Motivasi Belajar Santri Kalong pada Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ulum Muhammadiyah Galur

Kadir Kadir, Azam Syukur Rahmatullah, Muhammad Nurul Yamin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar, faktor pendukung maupun penghambat motivasi belajar santri kalong pada pelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode studi kasis dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Daarul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Adapun Subyek penelitian ini adalah siswa yang mencapai nilai kreteria ketuntasan minimal yang diambil dengan teknik snowball. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisa data dengan tringulasi yaitu membandingkan antara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi yang kuat. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ada dua, pertama faktor intrinsik yakni adanya kesadaran siswa akan pentingnya belajar, keinginan siswa untuk bisa memahami bahasa arab, sungguh-sungguh dan gigih dalam belajar. Kedua, faktor ekstrinsik yakni adanya keinginan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi , mengimitasi perilaku para tokoh agama galur dan masyaratakat yang sukses  serta fasilitas belajar yang memadai. Adapun faktor pendukung motivasi belajar santri  adanya pendampingan dan dukungan penuh dari orang tua, cara mengajar nyaman dan menyenangkan, serta adanya dukungan finansial yang memadai sesuai dengan kemampuan orang tua masing-masing. Sedangkan faktor penghambat motivasi belajar santri kalong yaitu adanya temen mengganggu saat belajar dan kurangnya fasilitas belajar mengajar.

Keywords


Motivasi Belajar, Pedidikan, Bahasa Arab, Santri Kalong

Full Text:

PDF

References


Al-Said, Khaleel. “Influence of teacher on student motivation: Opportunities to increase motivational factors during mobile learning.” Education and Information Technologies, Juni 2023, 1–19. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11720-w.

Anggreni, Desak Putu Dewi, dan I Wayan Rudiarta. “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Agama Hindu Perspektif Teori Belajar Sosial.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 02 (2022): 142–51. https://doi.org/10.53977/ps.v1i02.353.

Arianti, Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019): 117–34. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Arianty, Arianty, dan Sri Watini. “Implementasi ‘Reward Asyik’ untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2022): 939–44. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515.

Budiya, Bahroin, dan Thoriq Al Anshori. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa:(Studi Kasus di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto).” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2022): 1–11.

Chen, Tzu-Sang, Pei-Lun Hsieh, Chien Chien Tung, Chao-Hsin Wu, dan Yu-Chieh Cheng. “Evaluation of registered nurses’ interprofessional emergency care competence through the gamification of cardiopulmonary resuscitation training: a cross-sectional study.” BMC Medical Education 23, no. 1 (Juni 2023): 359. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04332-y.

Chou, Hui Shan, Lay Teng Thong, Han Shi Jocelyn Chew, dan Ying Lau. “Barriers and Facilitators of Robot-Assisted Education in Higher Education: A Systematic Mixed-Studies Review.” Technology, Knowledge and Learning 28, no. 2 (Juni 2023): 477–516. https://doi.org/10.1007/s10758-022-09637-3.

Damanik, Rabukit. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 51–55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252.

Dehghan, Habibollah, Sayed Vahid Esmaeili, Fatemeh Paridokht, Nima Javadzade, dan Mehdi Jalali. “Assessing the students’ readiness for E-Learning during the Covid-19 pandemic: A case study.” Heliyon 8, no. 8 (Juni 2022): e10219. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10219.

Ding, Chun, Qin Wang, Jingling Zou, dan Kewei Zhu. “Implementation of flipped classroom combined with case- and team-based learning in residency training.” Advances in Physiology Education 45, no. 1 (Juni 2021): 77–83. https://doi.org/10.1152/advan.00022.2020.

Duckwitz, Veronica, Lena Vogt, Claudia Hautzinger, Alexander Bartel, Jeelka Reinhardt, Sebastian Haase, Thomas Alter, Marcus Fulde, Mahtab Bahramsoltani, dan Marcus G Doherr. “Teaching Outbreak Investigations with an Interactive Blended Learning Approach.” Journal of Veterinary Medical Education 49, no. 3 (Juni 2021): 312–22. https://doi.org/10.3138/jvme-2020-0077.

Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Fachrudin, Yudhi. “Strategi Penguatan Mutu Berbasis Pesantren.” Dirasah 4, no. 2 (2021): 91–108.

Febrita, Yolanda, dan Maria Ulfah. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Dalam Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812:181–88, 2019.

Gaol, Andrea Fernando Lumban, Nelyahardi Nelyahardi, dan Rully Andi Yaksa. “Faktor Motivasi dalam Mendorong Keberhasilan Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 2801–7. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.927.

Jiang, Qinxu, Mantak Yuen, dan Hugo Horta. “Coping Strategies of Failing International Medical Students in Two Chinese Universities: A Qualitative Study.” Teaching and Learning in Medicine ahead-of-p, no. ahead-of-print (Juni 2023): 1–11. https://doi.org/10.1080/10401334.2023.2204077.

