Tingkat Kesukaan Nasi Goreng Beras Padi dan Nasi Goreng Beras Jagung di Lingkungan Masyarakat RW 01 Kelurahan Sekayu Kota Semarang

Sri Yulianto Fajar Pradapa, Wahyu Mafatikul Aulia, Widhian Hardiyanti, Marcelino Vocky Abhista

Abstract


Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami preferensi konsumen terhadap nasi goreng beras padi dan nasi goreng beras jagung. Dengan menggunakan metode komparasi gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini memberikan informasi yang akurat dan holistik mengenai preferensi masyarakat di RW 01 Kelurahan Sekayu Kota Semarang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan eksperimen, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan hasil yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di RW 01 Kelurahan Sekayu Kota Semarang lebih menyukai nasi goreng beras padi daripada nasi goreng beras jagung berdasarkan uji organoleptik. Meskipun penelitian ini hanya dilakukan pada satu wilayah, namun hasilnya dapat memberikan gambaran tentang preferensi konsumen di wilayah sekitarnya. Penelitian ini juga memberikan informasi penting bagi produsen makanan dalam mengembangkan produk mereka untuk memenuhi permintaan konsumen. Dalam era persaingan bisnis yang ketat, pemahaman terhadap preferensi konsumen sangatlah penting bagi keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi produsen makanan dalam membuat keputusan yang tepat dalam memproduksi makanan yang disukai oleh masyarakat.

Keywords


Nasi Goreng, Beras Padi, Beras Jagung, Uji Organoleptik

Full Text:

PDF

References


BKKBN. Waspadai Ledakan Penduduk. Jurnal Keluarga: Edisi keempat., 2018.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Petunjuk Teknis Gerakan Pengembangan Jagung Hibrida. Kementerian Jakarta, 2016.

Effendi, S. Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Makanan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Gardjito, Murdijati. Makanan Tradisional Indonesia. Seri 3. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2018.

Laksmiasri, Warastri, dan Sukamdi Sukamdi. “Keseimbangan Neraca Beras di Indonesia Tahun 2011 – 2015.” Jurnal Bumi Indonesia 6, no. 3 (2017).

Nuridayanti. Uji Toksisitas Akut Ekstrak Air Rambut Jagung (Zea mays L.) ditinjau dari Nilai LD50 dan Pengaruhnya Terhadap Fungsi Hati dan Ginjal Pada Mencit. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia, 2011.

Riyanto, Wasi, M. Ridwansyah, dan Etik Umiyati. “Permintaan Beras Di Provinsi Jambi (Penerapan Partial Adjustment Model).” Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah 1, no. 1 (17 Juli 2013). https://doi.org/10.22437/ppd.v1i1.1337.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Wongkar, Ivone Y. “Analisis Klorin Pada Beras Yang Beredar Di Pasar Kota Manado.” PHARMACON 3, no. 3 (2014). https://doi.org/10.35799/pha.3.2014.5452.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.