Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Membentuk Karakter Peserta Didik pada SMK Ulil Albab dan SMK Al-Musyawirin Kabupaten Cirebon

Sri Rahayu

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Munculnya gagasan program pendidikan agama Islam berbasis multicultural dalam membentuk karakter peserta didik di Indonesia sangatlah didambakan, sebab selama ini dirasakan proses pendidikan ternyata belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena pendidikan di Indonesia lebih menitik beratkan kepada pengembangan intelektual atau kognitif semata, Oleh karena itu untuk mewujudkan pendidikan karakter religius bagi peserta didik, dibutuhkan sekolah yang tidak hanya memperhatikan aspek intelektual atau kognitif semata, tetapi juga mengikutsertakan aspek soft skill atau non akademik sebagai salah satu unsur utama pendidikan moral. SMK Ulil Albab dan SMK Al-Musyawirin Kabupaten Cirebon, sebagai sekolah menengah kejuruan yang bernafaskan Islami dinilai sebagai wadah yang tepat untuk membentuk karakter peserta didik, melalui pembiasaan kegiatan keagamaan bagi peserta didik yang diimplementasikan melalui pembiasaan keseharian maupun dalam kegiatan ekstra ataupun intra di sekolah. Sehingga dapat membentuk peserta didik yang tidak hanya terampil berkarya akan tetapi juga unggul dalam prestasi agama dan berakhlaqul karimah.

Keywords


Pendidikan PAI, Multikultural, dan Karakter Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran Jakarta: Kencana, 2009

Agus Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Baidhway Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005

Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 2013

Kapraja Sangadji, Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (sebuah Kajian Kurikulum), Jurnal Biologi Sel. Vol. 5 No. 1: 2016

M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cross-Kultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media, 2005

M.Joko Susilo, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Meredith D.Gall, Joyce P. Gall dan Walter R.Borg, Education Research: An Introducion, 7th ed. Buston: Perason Education, Inc, 2003

Mey. S dan Syarifuddin M. Pendidikan Berwawasan Multikultural di Madrasah, Jurnal MPA No.247 th XX April 2007

Mey. S dan Syarifuddin M. Pendidikan Berwawasan Multikultural di Madrasah, Jurnal MPA No.247 th XX April 2007

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2003

Sharan B.Merriam, Qualitative Research: A Guide to Design and Implementasi, USA, The Jossey-Bass, 2009

Supardi, Pendidikan Islam Multikultural dan Deradikalisasi di Kalangan Mahasiswa, Analisis, Volume XIII, Nomor 2, 2013

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yaqin Ainul. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Lkis, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.