Pengembangan Bahan Ajar Potensi Wisata Budaya di Kota Malang

Nihla Syafira, Budijanto Budijanto, Satti Wagistina

Abstract


Pembelajaran yang bermakna wajib ditunjang  dengan sebuah bahan ajar yang berkualitas dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan bahan ajar geografi berbasis kontekstual potensi wisata budaya di Kota Malang. Model Borg and Gall ialah model penelitian yang digunakan, yang terdiri dari 10 tahapan. Akan tetapi, pada penelitian ini dilaksanakan modifikasi menjadi 8 tahapan yakni, analisis potensi masalah, perencanaan, pengembangan awal produk, validasi, revisi desain, uji coba, revisi produk, dan produk akhir. Siswa kelas XI IPS sebanyak 36 dan seorang guru mata pelajaran geografi ialah subjek uji coba pada penelitian ini. Instrumen penilaian berbentuk angket validasi untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta angket efektifitas untuk praktisi lapangan dan siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) uji validasi yang dilaksanakan oleh ahli bahasa memperoleh hasil 90%, ahli media 98%, dan ahli materi 96%. 2) uji efektifitas oleh guru memperoleh nilai 87,5%, dan siswa 88,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar Potensi Wisata Budaya di Kota Malang yang dikembangkan valid serta efektif sehingga bisa dipakai sebagai bahan ajar geografi SMA.

Keywords


Geografi, Bahan Ajar, Wisata Budaya, Kontekstual, Malang

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. “Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Permahaman Konsep Siswa.” Jurnal Al-Muta’aliyah 1, no. 3 (2018).

Andriani, Liza, Heny Friantary, dan Vebbi Andra. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VII Mts Al-Quran Harsalakum Kota Bengkulu.” JPI : Jurnal Pustaka Indonesia 3, no. 1 (2023).

Arikunto, S. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Arumdyahsari, Sheilla, Widodo Hs, dan Gatut Susanto. “Pengembangan Bajan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1, no. 5 (2016). https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6263.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dinanti, Netty Fitria, Susetyo Susetyo, dan Padi Utomo. “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Jurnal Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu.” Jurnal Ilmiah KORPUS 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10203.

Fitriawan, Dona. “Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linear Elementer Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 11, no. 2 (2020). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.37476.

Gall, M. D., W. R. Borg, dan J. P. Gall. Educational Research An Introduction. 7th ed. Boston: Person Education, 1983.

Haryadi, Rudi, dan Riza Nurmala. “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32699/spektra.v7i1.168.

Hikmarani, Alvya Noer, Ahman Sya, dan Muhammad Zid. “Implementasi Aspek Sosial Pada Mata Pelajaran Geografi Dalam Pembelajaran Di SMA.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no. 3 (2022). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6553.

Kokasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Bumi Aksara, 2021.

Komalasari, Ita, Aan Kusdiana, dan Nana Ganda. “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbicara Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Bahasa di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 4 (2018). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i4.13177.

Magdalena, Ina, Hesti Wahyuni, Melva Isma Imelda, dan Najmi Nahdliyah Tazki. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2020).

Mahardini, T., K. C. Suryandari, dan T. S. Susiani. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Gaya Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas IV SD Negeri Kemiri.” Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 10, no. 1 (2022).

Ni’matullah, dan O. Farida. “Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas X Pada Materi Perairan Laut Dengan Model Dick and Carey.” JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi) 2, no. 1 (2017).

Paputungan, Kurniasi, Hartono Mamu, dan Abubakar Sidik Katili. “Efektivitas Model Discovery Learning Dan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6, no. 3 (2022). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.51459.

Perwitasari, S., Wahjoedi, dan S. Akbar. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3, no. 3 (2018).

Prasetyo, Sigit, Houtman Houtman, dan Boby Agus Yusmiono. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Indralaya.” Jurnal Geografi 9, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24036/geografi/vol9-iss1/921.

Razak, A., V. S. Damaianti, dan Y. Mulyati. “Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berpendekatan Konstruktivisme.” Jurnal Tuah 2, no. 1 (2020).

Sari, Andika Puspita, dan Ananda Setiawan. “The Development of Internet-Based Economic Learning Media Using Moodle Approach.” International Journal of Active Learning 3, no. 2 (21 Februari 2018): 100–109.

Setiawan, Ahmad Hasni, dan Hasan Dani. “Studi Terhadap Media Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada KD Memahami Jenis-Jenis Alat Berat.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB) 7, no. 1 (2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Suwena, I. K., dan I. G. N. Widyatmaja. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, 2017.

Wahyuningtyas, Neni, dan M. Haris Yahya. “Pengembangan Aplikasi ‘SIMBA’ (Social Studies Instructional Media Based Android) Untuk Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 7, no. 2 (2021). https://doi.org/10.22219/jinop.v7i2.15918.

Wijayanti, D., K. I. Astina, dan S. Bachri. “Penggunaan Media Peta Berbasis Web untuk Pembelajaran Geografi SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4, no. 5 (2019).

Wulandari, Isnaini, dan Ndaru Mukti Oktaviani. “Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.

Yuherni, M., dan P. Yuanita. “Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Aksioma: Jurnal Program Studi Matematika 9, no. 3 (2020).

Yusmantara, Uus. “Pengaruh Penggunaan Media Peta Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Peningkatan Ativitas Dan HAsil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 5, no. 1 (2013). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2837.

Zakaria, Lalu Muhamad Ali, Agus Abhi Purwoko, dan Saprizal Hadisaputra. “Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas Dan Reliabilitas.” Jurnal Pijar Mipa 15, no. 5 (2020). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2258.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.