Analisis Kompetensi 4C pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 "Indahnya Kebersamaan" Revisi 2017

Febrianti Nurul Hidayah, Muhroji Muhroji

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan pada jenjang sekolah dasar harus mengutamakan kompetensi 4C. Buku guru dan buku siswa merupakan buku teks pegangan yang wajib digunakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kompetensi 4C pada buku siswa kelas IV pada Tema 1 “Indahnya  Kebersamaan”. Penerapan kompetensi 4C dalam pembelajaran bagi siswa merupakan upaya yang bagus, namun terdapat beberapa kompetensi yang belum di hadirkan dalam buku siswa  namun tercantum dalam buku guru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. desain diskriptif pada penelitian tersebut dipilih untuk memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan dengan mengumpulkan literatur dan analisis buku teks yang dianggap relevan. Hasil dari analisis buku teks tersebut ialan penerapan kompetensi 4C dalam pembelajaran bagi siswa merupakan upaya yang bagus untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan penyelesaiian masalah atau yang sering disebut dengan Problem Solving. Namun, kompetensi 4C dalam nuku guru dan siswa  pada tema 1 “Indahnya Kebersamaan” kelas IV dapat disimpulkan bahwa kesesuaian kompetensi 4C pada kedua buku tersebut kurang lebih hampir sama, tetapi juga terdapat beberapa kompetensi yang belum di hadirkan dalam buku siswa, karena di dalam buku guru hanya di tuliskan “Contoh yang akan di sampaikan guru” dan tidak mungkin semua guru akan     mempraktikkan pembelajaran sama seperti yang terdapat pada buku.



Keywords


4C competencies, teachers, students

Full Text:

PDF

References


Arnyana, Ida Bagus Putu. “Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21.” Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 1, no. 1 (30 November 2019).

Hasnunidah, N. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Malik, Muh Syauqi. “Analisis Materi Pokok SBDP MI/SD Kurikulum 2013 Abad 21.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8, no. 1 (20 Mei 2020). https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6727.

Mizaniya, Mizaniya. “Analisis Materi Pokok Matematika MI/SD.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7, no. 1 (29 Juni 2020). https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020.

Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Novianto, Anwar, dan Ali Mustadi. “Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, Dan Authentic Assessment Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 45, no. 1 (11 Juni 2015). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181.

Nurjaya, I. G., I. N. Sudiana, dan I. N. Yasa. “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi 4C pada Guru-Guru di Sekolah Dasar Nomor 1 Desa Kapal.” Dalam Proceeding Senadimas Undiksha, 1343, 2020.

Partono, Partono, Hesti Nila Wardhani, Nuri Indah Setyowati, Annuriana Tsalitsa, dan Siti Nurrahayu Putri. “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14, no. 1 (26 April 2021). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810.

Sidiq, Umar. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Disunting oleh Anwar Mujahidin. Ponorogo: Nata Karya, 2019. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/.

Susanti, Deti, dan Risnanosanti Risnanosanti. “Pengembangan Buku Ajar Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creative, Collaborative, Communicative) Melalui Model PBL Pada Pembelajaran Biologi Di SMP 5 Seluma.” Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship 1, no. 1 (14 Oktober 2019). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/257.

Ulumudin, Ikhya, Asma Aisha, dan Ferdi Widiputera. “The Implementation of Knowledge Assessment In Curriculum 2013 in Elementary Schools.” Technium Social Sciences Journal 7 (5 Mei 2020). https://doi.org/10.47577/tssj.v7i1.442.

Warti, E. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar PAI Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Disertasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2013.

Wijaya, I. Komang Wisnu Budi. “Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana.” Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 7, no. 1 (11 Mei 2020). https://doi.org/10.25078/gw.v7i1.1263.

Yusliani, Erlina, Hanana Laila Burhan, dan Nurul Zakiatin Nafsih. “Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1.” JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP) 3, no. 2 (29 November 2019). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/392.

Zubaidah, Siti, Jurusan Universitas, dan Negeri Malang. “Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Vol. 13, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Febrianti Nurul Hidayah, Muhroji Muhroji

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.