Analisis Keterampilan Bertanya (Questoning Skill) Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA

Musfiroh Suci Masyhudah, Anatri Desstya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan a)Keterampilan bertanya guru (questioning skill), b) Kendala dan solusi yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di MI Kliwonan dengan melibatkan 1 guru dan siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis  Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Uji Keabsahan data yang digunakan yaitu Uji Kredibilitas dengan Triangulasi Teknik yaitu mengukur hasil yang diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa a)kemampuan bertanya guru kategori Baik dengan  skor 32 dari 44. Keterampilan bertanya guru dalam bertanya dasar ditandai dengan mengajukan pertanyaan secara singkat dan jelas,memberikan referensi, memusatkan pertanyaan, pemindahan pertanyaan,penyebaran pertanyan. Keterampilan bertanya lanjut ditandai dengan perubahan bimbingan tingkat kognitif, susunan pertanyaan dari pertanyaan yang rendah sampai yang tinggi,penggunaan  pertanyaan lacakan. b) kendala guru dalam menerapkan keterampilan bertanya kepada siswa, guru masih terkendala yaitu tidak memberi arahan lebih lanjut mengenai pertanyaan yang telah dibuat kepada siswa dan tidak memberi konfirmasi jawaban kepada siswa, solusinya yaitu guru mengevaluasi diri setelah selesai pembelajaran sehingga kedepannya dapat diperbaiki. Partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang,Solusinya guru bisa memberi reward kepada mereka yang berani menjawab pertanyaan maupun bertanya.dalam penelitian ini kemampuan guru dalam bertanya sudah baik. Implementasi keterampilan bertanya bisa lebih di terapkan oleh guru dalam pembelajaran sehingga interaksi dengan siswa akan lebih intens  yang pada akhirnya pemahaman materi lebih mudah.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan a)Keterampilan bertanya guru (questioning skill), b) Kendala dan solusi yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di MI Kliwonan dengan melibatkan 1 guru dan siswa kelas 5 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis  Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Uji Keabsahan data yang digunakan yaitu Uji Kredibilitas dengan Triangulasi Teknik yaitu mengukur hasil yang diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa a)kemampuan bertanya guru kategori Baik dengan  skor 32 dari 44. Keterampilan bertanya guru dalam bertanya dasar ditandai dengan mengajukan pertanyaan secara singkat dan jelas,memberikan referensi, memusatkan pertanyaan, pemindahan pertanyaan,penyebaran pertanyan. Keterampilan bertanya lanjut ditandai dengan perubahan bimbingan tingkat kognitif, susunan pertanyaan dari pertanyaan yang rendah sampai yang tinggi,penggunaan  pertanyaan lacakan. b) kendala guru dalam menerapkan keterampilan bertanya kepada siswa, guru masih terkendala yaitu tidak memberi arahan lebih lanjut mengenai pertanyaan yang telah dibuat kepada siswa dan tidak memberi konfirmasi jawaban kepada siswa, solusinya yaitu guru mengevaluasi diri setelah selesai pembelajaran sehingga kedepannya dapat diperbaiki. Partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang,Solusinya guru bisa memberi reward kepada mereka yang berani menjawab pertanyaan maupun bertanya.dalam penelitian ini kemampuan guru dalam bertanya sudah baik. Implementasi keterampilan bertanya bisa lebih di terapkan oleh guru dalam pembelajaran sehingga interaksi dengan siswa akan lebih intens  yang pada akhirnya pemahaman materi lebih mudah.

Keywords


Keterampilan Bertanya Guru, Sekolah Dasar, Pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran Biologi.” Modul, 2007, 1–30.

Annet, Namayanjana, dan Jose Naranjo. “Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 1 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato.” Applied Microbiology and Biotechnology 85, no. 1 (2014): 2071–79.

Desstya, Anatri. “Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2016): 193–200. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.1002.

Ermasari, Gandhi, I Wayan Subagia, dan Ida Bagus Nyoman Sudria. “Kemampuan Bertanya Guru Ipa Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4 (2014): 1–12.

Fabiana Meijon Fadul. “Analisis Efektivitas Keterapilan Guru Bertanya Dasar Kelas III Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan MAjalin,” 2019.

Faridah, Faridah. “Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika.” Journal of Education and Teaching 3, no. 1 (2021): 95. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.15132.

Gujarati, Domadar. “Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN NO. 64 Kota Timur Kota Gorontalo” 7, no. 64 (2010): 5–7.

Handayani. “Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Playen III.” Journal of the American Chemical Society 123, no. 10 (2013): 2176–81.

Jafar, Muh Idris, Achmad Sabir, dan Mutmainna Mutmainna. “Hubungan Keterampilan Bertanya Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2, no. 3 (2022): 427. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34907.

Kalsum, Ummi, Ika Chastanti, dan Dahrul Aman Harahap. “Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2021): 433–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921.

Lusi Susanti. “Pemberian Motivasi Belajar kepada Peserta Didik.” Jurnal PPKn & Hukum_______________________________Vol 10, no. 2 (2015): 71–83.

Nazzala, Zulfah. “Analisi Kemampuan Guru Menerapkan Pada Pembelajaran PKn KELAS IV SDN,” 2016.

Nurdiansyah, Rahmah Johar, dan Saminan. “Keterampilan Bertanya Guru SMP dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Peluang Vol.7, no. 1 (2019): 44–54.

Putri, Milennia Liza, dan Febrina Dafit. “Teacher Ability to Apply Questioning Skills in Elementary School.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 6, no. 1 (2022): 21–28.

Risovi, Z. “Keterampilan Bertanya Guru dalam Meningkatkan Aktivitas belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah At-taqwa 06 Bekasi.,” 2014.

Seco, Vinny Yuniar Ranasiwi, dan Wiputra Cendana. “Penerapan Refleksi Pribadi Untuk Membantu Guru Menjalankan Peran Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Daring.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 02 (2022): 103–16. https://doi.org/10.53977/ps.v1i02.371.

Sri Rahayu Nengsih. Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Jongaya Kota Makassar. הארץ, 2022.

Stoyan, Ronald, Stefan Binnewies, dan Susanne Friedrich. “M 98.” Atlas of the Messier Objects, 2015, 321–22. https://doi.org/10.1017/cbo9780511536502.107.

Sulistyaningrum, Rikana, Sutama Sutama, dan Anatri Desstya. “Analysing Skills of Planning, Conduct, and Assessment In Teachers During Online Mathematics Teaching.” Profesi Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2021): 63–74. https://doi.org/10.23917/ppd.v8i1.13108.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Musfiroh Suci Masyhudah, Anatri Desstya

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.