Hubungan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Terhadap Mahãrah Qirã’ah Siswa MTsN 4 HSU

Husnawati Husnawati, Muh. Haris Zubaidillah, Mardiana Mardiana, Miftahul Jannah, Nida Mauizdati

Abstract


Al-Qur’an dan mahãrah qirã’ah mempunyai keterkaitan yang  erat, karena keduanya sama-sama berbahasa Arab. Secara idealita, agar terampil dalam pembacaan Al-Qur’an tentu dimulai dari  memahami tata cara bagaimana membaca teks bahasa Arab yang dapat dipelajari pada mahãrah qirã’ah. Akan tetapi hal ini berbeda dengan realitanya, belum semua siswa mampu dalam qirã’ah teks berbahasa Arab karena kurangnya keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan dalam penelitian: Mengetahui hubungan antara keterampilan membaca Al-Qur’an terhadap mahãrah qirã’ah siswa MTsN 4 HSU. Pendekatan yang dilakukan peneliti pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik  tes, observasi dan dokumenter. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji korelasi dengan SPSS berupa uji korelasi Pearson (Pearson correlation). Sampel di dalam penelitian berjumlah 51 siswa dari kelas VII atau 72 % dari jumlah populasi. Berdasarkan hasil  analisis yang dilakukan, diperoleh adanya hubungan keterampilan membaca Al-Qur’an terhadap mahãrah qirã’ah dengan nilai hubungan yang positif dan interpretasi rxy = 0,834 berkisar antara 0,81-1,00 dengan kontribusi sebesar 70 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa adanya hubungan antara Keterampilan membaca Al-Qur’an dengan mahãrah qirã’ah siswa MTsN 4 HSU. Hal ini berarti semakin baik atau tingginya keterampilan membaca Al-Qur’an maka hal itu akan berhubungan atau berkaitan dengan mahãrah qirã’ah.


Keywords


Hubungan, membaca.Al-Qur’an, mahãrah qirã’ah

Full Text:

PDF

References


Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Al-Kautsar, 2018.

Fauziah, Reni, Mahyudin Ritonga, dan Fitri Alrasi. “Korelasi Tsiqah Tahfidz Al-Qur’an Dengan Maharah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’Had Az-Zubair Bin Al-Awwam.” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 25–36.

Hamdani, Muhamad. “Penerapan metode membaca Alquran pada TPA di kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode iqra dan metode tilawati).” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 2018.

Hijriyah, Umi, Juhaeti Yusuf, dan Iin Novika Aryanti. “Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab.” Lughotuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 01 (2020): 35–52.

Joni, Rama, Abdul Rahman, dan Eka Yanuarti. “Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 3 (2020): 59–74.

Junaidi, Junaidi, dan Baiq Mulianah. “Pengaruh Kefasihan Membaca Al-Qur’an Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bidang Studi Bahasa Arab.” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 19, no. 2 (2020): 199–215.

Mukhzarudfa, H. “Metode Riset Akuntansi,” t.t.

Murzani, Edy. “Implementasi Strategi Pembelajaran Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Samarinda 2018.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 2018.

Nidhom, Khoirun. “Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’ani.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2021): 83–102.

Rappe, Rappe. “Kemahiran Membaca Bahasa Arab Tingkat Mutaqaddimin Serta Metode Dan Strategi Pembelajarannya.” Shaut al Arabiyyah 8, no. 2 (2020): 131–41.

Rathomi, Ahmad. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 558–65.

Rosita, Martiya. “Korelasi Pembelajaran Tahsin Al-Quran Terhadap Kemampuan Qira’ah Siswa Kelas Xi Ipa 2 Di Sma Islam Al-Falahkota Jambi.” Jurnal Korelasi Pembelajaran Tahsin Al-Quran Terhadap Kemampuan Qira’ah Siswa Kelas XI IPA 2 di SMA Islam Al-Falahkota Jambi, t.t.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alpabeta, 2018.

Yulianti, Lilis. “Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs Nurul Qodiri Tiga Gayau Sakti Lampung Tengah,” 2018.

Zubaidillah, Muh Haris. “Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Dengan Prestasi Hafalan Alquran Siswa.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2018): 19–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Husnawati Husnawati, Muh. Haris Zubaidillah, Mardiana Mardiana, Miftahul Jannah, Nida Mauizdati

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.