Dampak Digitalisasi Pembayaran Zakat Terhadap Peningkatan Penerimaan Zakat pada Baznas Kota Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena perkembangan teknologi digital yang terus meningkat tiap tahunnya menimbulkan perubahan pada sistem pengoperasian yang beralih pada sistem digital. Hal tersebut yang membuat BAZNAS Kota Banjarmasin melakukan pendigitalisasiannya pada pembayaran zakat. Oleh karena itu peneliti tertarik dengan penelitian ini, bertujan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dengan adanya digitalisasi yang dilakukan pada pembayaran zakat di BAZNAS Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian lapangan. BAZNAS Kota Banjarmasin merupakan subjek penelitian dan pengumpulan data memakai metode wawancara dengan menggunakan metode analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk penggunaan digitalisasi dalam penghimpunan zakat yaitu pada pembayaran zakat melalui via transfer dan scan QR Code, sosialisasi secara digital dengan memanfaatkan media sosial dan website. Serta penginputan laporan keuangan menggunakan aplika SIMBA (Baznas Management System). Digitalisasi pembayaran zakat memberikan dampak yang ditimbulkan berdampak signifikan karena dapat dilihat dari penghimpunan dana pada laporan keuangan BAZNAS Kota Banjarmasin dan laporan pendistribusian yang dipublikasikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Idi. Dinamika Sosiologis Indonesia, Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta: P.T. LKiS Pelangi Aksara, 2015.
BAZNAS, dan root. “Zakat Maal : Pengertian, Jenis dan Syarat Zakat Maal - BAZNAS RI.” Diakses 11 Agustus 2023. https://baznas.go.id/zakatmaal.
Dimas, Fachmi, dan Yolanda Yolanda. “Center Baznas Fundraising Method in Collecting Zakat, Infaq and Shodaqoh Funds,” 2023. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.12-11-2022.2327268.
Hafidhuddin, Didin. Zakat dalam perekonomian modern. Gema Insani, 2002.
Ivory, M.Y., dan M.A. Hearst. “Improving Web site design.” IEEE Internet Computing 6, no. 2 (Maret 2002): 56–63. https://doi.org/10.1109/4236.991444.
Mawardi, Muhammad Adnan. “Strategi Layanan Pembayaran Zakat Dengan Qr Code Melalui Baznas Kalimantan Selatan.” Ekonomi dan Bisnis Islam, 28 Desember 2021. https://idr.uin-antasari.ac.id/18816/.
M.Sc, Prof Dr Sri Adiningsih, S. E. Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Mutiarazora, Mita. “Tranformasi Ekonomi Berbasis Digital.” Journal of Economics and Regional Science 1, no. 2 (2021): 84–96. https://doi.org/10.52421/jurnal-esensi.v1i2.189.
Nasution, Juliana, Nurhayati Nurhayati, dan Marliyah Marliyah. “Campaigning Zakat on Social Media: The Role of Message Strategies in the Decision to Pay Zakat.” Jurnal ASPIKOM 8, no. 1 (31 Januari 2023): 53–66. https://doi.org/10.24329/aspikom.v8i1.1258.
Noeng Muhadjir. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Reka Sarasin, 1996.
Nuruddin, Nor Azaruddin Husni Hj. “A Study Of The Future And Its Relationship To The Development Of The Digital People: Kajian Masa Depan Dan Hubungannya Dengan Pembangunan Umat Digital.” Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies 27, no. 2 (18 September 2022): 71–79.
Ramadhani, Sandhyni. “Dampak Digitalisasi Terhadap Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq, Dan Sedekah Di Baznas Kota Parepare.” Undergraduate, IAIN Parepare, 2022. http://repository.iainpare.ac.id/4131/.
Rohimah, Afifatur. “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional:” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (31 Maret 2018): 91–100. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931.
Se, Affan Irhamsyah. “Analisis Faktor-Faktor Preferensi Yang Mempengaruhi Keputusan Metode Pembayaran Zakat Bagi Muzakki Di Era Digital (Studi Pada Dosen Dan Tenaga Kependidikan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya) Affan Irhamsyah.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 8, no. 1 (28 Oktober 2019). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6157.
Siregar, Rejeki Kasiro. “Efektivitas Pemanfaatan Layanan Digitalisasi Dalam Pembayaran Zakat Bagi Muzakki di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Uatara,” 2021. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16165.
Studies, BAZNAS Center of Strategic. “Outlook Zakat Indonesia 2022.” BAZNAS Center of Strategic Studies. Diakses 11 Agustus 2023. https://puskasbaznas.com/publications/books/1610-outlook-zakat-indonesia-2022.
Surahman, Sigit. “Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni Dan Budaya Indonesia.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 1 (2013). https://doi.org/10.30656/lontar.v2i1.334.
Syarif, Muhammad Fazlurrahman, Dewi Purwanti, dan Fahmiah Akilah. “The Perspective of Contemporary Scholars on the Zakat Payment of YouTube Google AdSense Income.” Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab, 2022, 132–51.
Teknologi.id. “Terus Meningkat, Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 212 Juta Tahun 2023,” 5 Mei 2023. https://teknologi.id/insight/terus-meningkat-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-212-juta-tahun-2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2661
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.