Ekspresi Keberagamaan dan Penguatan Literasi Beragama Muallaf di Kecamatan Mantewe Tanah Bumbu

Mahmudah Mahmudah, Tamjid Noor

Abstract


Seorang muallaf tentu pengetahuannya masih terbatas terhadap ajaran-ajaran Islam. Hal ini terkadang menimbulkan konflik batin dalam diri mereka, adaptasi diri seorang muallaf tidaklah mampu tanpa adanya dorongan dari luar dirinya sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu bimbingan dan pelajaran tentang keIslaman guna mempertebal keimanan mereka sangat diperlukan. Para muallaf harus ditopang serta diajarkan dengan menghadirkan agama Islam lewat penguatan literasi beragama. Muallaf yang ada di kecamatan mentewe kabupaten tanah bumbu merupakan salah satu lokasi yang berpenduduk para muallaf terbanyak, dari waktu ke waktu jumlah muallaf yang terus bertambah perlahan mengeser keberagamaan masyarakat setempat yang berdampak dalam setiap lini kehidupan. Hal ini merupakan situasi yang sangat riskan dimana jika tidak adanya proses pembinaan dikhawatirkan akan kembali kepada agama sebelumnya. Islam adalah agama yang kompleks, bahkan didalam satu agama ini saja terdapat banyak perbedaan. Begitu juga para muallaf yang ada di Mentewe, ekspresi keberagamaan para muallaf ini menjadikan Islam unik dengan cirinya yang selalu berbaur dengan kebudayaan setempat. Adapun tujuan riset ini adalah untuk memaparkan keadaan muallaf, memaparkan bentuk ekspresi keberagamaan muallaf, memaparkan bentuk penguatan literasi beragama muallaf dan mengetahui hambatan yang dialami muallaf di Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu berkaitan dengan ekspresi keberagamaan dan literasi beragama. Tipe riset ini memakai kualitatif lapangan (field qualitatif research) dengan latar alamiah (natural setting). Riset ini menggunakan tiga prosedur penghimpunan informasi, meliputi dokumentasi, Wawancara (indepth interview) dan observasi partisipan. Adapun tahapan dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Muallaf di Kecamatan Mantewe beribadah dengan seadanya sesuai pengetahuan minim yang didapat, ibadah sunah dijalankan dengan seadanya karena tidak ada pengetahuan, untuk memenuhi pengetahuan tentang Islam masyarakat berusaha untuk belajar ke ibukota namun masyarakat tidak mampun rutin belajar karena terhabat jarak tempuh yang jauh dan jalan rusak. Terlebih dua desa yaitu desa Gunung Raya dan desa Emil Baru, sedangkan jumlah penyuluh agama yang sedikit belum mampu memfasilitasi keperluan para muallaf di sana.

Keywords


Muallaf, Penguatan Literasi, Ekspresi Keberagamaan

Full Text:

PDF

References


A’yun, Qurrotun, and Asrul Anan. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Muallaf Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (Piti) Surabaya Jawa Timur.” Jurnal Mu’allim 1(October 2013):1–224.

Ahmad, Habibi, and Zaman Riawan. 2014. “Ekspresi Keagamaan, Dan Narasi Identitas: Studi Program Pesantren Tahfidz Intensif Daarul Quran Cipondoh Tangerang.” Jurnal Multikultural Dan Multireligius 13(2):51–69.

Ali, M. Daud. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Azizah, Rosyida Nur. 2018. “Sikap Keberagamaan Muallaf Di Kabupaten Banyumas (Studi Fenomenologi).” P. 103 in Tesis. Purwokerto: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fahrurrozi. 2015. “Ekspresi Keberagamaan Masyarakat Islam Indonesia: Mozaik.” Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama 7(1):15–34.

Fahrurrozi, D. 2014. Paradikma Dakwah Sosiologis Untuk Keberagamaan Islam Indonesia. NTB: LEPPIM IAIN Mataram.

Fitriyani, Andi. 2019. “Pendampingan Dan Pembinaan Komunitas Muallaf Melalui Pembibitan Perangkat Syara’ Di Desa Wamana Baru Kec. Fena Leisela Kab. Buru, Maluku.” Dialektika 12(1):11.

Ihsan, M. 2018. “Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 6(1):175.

Kardi, Titi. 2020. “Literasi Agama Dalam Memperkuat Pendidikan Multikulturalisme Di Perguruan Tinggi.” Islam Nusantara 04(01):81–90.

Manshur, Marsikhan. 2017. “Agama Dan Pengalaman Keberagamaan.” Jurnal Studi Islam 4(2):134.

Qardhawi, Yusuf. n.d. “Fiqh Az-Zakah.” in Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah.

Rahayu, S. Ulfa. 2019. “Muallaf Dalam Perspektif Alquran.” Al-Ijaz: Jurnal Kewahyuan Islam.

Sapendi. 2015. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” RAHEEMA: Jurnal Studi Gender Dan Anak 2(1):112.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Yunus, M. 1980. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.