Pembentukan Adab Santri Berbasis Keteladanan Guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta

Ferihana Ferihana, Azam Syukur Rahmatullah

Abstract


Menurunnya moral dan melemahnya etika serta sopan santun anak sangat disadari dan menjadi keprihatinan dalam dunia pendidikan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kemerosotan moral ialah melalui pembentukan adab siswa berbasis keteladanan guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana peran keteladanan guru dalam pembentukan adab santri di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi yang mendukung temuan pada penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan display data yang kemudian direduksi untuk mengambil data yang diperlukan, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukkan adab santri berbasis keteladanan guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta dilakukan melalui sikap, perkataan dan pembiasaan. Nilai-nilai luhur yang ditanamkan di pesantren dapat membentuk kepribadian santri yang selanjutnya menjadikan karakter yang melekat dalam diri. Adab dan kepribadian yang menjadi ikon pendidikan keagamaan meliputi nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Ketiga pembentukkan adab tersebut ditanamkam melalui pembiasaan dengan mentaati peraturan pesantren dan juga peraturan yang ada dalam masyarakat.

Keywords


Pembentukan Adab, Adab Santri, Keteladanan Guru, Pondok Pesantren.

Full Text:

PDF

References


Adilla, Amma Chorida, Jainul Arifin, dan Razie Bin Nasaruddin. “Pembelajaran Karakter Disiplin melalui Metode Ta’zir (Studi Kasus Santriwati Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah).” Journal Of Islamic Education: The Teacher of Civilization 3, no. 1 (2022): 1–16.

Alfath, Khairuddin. “Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro.” Al-Manar 9, no. 1 (2020): 125–64. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136.

Amri, Muhammad, dan Andi Baso Muammar Assad. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX Mts As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.” Inspiratif Pendidikan 9, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277.

Arfan, F., I. Hasanah, M. Usman, M. Chalis, A. Abubakar, I. Irwan, dan M. Nur. “Pembentukan Akhlak Takzeem Keuguree : Pendekatan Sosiologi-Antropology Pada Pendidikan Pasantren Tradisional Aceh.” Jurnal Serambi Ilmu 24, no. 1 (2023): 122–37.

Ashari, A E. “Potret Keteladan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah Umum: Keteladanan Guru PAI.” AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education …, no. 2 (2021).

Azhari, Pebri, Uswatun Khasanah, dan H M Yunan Hidayat. “Implementasi Penanaman Adab dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur ’ an.” Jurnal Pendidikan Nusantara 1, no. 2 (2022): 131–38. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i2.17.

Aziz, Akbar Nur, Danang Eko Prastya, Hasse Jubba, dan Herpita Wahyuni. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 7, no. 3 (2021): 1–10. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.409.

Basuki, Listari, Nilna Mayang Kencana Sirait, Hamzah Hamzah, dan Putriani Dalimunte. “Isu-isu Kekerasan dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 1 (2023): 2849–54.

Darani, Nurlia Putri. “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (2021): 133–44. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345.

Dewi, Indah Kemala, dan Rakhimahwati. “Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dalam Keluarga Di Jorong Koto Alam.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2021): 56–65.

Didik, Didik, dan Supriyadi Supriyadi. “Strengthening Moral Values in Formation of Religious Attitudes of Elementary School Students Based on Thomas Lickona’s Theory.” Academia Open 6 (2021): 1–12. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2688.

Firdausi, Firdausi, dan Abdul Azis. “Strategi Kyai dalam Pembinaan dan Pembentukan Moral Santri di Ma’had Tahfidz Al-Qur’an Zainul Ibad Prendua.” Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemsyarakatan 5, no. 2 (2021): 274–97.

Gusli, T, N Gistituati, dan S Marsidin. “Kebijakan Sistem Pendidikan Indonesia: Keterkaitan Dunia Sekolah dengan Dunia Kerja Sebuah Alternatif.” … : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2551–62.

Hakis. “Adab Bicara Dalam Prespektif Komunikasi Islam.” Jurnal Mercusuar 1, no. 1 (2020): 43–68.

Himmah, Ro’fat Hizmatul, Imam Bonjol Jauhari, dan Ahidul Asror. “Adab sebagai Aktualisasi Ilmu dalam Perspektif Islam.” Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam 14, no. 2 (2023): 56–76.

Ipmawanputra, Rakhay Pradana; Yusuf, Muhammad; Aldawaz, Charis Ali. “Penerapan Adab dan Akhlaq Islami Dalam Proses Belajar Mengajar Secara Online (Studi Kasus pada Jurusan 1 D4 GameTech).” Jurnal Pendais 3, no. 1 (2021): 25–31.

Iqbal, Muhammad. “Keteladanan Guru Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berakhlakul.” Jurnal Ikhtibar Nusantara 1, no. 1 (2022): 23–32.

Ismail, Ismail, dan Abdulloh Hamid. “Adab Pembelajaran Al-Quran: Studi Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 18, no. 2 (2020): 219. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i2.392.

Juwita, Dwi Runjani. “Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 7, no. 2 (2018): 282–314.

Khofifah, Fajriyati, Mahrur Adam Maulana, dan Nginayatul Khasanah. “Pembelajaran Akhlak Kitab Al-Akhlak Lil Binat dalam Pembentukan Karakter Religius Santri.” Jurnal Tarbi (Jurnal Ilmiah Mahasiswa) 1, no. 2 (2022): 69–79.

