Etika Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Ahmad Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai etika dan nilai-nilai kemanfaatan dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI). Nilai-nilai etika, dipandang suatu integritas guru dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Adapun nilai-nilai kemanfaatan teknologi untuk mendapatkan upaya yang praktis pencapaian tujuan  pembelajaran. Pandangan ini, tertarik menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan metode Textual Analysis. Tehnik pengumpulan data menggunakan studi literatur terkait fokus bahasan, dengan sumber data sekunder yakni buku, majalah, acara televisi, dan internet.  Analisis data  menggunakan interpretasi terhadap teks.  Hasil peneltian didapat nilai-nilai etika penggunaan teknologi pembelajaran ialah guru harus mengetahui dampak akhir baik (hasan) dan buruk (qabih) pada peserta didik ketika menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Prasangka moral dalam teknologi pembelajaran bersifat relatif artinya guru dituntut untuk mengetahui dan mempertimbangkan nilai-nilai budaya (Digital Culture) suatu kelompok atau organisasi tentang sudut pandang terhadap teknologi tradisional dan modern, khususnya teknologi dalam proses pembelajaran oleh guru di kelas. Adapun nilai-nilai praktis, berdasarkan tingkat kemanfaatan (pragmatism) dalam pembelajaran bermakna.


Keywords


Etika, Penggunaan Teknologi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi, Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI, 45-56.

Alan Januszwewski and Michael Molenda. (2008). Educational Technology A definition with commentary. New York: Taylor & Farncis Group.

al-Attar, M. (2010). Islamic ethics Divine Comand Theory in Arabp-Islamic Thought. New York: Routledge taylor and Francis Group.

almaany. (2010-2022). Retrieved from almaany.com: www.almaany.com

Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kementerian Agama R.I. (2017). al-Qur'an dan Terjemah. Jakarta: PT Agung Suara.

Ismaniati, C. (n.d.). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. FIP-Universitas Negeri Yogyakarta.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Mamengko, R. P. (2011). Efektifitas Penerapan Metode Quantum Teaching dalam proses Pembelajaran keterampilan menulsi bahasa prancis. Yogyakarta: Fakultas Bahasa danSeni Universitas Yogyakarta.

News, T. E. (2017). Pengembangan Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. (K.H. W. Sakam, Interviewer)

Nugraha, I. (2022, Juli). Bocah SD di Tasikmalaya Meninggal Usai Dipaksa temang-temannya Setubuhi Kucing Sambil Direkam. Retrieved from www.kompas.com

Nurlaila. (2017). Pengelolaan pengajaran . Palembang: Amanah.

Redaksi. (2022, Desember 08). Dua tahun lebih Online learning, guru belum maksimal pakai teknologi pembelajaran: apa kendala dan solusinya? Retrieved from Readers.ID: www.Readers.id

Riwut, N. (2003). Maneser Panatau Tatu Hiang. Palangka Raya: Pusakalima.

Sakam, K. W. (2022, Desember Tuesday). Pengembangan Pembelajaran Agama islam Era Digital.

Saputra, M. A. (2017). pengaruh Minat belajar,motivasi beajar dan Lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri 1 Klaten. Yogyakarta: fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Scott w. Vanderstop and Deirde D, J. s. (2009). Research Method For everyday life: Blending Qualitative and Quantitative Approachs. San Francisco: Jossey-Bass.

Setiawan, E. (2012-2022). kamus versi online /(daring (dalam jaringan). Retrieved from www.kbbi.web.id. : www.kbbi.web.id.

Sri Sarjana dan Nur Kahayati. (2016). Pengaruh etika, Prilaku dan kepribadian terhadap integritas Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, www.Jurnaldikbud.kemdikbud.go.id. .

Sujanto, A. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, N. d. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamul Learning Center.

Zabir, a. (2018). pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Lanrisang kabupaten panriang. 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.