Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Membentuk Kejujuran Santri Kelas X Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Tarbiyatuna Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023

Muhammad Jumsar, Mujiburrohman Mujiburrohman, Mu’in Abdullah

Abstract


Penelitian ini mengkaji lebih mendalam tentang implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim di PPTQ Tarbiyatuna Sragen. Fokus penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengeimplementasikan pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk kejujuran santri kepada Allah SWT, Guru, Ustadz, Ustadzah, dan sesama santri di PPTQ Tarbiyatuna Sragen. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kaualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara, dan  dokumentasi. Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok, kesantrian, guru/ustadz pengajar kitab ta’lim muta’allim dan santri. Langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu dengan melakukan triangulasi dengan teori yang sudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk kejujuran santri kepada Allah SWT di PPTQ Tarbiyatuna Sragen: Santri tidak meninggalkan sholat lima waktu, bahkan dikerjakan secara berjama’ah dimasjid, sholat dhuha, sholat sunnah qobliyah ba’diyah, sholat tahajjud, membaca asmaulhusna tiap selesai sholat magrib, membaca wirid, membaca al-ma’tsurat (dzikir pagi petang), berdoa ketika hendak belajar, sabar dalam menjalani hidup yang sederhana dan penuh dengan keterbatasan, selalu di awasi dan tidak bebes seperti layaknya anak-anak diluar kawasan pesantren, bersabar ketika jauh dengan orangtua, suka-duka ditanggung bersama dipesantren. Implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk kejujuran santri kepada guru (ustadz) di PPTQ Tarbiyatuna Sragen: Santri  sopan terhadap guru (ustadznya), tidak berjalan didepannya, tidak duduk ditempat duduknya, tidak memulai pembicaraan dengannya kecuali dengan izinnya, rendah hati atau tawaddhu’, ta’at, ta’dzim kepada guru, ada juga yang bersikap kritis tapi tetap sopan. Dalam hubungannya pun mereka dapat membedakan antara guru (ustadz) dan teman. Dan mereka menjiwai serta berusaha untuk mengamalkan pesan-pesan karakter yang ada dalam kitab ta’lim mut’allim.

Keywords


Kitab Ta’lim Muta’allim, Kejujuran Santri.

Full Text:

PDF

References


Al-Muttaqin, M. “Implementasi Pembelajaran Kitab Talim Mutaallim Dalam Pembentukan Karakter Santri.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2017.

Mahyuni, S. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2022.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

Mudakir, Ali Sabana. “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Pembentukan Karakter Dan Prestasi Belajar Santri.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner 2, no. 2 (1 Desember 2017). https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.681.

Sudarto, A. Perilaku Politik Masyarakat Perkotaan dalam Menyikapi Kepemimpinan Walikota (Kasus Pro-Kontra Kelompok-Kelompok Masyarakat dan Anggota DPRD Kota Surabaya dalam Pemilihan Walikota Surabaya Periode 2000-2005 sampai dengan Pelengserannya di Tahun 2002). Doctoral Dissertation. Universitas Airlangga, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Jumsar, Mujiburrohman Mujiburrohman, Mu’in Abdullah

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.