KPAI. “Data Kasus Pengaduan Anak 2016 – 2020.” Bank Data Perlindungan Anak, 2021.

———. “Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI.” kpai.go.id, 2020.

Mahmudi, Afif, dan Abu Hasan Zuhri. “Bimbingan Adab Santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung melalui Kajian Kitab Adab al-’Alim Wal Muta’alim.” Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 1, no. 1 (2021): 22–37.

Marliu, Farizal, Otong Surasman, dan Taufan Taufan. “Keteladanan Guru Dan Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Kepribadian Muslim Siswa Di MTs Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 4, no. 1 (2020): 29–40. https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i1.324.

Maturidi, dan Asnan Purba. “Mimbar Kampus Mimbar Kampus.” Jurnal Pendidikan & Agama Islam 19, no. 2 (2020): 208–21.

Maulana, Abdul Haris, Suteja Suteja, Mahfudz Mahfudz, dan Siti Maryam Munjiat. “Keteladanan Kyai dalam Pembentukan Akhlak Sosial Santri Pondok Pesantren As-Sanusi Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon Abdul.” Attanwir: Jurnal keislaman dan Pendidikan 6, no. 1 (2021): 103–19.

Misniaty, Winda_. “Studi Korelasi Religiusitas Terhadap Adab Siswa di MAN 1 Kabupaten Bogor.” Inspiratif Pendidikan 9, no. 2 (2020): 306. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15994.

Muslim, Ibnu Fiqhan, dan Sanudin Ranam. “Pendidikan Kedisiplinan Di Pondok Pesantren El Alamia Untuk Menanggulangi Degradasi Moral.” Research and Development Journal of Education 1, no. 1 (2020): 102. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7325.

Najib Mubarok. “Optimalisasi Penerapan Tradisi Pesantren Salaf Bagi Santri Kalong.” Journal of Islamic Education Studies. 4, no. 1 (2019): 1–12.

Nashihin, Husna, dan Tri Asih. “Pemanfaatan Kantin Kejujuran Sebagai Model Evaluasi Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Zuhriyah Yogyakarta.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 54–81. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.10.

Nasution, Mawaddah. “Pola asuh permisif terhadap agresifitas anak di lingkungan x kelurahan suka maju kecamatan medan johor.” Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2018): 89–96.

Nugraheni, Yumidiana Tya, dan Agus Firmansyah. “Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta).” Quality 9, no. 1 (2021): 39. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.9887.

Pipin Hasan Arifin, Surya Hadi Darma, Dyah Wulandari. “Internalisasi Kitab Washoya Al-Abnaa dalam Membentuk Akhlak Santri.” Jurnal Riset Agama 3, no. April (2023): 33–48. https://doi.org/10.15575/jra.v3i1.23517.

Pragholapati, Andria, Rizki Muliani, dan Fita Lia Aryanti. “Hubungan Bullying Dengan Kemampuan Sosial Pada Remaja Di SMK X Kota Bandung.” JPPP - Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi 9, no. 1 (2020): 34–40. https://doi.org/10.21009/jppp.091.06.

Riyanto, Riyanto Adi Kusumah, Ahmad Fauzan, dan Achi Rinaldi. “Pengaruh Keteladanan Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.” An Naba 5, no. 1 (2022): 1–25. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.105.

Rubiyad, Adib. “Sikap Hormat Santri terhadap Guru Menurut Kitab Adab KH. Muhammad.” THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 196–206.

Saifullah Idris, & Tabrani, Z. “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2017): 96–113. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420.

Sari, Leni Elpita, Abdul Rahman, dan Baryanto Baryanto. “Adab kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 6, no. 1 (2020): 75–92. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1251.

Sofa, Mochamad Lutfan, Ahmad Bahrudin Azis, dan Asiyah Asiyah. “Pola Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 6, no. 1 (2022): 59. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4292.

Suparman, Muh. Fatahillah, Muhammad Isa Anshory, dan Ngatmin Abbas. “Implementasi Pendidikan Adab di Ma’had Aly Ki Bagus Hadikusumo Sukoharjo.” At Turots : Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (2023): 194–207.

Supriyanto, Eko Eddya. “Kontribusi Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Kajian Ilmu Pendidikandan Sosial Humaniora 1, no. 1 (2020): 13–26.

Triwiyanto, Teguh, Suhartono Suhartono, dan Junaidin Junaidin. “Perlindungan Hukum Dan Upaya Melawan Kekerasan Terhadap Guru : Peran Penting Negara Dan Organisasi Profesi.” Dalam Proceedings Series of Educational Studies, 404–12, 2023.

Ulum, Miftachul. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren.” journal EVALUASI 2, no. 2 (2018): 382. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.161.

Wahyuni, Ida Windi, dan Ary Antony Putra. “Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854.

Wahyuningsih, Rohmi Suminar, Katni Katni, dan Aldo Redho Syam. “Implementasi Daily Performance Monitoring dalam Meningkatkan Pendidikan Adab.” Ajaha: International Journal of Learning and Education 1, no. 1 (2023): 1–7.

Yusup, Aden, dan Acip Acip. “Peran Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi.” Al-Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam 1, no. 1 (2023): 1–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.