Pendidikan Anak Pra-Natal sampai dengan Post-Natal Perspektif Islam

Nayirah Nayirah, Abdul Basir, Hikmatu Ruwaida, Muhammad Nasir

Abstract


Puncak dari kebahagiaan dari pasangan suami dan istri yang baru menikah adalah ketika diberikan amanah oleh Allah seorang anak. Anak adalah suatu pemberian yang sangat ditungu oleh sepasang suami istri, pun juga anak akan menjadi aset tabungan untuk orang tuanya di akhirat kelak, sebagaaimana yang tertulis di dalam hadits bahwa anak yang shaleh jika masih hidup sesudah Ibu dan Bapaknya meninggal dunia, maka anak itu dapat memberikan manfaat terhadap mereka melalui do’a yang dipanjatkannya. Dan jika anak shaleh itu meninggal dunia terlebih dahulu daripada kedua orang tuanya, maka anak itu dapat pula memberikan manfaat terhadap kedua orang tuanya kelak di hari kiamat. Maka untuk itu sudah sepatutnya sedini mungkin, calon pasangan suami dan istri yang nantinya berumah tangga dapat membentuk kepribadian anak dengan cara agar suami menjaga kehamilan istri dengan saling bekerjasama. bekerjasama dalam menjaga kehamilan seorang istri, dengan memberikan Pendidikan sejak calon bayi masih dalam kandungan (Pra-natal), hingga setelah melahirkan (Post-natal) bayi tersebut adalah kewajiban semua orang tua di dunia ini, mengenalkan tauhid kepada anak dimulai sejak dini, mengenakan kalimat thayyibah dan tentang keagamaan lainnya hendaknya dimulai dari sejak calon bayi di dalam kandungan. Pendidikan yang harus di implementasikan untuk calon bayi sejak dalam kandungan dan setelah dilahirkan. 

Keywords


Pendidikan, anak, melahirkan

Full Text:

PDF

References


Adawy SM. Mendidik Anak Dalam Kandungan: Menurut Ajaran Pedagogis Islami. Darul Ulum Press, 2011.

Azizah S. Fikih Pendidikan Anak: Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini. Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik Bagi Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Qisthi Press, 2017.

Dacholfany, M. Ihsan, and Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah, 2021.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro, 2005.

Faizah, Leily Indah, and Liliek Channa Aw. “Mengkaji Hadist Tentang Memberi Nama Anak.” Educational Journal of Islamic Management 1, no. 2 (2021): 87–91.

Ismail, Hidayatullah. “Syariat Menyusui dalam Alquran (Kajian Surat Al-baqarah Ayat 233).” Jurnal At-Tibyan 3, no. 1 (June 2018): 56–68.

M. Quraish Shihab,. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2000.

Mansur. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2006.

Miswanto, Agus. “Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Ulama Tafsir: Studi Terhadap Rumah Tangga Nabi Adam.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 14, no. 2 (2019): 64–76.

Mujahidin E. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Jakarta: Mitra Pustaka, 2019.

Nur Azhar, Tauhid, and Eman Sulaiman. The Secret of Mother Organela Cinta Rahasia Cinta Seorang Ibu. Bandung: Madani Prima, 2010.

Octofrezi, Permana. “Pendidikan Janin Pada Masa Pre-Natal (Kehamilan) Sampai Dengan Post-Natal (Pasca Persalinan) Ditinjau Dari 6 Kategori Rumpun Pendidikan Islam Dan Asas Hikmah.” Belantika Pendidikan 3, no. 1 (June 20, 2020): 31–42.

Salwanida, Felisha. Merencanakan Kecerdasan Dan Karakter Anak Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Kata Hati, 2010.

Sholeh, Munawwar, and Abu Ahmadi. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni. “Pendidikan Anak dalam Islam.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (July 1, 2020): 185–205.

Tuhani, M. “Artikel Pengajian Rabu Kliwon” (2004).

Utama, Ferdian, and Eka Prasetiawati. “Parental dalam Pendidikan Islam:” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 7, no. 1 (June 16, 2020): 28–43.

Za’im, Muhammad. “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah).” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (October 24, 2016): 79–94.

“Urgensi Pendidikan Pranatal Bagi Ibu Hamil | SELING: Jurnal Program Studi PGRA” (April 3, 2018). Accessed March 21, 2023. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/227.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.