Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microlearning di MAN 1 Malang

Gina Putri Adilah, Fatiya Rosyida

Abstract


Model pembelajaran berbasis masalah mempunyai banyak kelabihan ialah dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa seperti memecahkan masalah, mengungkapkan pendapat, mendeteksi masalah berdasarkan sudut pandang dan sebagainya. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk siswa agar kedepannya bisa menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sekitarnya. Implementasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning diperlukan karena dapat mempermudah guru dan siswa dalam mengkomunikasikan pelaksanaan proyek dan juga merangsang kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yakni dapat memahami dampak dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Subjek penelitian menggunakan siswa XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data melakukan pretest - posttest control group design. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t - test. Hasil pengujian uji normalitas dan uji homogenitas yakni normal dan homogen. Sedangkan hasil pengujian, independent sample t - test sebesar 0,038 artinya kurang dari 0,05 maka h0 ditolak dan h1 diterima. Hasil analisis dapat dikatakan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu microlearning berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning efektif digunakan karena pada pembelajaran siswa dibimbing dalam memenuhi kebutuhan belajarnya.

Keywords


Microlearning, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Adil, & Lestari. (2021). Banjir di Kota Batu, Petaka Bencana Iklim dan Tata Ruang.

Aldosemani, T. I. (2019). Microlearning untuk hasil makro: persepsi siswa tentang telegram sebagai alat microlearning. Dalam Catatan Kuliah dalam Teknologi Pendidikan (hlm. 189–201). Penerbitan Internasional Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7361-9_13

Aryani, R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA BENDA - BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS V MIN 10 ACEH BESAR.

Damayanti, E. (2019). MODUL STATISTIK INDUKTIF UJI DEPENDENT SAMPLE T TEST ,INDEPENDENT SAMPLE T TEST, DAN UJI WILCOXON. Gerbang Penelitian, 5–6.

De Vries, P., Van den Bogaard, M., Overschie, M., De Vries, P., Van den Bogaard, M., & Overschie, M. G. F. (2018). Microlearning untuk mendukung pembelajaran otentik dalam melanjutkan pendidikan dan untuk mahasiswa teknik. Gerbang Penelitian. https://www.researchgate.net/publication/330451746

Dolasinski, MJ, & Reynolds, J. (2020). Microlearning: Model Pembelajaran Baru. Jurnal Penelitian Perhotelan dan Pariwisata, 44(3), 551–561. https://doi.org/10.1177/1096348020901579

Elis, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. CJPE: Jurnal Pendidikan Dasar Cokroaminoto, 5. https://e-journal.my.id/cjpe

Ericawati, I. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 SINGOSARI Pada Mata Pelajaran Geografi. Universitas Negeri Malang.

Ferdi, S., Gunsi, A. S., Ramda, A. H., & Gunur, B. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Matematika), 4(1), 11–20. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Fitri, AD (2016). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNIN (PBL) DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. JMJ, 4(1).

Hasanah, I. N. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Thaharah Melalui Penerapan Program 5K (Keberisihan, Keindahan, Kelengkapan, Ketertiban, dan Keamanan) di MTS Tarbiyah Banin Winong Pati. https://tafsirq.co

Mansor, A. N., Abdullah, N. O., Wahab, J. A., Rasul, MS, Nor, M. Y. M., Nor, N. M., & Raof, R. A. (2015). Mengelola pembelajaran berbasis masalah: Tantangan dan solusi untuk praktik pendidikan. Ilmu Sosial Asia, 11(4), 259–268. https://doi.org/10.5539/ass.v11n4p259

Marhamah, I., & Hajaroh, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. SPIN JURNAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA, 2(1), 68–82.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 7(1), 63. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Microlearning Tahun 2023: Penelitian, Manfaat, Praktik Terbaik. (2023). Arist.

Mutiara, E., Setiadi, D., Jamaluddin, J., & Liwa Ilhamdi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 977–981. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1334

Nasution, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MI Panyabungan.

Nisa, F., & Rhosaliana, I. A. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Novita, E. T. (2021). PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA SEKOLAH NEGERI DAN SEKOLAH SWASTA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LEMAHABANG DAN SISWA MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN, MEMBACA DAN MENULIS LANJUT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 4(2), 2021. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Putra, T., Evi Fatimah, A., & Kesumawati, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI Sma Negri 1 Stabat. Jurnal Penelitian, Pemikiran, Dan Pengabdian, 8(2).

Rifai, A., Islam, S. D., & Firdaus, A. (2020). Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. Lokakarya Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Seri Konferensi, 3(3), 2139–2144. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim.

Satria, ase. (n.d.). Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik.

Schmidt, HG (2012). Sejarah Singkat Pembelajaran Berbasis Masalah. Tautan Springer, 74(6).

Sihombing, L. N. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar.

Subaini, I. D. N. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajran Berbasis Masalah Terhadap Kemapuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Glugur Darat II, Kec. Medan Tim, 5(2), 3.

Suci Ramadani, W. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN STRUKTUR TEKS PERSUASIF DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIAK HULU.

Sugiono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Alfabeta, Vol. 28).

Suranida, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X IPS SMA NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO. Universitas Negeri Malang.

Tazkiyah, Y., & Suryapermana, N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen di SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang). Jurnal Pendidikan Agama Islam , 07(2). https://www.maxmanroe.com/vid/umum/standar-nasional-

Triyani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA NEGERI 3 SELAYAR.

Warahmah, M., Rahmawati, R., & Siahaan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Larutan Penyangga. Praktik Pendidikan Kimia, 4(1), 73. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2200

Widayati, S., & Khofifah, E. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 10(02). https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada

Wilson, Y. R., Buwono, S., Sugiarto, A. (2017). PENERAPAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PONTIANAK.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL PEMBELAJARAN: PENGARUH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika Indonesia. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gina Putri Adilah, Fatiya Rosyida

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.