–76.

Sungadi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kematangan Karier Pustakawan Kajian Empiris pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art3

Suranto, A. W. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan “Mario Teguh Golden Ways.” Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 181–191.

Susandi, A. (2020). PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Studi Keislaman, 6(2).

Tholibin, Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). The Role of Islamic Religious Education Subject Teachers in Instilling Students’ Religious Values. Journal of Contemporary Islamic Education (Journal CIE), 1(2), 64–74. https://doi.org/10.25217/cie.v2i1.2108

Wahdah, S. (2020). Perpustakaan digital, koleksi digital dan undang-undang hak cipta. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(2), 26. https://doi.org/10.18592/pk.v8i2.5132

Yahya, S. (2022). Implementasi Karakter Religius pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Kota Baubau. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 136–143. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.9228

Yusutria, Y., Yuzarion, Y., Kholifah, N. A., & ... (2021). The Establishment Of Student Characters In The Pandemic Time Covid-19 Through Al-Islam And The Kemuhammadiyahan (AIK). At-Tarbiyat: Jurnal …, 04(03), 579–597. https://doi.org/doi.org/10.37758/jat.v4i3.317

Zulkarnain. (2017). Warga Negara Religius sebagai Identitas Kewarganegaraan di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.