Khalid, Sabika, Chunhai Gao, Cai Lianyu, Jiang Lu, Lu Xiuyu, dan Endale Tadesse. “Exploring Chinese and Ethiopian higher VET adolescent learning motivation through the lens of self‑determination theory.” PLOS ONE 18, no. 5 (Juni 2023): e0285439. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0285439.

Koyanagi, Yuka, Myo Nyein Aung, Motoyuki Yuasa, Miwa Sekine, dan Okada Takao. “The Relation between Social Capital and Academic Motivation of Students: A Study of Health Professional Education in Japan.” European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education 11, no. 1 (Juni 2021): 129–41. https://doi.org/10.3390/ejihpe11010011.

Kusumaningrini, Dyah Lukita, dan Niko Sudibjo. “The Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19.” Akademika 10, no. 01 (2021): 145–61. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271.

Latipah, Neng. “Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta.” Comm-Edu (Community Education Journal) 2, no. 3 (2019): 193. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2850.

Li, Ling, Ming-ling Zhu, Yu-qing Shi, dan Li-li Yang. “Influencing factors of self-regulated learning of medical-related students in a traditional Chinese medical university: a cross-sectional study.” BMC Medical Education 23, no. 1 (Juni 2023): 87. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04051-4.

Mahmudiyah, Awaliyani, dan Mulyadi Mulyadi. “Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 2, no. 1 (2021): 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223.

Majid, Lukman Abdul. “Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Ma Al-Mubarok Lampung Tengah.” Dimar: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 1–12.

Masduqi, Akhmad. “Pengelolaan Program Unggulan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren.” At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 13, no. 1 (2021): 01. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.501.

Naciri, Aziz, Mohamed Radid, Hasnaa Sine, Ahmed Kharbach, dan Ghizlane Chemsi. “Self-determined motivation and associated factors among health professions students in distance learning: a cross-sectional study in Morocco.” Korean Journal of Medical Education 35, no. 1 (Juni 2023): 33–43. https://doi.org/10.3946/kjme.2023.247.

Nuraini, Sri, dan Treny Hera. “Faktor-Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II di SD Negeri 91 Palembang.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 3 (2022): 1540–45.

Oktiani, Ifni. “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (2017). https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Pranata, Bayu Kasa, dan Zainul Abas. “Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Pada Pembelajaran Bahasa Arab Santri Teachers ’ Efforts In Growing Students ’ Learning Motivation In Arabic Language Learning For Takhassus Students In Pondok Al Ukuwah Sukoharjo Islamic Boarding School.” Journal of Cahaya Mandalika 2, no. 1 (2021): 118–25.

Pratama, Aldo Putra. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Aldo.” Mahaguru: Junral Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 88–95.

Ru’iya, Sutipyo, dan Thonthowi. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Dengan Pendekatan Multi Strategi.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 2 (2022): 297–314. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.32672.

Said, Muhamad Syahdan. “Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2, no. 2 (2021): 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo, 2018.

Sari, Rahmi Septia, dan Neviyarni Suhaili. “Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” Ensiklopedia of Journal 2, no. 5 (2020): 140–46.

Simões, Sofia, Tiago Oliveira, dan Catarina Nunes. “Influence of computers in students’ academic achievement.” Heliyon 8, no. 3 (Juni 2022): e09004. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09004.

Souza, Anne D, Dhiren Punja, Sushma Prabhath, dan Akhilesh Kumar Pandey. “Influence of pretesting and a near peer sharing real life experiences on CPR training outcomes in first year medical students: a non-randomized quasi-experimental study.” BMC Medical Education 22, no. 1 (Juni 2022): 434. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03506-4.

Suharni, Suharni. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6, no. 1 (2019): 172–84.

Sulistiani, Tina. “Pelatihan dan Pendamoingan Manajemen Koperasi Melalui Peningkatan Kemampuan Manajerial Koperasi Pondok Pesantren Se-Kecamatan galur Kebupaten Kulonprogo.” Jurnal Karya Abdi 4, no. 1 (2020): 148–51.

Syachtiyani, Wulan Rahayu, dan Novi Trisnawati. “Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 1 (2021): 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.

Tabroni, Imam, dan Siti Maryatul Qutbiyah. “Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora Vol.1, No. (2022): 353–60.

Tan, Angel J Y, Jean L Davies, Roderick I Nicolson, dan Themis Karaminis. “Learning critical thinking skills online: can precision teaching help?” Educational technology research and development, Juni 2023, 1–22. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10227-y.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wang, Mengke, dan Zengzhao Chen. “Laugh before You Study: Does Watching Funny Videos before Study Facilitate Learning?” International Journal of Environmental Research and Public Health 19, no. 8 (Juni 2022): 4434. https://doi.org/10.3390/ijerph19084434.

Yoo, Leeho, dan Dukyoo Jung. “Teaching Presence, Self-Regulated Learning and Learning Satisfaction on Distance Learning for Students in a Nursing Education Program.” International Journal of Environmental Research and Public Health 19, no. 7 (Juni 2022): 4160. https://doi.org/10.3390/ijerph19074160.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.