Inventarisasi Pola Tanam di Antara Tegakan Kelapa di Kabupaten Padang Pariaman

Riska Kurnia Dewi, Irfan Suliansyah, Aswaldi Anwar, Auzar Syarif, Nova Suryani

Abstract


Kabupeten Padang Pariaman merupakan daerah dengan luas area dan produksi tanaman kelapa paling luas di Provinsi Sumatera Barat, namun belum semua petani di Kabupaten Padang Pariaman memanfaatkan daerah di antara tegakan kelapa dengan tanaman lain, padahal dengan pengaturan pola tanam dan varietas tanaman yang sesuai dapat meningkatkan produktivitas lahan dan pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk pola tanam dan mengidentifikasi varietas tanaman yang umum dibudidayakan di antara tanaman kelapa di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode survei, yang ditentukan secara sengaja (purposive sampling) pada 12 Kecamatan dengan produksi kelapa paling banyak dari 17 Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman. Kecamatan yang dipilih sebagai sampel adalah Kecamatan yang memiliki lahan kelapa yang diusahakan masyarakat. Jumlah responden sebanyak 100 orang petani sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 Kecamatan yang memanfaatkan lahan di antara tegakan kelapa, yaitu, Kecamatan Lubuk Alung, Kecamatan VII Koto Sungai Sarik, Kecamatan V Koto Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kecamatan Sungai Garingging dan Kecamatan Batang Gasan. Pola tanam yang diterapkan yaitu pola tanam tumpang sari, monokultur dan campuran. Adapun varietas tanaman yang umumnya dibudidayakan dibawah tegakan kelapa yaitu jagung, kacang panjang, cabe, timun, ubi kayu, pisang, jahe, mentimun, manggis, kacang tanah dan lain-lain. Setiap daerah memiliki variasi dalam pemanfaatan lahan di antara tanaman perkebunan termasuk tegakan kelapa. Hal tersebut tergantung pada tingkat kebutuhan, sosial budaya, pendidikan masyarakat serta faktor fisik dan ekologi daerah setempat sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Keywords


Pola tanam, Tanaman, Kelapa, Pemanfaatan lahan

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Apa dan Bagaimana Pola Tanam Itu. Retrieved from https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3085/. (2017).

Badan Pusat Statistik. Kabupaten Padang Pariaman dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Pariaman, (2020).

Badan Pusat Statistik. Provinsi Sumatera Barat dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, (2020).

Baidawi, Ach. "Pemanfaatan Lahan Di Bawah Tegakan Kelapa Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Desa Batang Batang Daya Batang Batang." Prosiding: Seminar Nasional Ekonomi dan Teknologi. 2019.

Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Petunjuk Teknis Teknologi Budidaya Kedelai di Sulawesi Barat. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat, (2021).

Barus, Junita. "Pemanfaatan Lahan di Bawah Tegakan Kelapa di Lampung." Jurnal Lahan Suboptimal: Journal of Suboptimal Lands 2.1 (2013).

Campbell, N. A., J. B. Reece, dan L. G. Mitchell. "Biologi edisi kelima jilid I [Biology]." Jakarta: Erlangga (2002).

Coolman, R. M., dan G. D. Hoyt. "Review: Increasing Sustainability ny Intercropping." Hort Technology. July/Sept 3.3 (1993).

Darwis, S. N. Tanaman sela di antara kelapa. No. 2. Departemen Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, 1988.

Kila, Filia I., O. Esry H. Laoh, dan Lyndon RJ Pangemanan. "Pemanfaatan Lahan di Bawah Pohon Kelapa di Desa Pakuweru Keca-Matan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan (Utilization of Land Under Coconut Tree in Pakuweru Village, Tenga District, Minahasa Selatan Regency)." Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan) 3.3 (2021): 354-364.

Listyati, Dewi., D. Pranowo, dan Saefudin. Analisis usahatani berbagai model pola tanam kelapa dengan tanaman sela pangan di Kabupaten Padeglang. Dalam Karmawati, et al. (penyunting). Prosiding Simposium IV Hasil Penelitian Tanaman Perkebunan. Bogor, 28-30 September 2004. Puslitbangbun; 337-343 hlm, (2004).

Luntungan HT. 2008. Pelestarian sumber daya genetik kelapa sebagai komuditas unggulan dalam pengembangan lahan rawa pasang surut dan lebak.Pengembangan inovasi Pertanian 1(4), 234-258.

Nelliat, E. V., K. V. Bavappa, dan P. K. R. Nair. "Multi-Storeyed Cropping. A New Dimension in Multiple Cropping for Coconut Plantations." World Crops (1974).

Perdhana, Fyannita, Nana Sutrisna, dan Basuno. Pemanfaatan Lahan di antara tegakan Kelapa Dalam Mendukung Swasembada Kedelai. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Vol. 7, No. 07. (2017).

Pertanian, Kementerian. "Jenis-Jenis Pola Tanam. Retrieved April 7, 2021." (2020).

Pertanian, Kementerian. "Statistik Perkebunan Indonesia 2018-2020 (Karet)." Jakarta: Direktorat Jenderal Perkebunan (2019).

Raharja dan Wiryanto, W. Diktat Dasar-dasar Agronomi. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, (2005).

Rusdiana, S., dan Cut R. Adawiyah. "Analisis Ekonomi dan Prospek Usaha Tanaman dan Ternak Sapi di Lahan Perkebunan Kelapa." SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 10.1 (2013): 118-131.

Ruskandi. Prospek Usahatani Jagung Sebagai Tanaman Tumpangsari diantara Tegakan Kelapa. Buletin Teknik Pertanian 8 (2) : 55 – 59, (2003).

Setjanata, S. "Perkembangan Penerapan Pola Tanam dan Pola Usahatani dalam Usaha Intensifikasi (Proyek Bimas)." Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanam. Bogor (1983).

Supadi & Nurmanaf, A. R. "Pemberdayaan petani kelapa dalam upaya peningkatan pendapatan." Jurnal Litbang Pertanian 25.1 (2006): 31.

Syahputra, Nurdarmawan, Mawardati Mawardati, dan Suryadi Suryadi. "Analisis faktor yang mempengaruhi petani memilih pola tanam pada tanaman perkebunan di Desa Paya Palas Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur." Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh 2.1 (2017): 41-49.

Tri, Hermawati Diah. "Kajian ekonomi antara pola tanam monokultur dan tumpangsari tanaman jagung, kubis dan bayam." Jurnal Inovasi 18.1 (2019).

Wahyuni, Asih, Zulkifli Alamsyah, dan Yusma Damayanti. "Analisis Komparasi Pendapatan Usahatani Kelapa dalam Pola Monokultur dan Tumpang Sari di Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur." Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis 21.1 (2018): 5-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.