Konsep Hubungan Agama dan Negara Menurut Ahmad Hasyim Muzadi

Imam Alfiannoor

Abstract


Kehidupan keagamaan umat Islam di Indonesia yang cukup beragam menimbulkan berbagai pandangan tentang format negara yang ideal. Pandangan yang timbul berupa paham dari sekelompok masyarakat muslim yang ingin mengubah dasar negara dan paham yang menegaskan bahwa konsep negara yang berdasarkan Pancasila merupakan representasi ajaran Islam itu sendiri. Ahmad Hasyim Muzadi dalam karirnya sebagai Ketua Umum PBNU berada di dalam kancah pergolakan paham dimaksud dan melontarkan gagasan tentang moderasi beragama sebagai upaya mencegah berkembangnya paham radikalisme di Indonesia , karena telah terbukti menimbulkan perang saudara di beberapa negara Islam seperti negara Islam Irak dan Suriah yang dipicu oleh kaum Radikal ISIS, Wahabi dan Syi’ah. Konsep hubungan agama dan negara yang digagas oleh tokoh sentral PBNU sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia memiliki nilai strategis bagi kehidupan umat Islam untuk dapat dibawa kepada kehidupan moderasi beragama.Deksripsi utuh tentang gagasan pemikiran Ahmad Hasyim Muzadi tentang konsep hubungan agama dan negara digali menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan data-data kepustakaan dianalisis dengan pendekatan teori konsep hukum tentang negara menurut Hans Kelsen, teori relasi agama dan negara, dan teori moderasi hukum Islam.Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gagasan Ahmad Hasyim Muzadi tentang konsep hubungan agama dan negara berdasarkan kearifan lokal yaitu mendukung teori simbiotik yang menegaskan bahwa agama membutuhkan negara agar dapat menjamin dan mengembangkan agama, demikian pul sebaliknya negara memerlukan agama untuk pembinaan moral dan etika warga negara

Keywords


Relasi; Agama; Negara; Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Masykuri. Demokrasi di Persimpangan Makna: Respon Intelektual Muslim Indonesia Terhadap Demokrasi (1966-1993). Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999.

Arief, Abd. Salam. "Relasi Agama dan Negara Dalam Perspektif Islam." Jurnal Hermeneia II (2003).

Arkoun, Muhammad. "Kritik Reformasi Islam." In Dekonstruksi Syariah: Kritik Konsep dan Penjelasan Lain, edited by Karl Vogt. Yogykarta: LKiS, 1996.

Dahlan, Moh. "Gagasan Islam Kontemporer M. Amin Abdullah." Academica Lemlit IAI Nurul Huda 02 (2007).

Kelsen, Hans. General Theory of Law and State. Translated by Raisul Muttaqin. Edited by Nurainun Mangunsong, Teori Umum Tentang Hukum dan Negara. New York: Russel and Russel, 1971.

Madjid, Nurcholis. Islam Kemodernan dan Ke-Indonesiaan. Bandung: Mizan, 1987.

Muhammad, Husein. In Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi, edited by Ahmad Suaedy. Yogyakarta: LKiS dan P3M, 2000.

Muzadi, H.A. Hasyim. Membangun NU Pasca Gus Dur (Dari Sunan Bonang Sampai Paman Sam). Jakarta: Grasindo, 1999.

Muzadi, Hasyim. "Islam Rahmatan Lil 'alamin Menuju Keadilan dan Perdamaian Dunia." Paper presented at the Pidato Pengukuhan Honoris Causa, Surabaya, 2006.

Nurrohman. "Konsep Imamat Menurut Imam al-Haramain." Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, 2004.

Rasyid, Muhammad Makmun. "Islam Rahmatan lil'alamin Perspektif KH Hasyim Muzadi." Episteme XI (2016).

Raziq, Ali Abd. al-Islam wa Ushul al-Hukm Bahts fi al-Khilafah wa Hukumah fi al-Islam. Kairo: Mathbaah al-Musyarakah, 1925.

Rumaidi, Marzuki Wahid dan. Fiqh Mazhab Negara: Kritik Atas Hukum Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKiS, 2001.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan, 1999.

Sjadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara: Ajaran, Sejarah dan Pemikiran. Jakarta: UI Press, 1993.

Sukardja, Ahmad. Piagam Madinah dan Undang-undang Dasar NRI 1945: Kajian Perbandingan Tentang Dasar Hidup Bersama Dalam Masyarakat yang Majemuk. Jakrta: Sinar Grafika, 2014.

Syamsuddin, M. Din. "Usaha Pencarian Konsep Negara dalam Sejarah Pemikiran Politik Islam." In Politik Demi Tuhan, Nasionalisme Religius di Indonesia, edited by Abu Zahra. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Tibi, Bassam. Krisis Modern Dalam Peradaban Islam. Translated by Yudian W. Asmin (et al). Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.

‘5 Gagasan Inspiratif KH Hasyim Muzadi yang Wajib Anda Diketahui’, Lyceum.id, 2017 <https://www.lyceum.id/5-gagasan-inspiratif-kh-hasyim-muzadi/> [accessed 26 March 2018]

‘Sensus Penduduk 2010 - Penduduk Menurut Wilayah dan Agama yang Dianut | Indonesia’, BPS <https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321> [accessed 28 March 2018]

‘Visi Misi’, Nahdlatululama.Id: Layanan Digital Untuk Nahdliyin & Indonesia <http://nahdlatululama.id/organisasi/visi-misi/> [accessed 28 March 2018]

<http://sinonim.sepenuhnya.com/2017/08/apa-arti-ungkapan-kursi-panas.html> [accessed 28 March 2018]




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.