Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microlearning di MAN 1 Malang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adil, & Lestari. (2021). Banjir di Kota Batu, Petaka Bencana Iklim dan Tata Ruang.
Aldosemani, T. I. (2019). Microlearning untuk hasil makro: persepsi siswa tentang telegram sebagai alat microlearning. Dalam Catatan Kuliah dalam Teknologi Pendidikan (hlm. 189–201). Penerbitan Internasional Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7361-9_13
Aryani, R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA BENDA - BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS V MIN 10 ACEH BESAR.
Damayanti, E. (2019). MODUL STATISTIK INDUKTIF UJI DEPENDENT SAMPLE T TEST ,INDEPENDENT SAMPLE T TEST, DAN UJI WILCOXON. Gerbang Penelitian, 5–6.
De Vries, P., Van den Bogaard, M., Overschie, M., De Vries, P., Van den Bogaard, M., & Overschie, M. G. F. (2018). Microlearning untuk mendukung pembelajaran otentik dalam melanjutkan pendidikan dan untuk mahasiswa teknik. Gerbang Penelitian. https://www.researchgate.net/publication/330451746
Dolasinski, MJ, & Reynolds, J. (2020). Microlearning: Model Pembelajaran Baru. Jurnal Penelitian Perhotelan dan Pariwisata, 44(3), 551–561. https://doi.org/10.1177/1096348020901579
Elis, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. CJPE: Jurnal Pendidikan Dasar Cokroaminoto, 5. https://e-journal.my.id/cjpe
Ericawati, I. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 SINGOSARI Pada Mata Pelajaran Geografi. Universitas Negeri Malang.
Ferdi, S., Gunsi, A. S., Ramda, A. H., & Gunur, B. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Matematika), 4(1), 11–20. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Fitri, AD (2016). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNIN (PBL) DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. JMJ, 4(1).
Hasanah, I. N. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Thaharah Melalui Penerapan Program 5K (Keberisihan, Keindahan, Kelengkapan, Ketertiban, dan Keamanan) di MTS Tarbiyah Banin Winong Pati. https://tafsirq.co
Mansor, A. N., Abdullah, N. O., Wahab, J. A., Rasul, MS, Nor, M. Y. M., Nor, N. M., & Raof, R. A. (2015). Mengelola pembelajaran berbasis masalah: Tantangan dan solusi untuk praktik pendidikan. Ilmu Sosial Asia, 11(4), 259–268. https://doi.org/10.5539/ass.v11n4p259
Marhamah, I., & Hajaroh, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. SPIN JURNAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA, 2(1), 68–82.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 7(1), 63. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Microlearning Tahun 2023: Penelitian, Manfaat, Praktik Terbaik. (2023). Arist.
Mutiara, E., Setiadi, D., Jamaluddin, J., & Liwa Ilhamdi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 977–981. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1334
Nasution, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MI Panyabungan.
Nisa, F., & Rhosaliana, I. A. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Novita, E. T. (2021). PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA SEKOLAH NEGERI DAN SEKOLAH SWASTA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LEMAHABANG DAN SISWA MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN, MEMBACA DAN MENULIS LANJUT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 4(2), 2021. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Putra, T., Evi Fatimah, A., & Kesumawati, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI Sma Negri 1 Stabat. Jurnal Penelitian, Pemikiran, Dan Pengabdian, 8(2).
Rifai, A., Islam, S. D., & Firdaus, A. (2020). Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. Lokakarya Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Seri Konferensi, 3(3), 2139–2144. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim.
Satria, ase. (n.d.). Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik.
Schmidt, HG (2012). Sejarah Singkat Pembelajaran Berbasis Masalah. Tautan Springer, 74(6).
Sihombing, L. N. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar.
Subaini, I. D. N. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajran Berbasis Masalah Terhadap Kemapuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Glugur Darat II, Kec. Medan Tim, 5(2), 3.
Suci Ramadani, W. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN STRUKTUR TEKS PERSUASIF DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIAK HULU.
Sugiono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Alfabeta, Vol. 28).
Suranida, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X IPS SMA NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO. Universitas Negeri Malang.
Tazkiyah, Y., & Suryapermana, N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen di SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang). Jurnal Pendidikan Agama Islam , 07(2). https://www.maxmanroe.com/vid/umum/standar-nasional-
Triyani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA NEGERI 3 SELAYAR.
Warahmah, M., Rahmawati, R., & Siahaan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Larutan Penyangga. Praktik Pendidikan Kimia, 4(1), 73. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2200
Widayati, S., & Khofifah, E. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 10(02). https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada
Wilson, Y. R., Buwono, S., Sugiarto, A. (2017). PENERAPAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PONTIANAK.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL PEMBELAJARAN: PENGARUH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika Indonesia. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Gina Putri Adilah, Fatiya Rosyida
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.