Pelayanan Publik Berbasis Digital Indonesia

Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqqi, Lusia Indrastuti

Abstract


Sistem pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia bercirikan model monopoli top-down yang terpusat. Model pelayanan publik yang fungsional, sentralistik, dan terintegrasi hanyalah pendelegasian wewenang pemerintah kepada lembaga administrasi publik yang bersangkutan tanpa publik, khususnya pada interaksi dan transaksi antar pemerintah dan publik. dengan cara tanpa dibatasi oleh biaya, waktu dan ruang, sekaligus pilihan gaya dan layanan. Maka sudah waktunya pemerintah meningkatkan kuantitas pelayanan publik dengan melakukan reformasi kebijakan yang sesuai dengan tuntutan perubahan zaman yang semakin berkembang serta mengembangkan alat dan prasarana yang lebih strategis, termasuk pengenalan e-government agar memudahkan korelasi. Pemerintah dan warga, yang kami yakini merupakan faktor inti dalam model pelayanan publik yang ideal.


Keywords


Pelayanan publik, interaksi dan transaksi, E-Government

Full Text:

PDF

References


Mustopadidjaja AR. 2002. Managing Change in Bureaucracy. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Osborne D and Gaebler T. 1992 Reinventing Government. Reading: Plume Book. Parayno GL. 1999. Reforming the Philippines Customs Services through Electronic Governance in ADB and OECD, Combatting Corruption in Asian and Pasific Economies,Manila,http://www.adb.org/Documents/Conference/Combating_Corrupti on/default.asp?= govpub

Partini dan Bambang W. 2004. Citizens’ Charter: Terobosan Baru Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia, diambil dari Makalah Seminar Bulanan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM pada tanggal 28 Oktober 2004.

Pusat Studi Kependudukan UGM. 2003 Kinerja Pelayanan Publik dalam Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Satriya E. Agenda Besar Menanti Depkominfo, Kompas, Jakarta, 14 Maret 2005.

Tjokrowinoto M. 2004. Birokrasi Dalam Polemik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wardiana W. Peranan Teknologi Informasi Pada Era Globalisasi. Jurnal Manajerial,Volume 2 Nomor 3, Oktober 2003.

Wescott C. E-Government: Enabling Asia-Pacific Governments and Citizents to do Public Business Differently, Paper presented at Asian Development Forum, Bangkok,14 June 2001 dari website: www.bappenas.go.id

Zeithaml VA, A Parasuraman dan LL Berry. 1990 Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.