Hubungan Komunikasi Kesehatan Terhadap Covid-19 di Indonesia

Azhari Fadli, Chairil Ripani, Fadli Rizki, Rully Rozano Zarwan, Marhaeni Fajar Kurniawati

Abstract


Artikel ini dibuat atas dasar sebuah ke khawatiran yang berkenaan dengan beragam telaah yang tidak hanya memuat dari narasumber tetapi juga observasi serta pengalaman penulis pada saat Indonesia terdampak penyebaran covid-19 yang berasal dari China. Tujuan penelitian untuk menelaah bagaimana bentuk-bentuk pesan (informasi) tentang kesehatan yang diterima masyarakat dan dampaknya terhadap yang mereka alami. Jenis penelitian ini adalah studi literature, dengan menelaah kajian tentang informasi yang berkembang selama pandemic covid 19 baik media cetak, elektronik dan juga karya ilmiyah atau hasil studi sebelumnya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa komunikasi kesehatan masyarakat memiliki hubungan erat dengan covid-19 khususnya dalam hal pencegahan penyebarluasan covid 19 dan penangannya. Selain itu komunikasi yang efektif juga berperan penting dalam pembentukan perilaku masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan.


Keywords


Komunikasi Kesehatan, pesan kesehatan, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Ayu Ambarawati, Dewa, dan I Made Wirya Darma. “Strategi Komunikasi Satgas Covid-19 Dalam Memberikan Sosialisasikan Prokes Kepada Lansia Di Desa Penatahan.” Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Diakses 1 Agustus 2022. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/KA/article/view/3143.

Creswell, John W., dan J. David Creswell. Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth edition. Los Angeles: SAGE, 2018.

Hayat, Nahrul. “Covid-19: Apa Yang Membuat Kegagalan Komunikasi Pemerintah?” Diakses 30 Juli 2022. https://www.remotivi.or.id/amatan/586/covid-19-apa-yang-membuat-kegagalan-komunikasi-pemerintah.

ITS News. “Sumber Masalah Sesungguhnya, Corona Atau Media?” ITS News (blog), 27 Maret 2020. https://www.its.ac.id/news/2020/03/27/sumber-masalah-sesungguhnya-corona-atau-media/.

Media, Kompas Cyber. “Komunikasi soal Covid-19 Dinilai Bermasalah, Masyarakat Gagal Paham Halaman all.” Kompas.com (blog). Diakses 29 Juli 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/26/192700865/komunikasi-soal-covid-19-dinilai-bermasalah-masyarakat-gagal-paham.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke-18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Najih, Aizun. “Komunikasi Selama Pandemi Covid-19: Belajar dari Kegagalan Komunikasi Risiko Kesehatan yang Efektif.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 9, no. 2 (2020): 111–22.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Rakhmaniar, Almadina. “Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan Covid-19.” Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 1 (2021): 10–30.

Widhi Kurniawan, Agung, dan Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.

Yasir. Pengantar Ilmu Komunikasi: Sebuah Pedekatan Kritis dan Komprehensif. Deepublish, 2020.

mso-fareast-font-family:"Times New Roman";color:black;mso-ansi-language:EN-US;

mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language:AR-SA'>

field-end'>




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.