Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Ciketak
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tingkat berpikir kritis siswa berbeda-beda, hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya tingkat berpikir kritis siswa adalah adanya peran suatu metode yang digunakan oleh guru sebagai salah satu faktor yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis pada saat kegiatan pembelajaran . Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran problem based learning, mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan mengetahui efektivitas pembelajaran problem based learning terhadap tingkat berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem based learning memiliki tingkat efektivitas terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Hal tersebut disebabkan oleh adanya keaktifan siswa dalam melakukan pemecahan masalah ketika proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Dewi, A., & Susanto, R. (2018). Analisis pengaruh pembelajaran quantum terhadap proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas va di sdn joglo 04 petang (studi pre-eksperimen). Jurnal pendidikan dasar perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 230–243. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.179
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik Sd Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Pradnyana, P. B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 1–7. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8088
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi-kan Agama Islam. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org/77
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Raga, S. D., Fitriyah, C. Z., & Finali, Z. (2020). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 4 Agustus 2020 The Effect Of Implementing Problem-Based Learning On The Fifth Grade Students ’ Higher Order Thinking Skills On Heat And Transfer Theme At SD Negeri Kepatihan 06 Jember. 9, 482–491.
Zalu, S. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, h. 38. Jurnal, 4, 28–38.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.