Pengaruh Media Kado Sipecah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan di Kelas 4

Mutiara Dwi Nawangwulan, Maulana Maulana, Isrok'atun Isrok'atun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh KADO SIPECAH dalam meningkatkan kemampuan konsep pecahan peserta didik di kelas 4. Data ini diperoleh dari 48 peserta didik kelas 4 di SDN Malaka Jaya 11. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi Experiment, tepatnya nonequivalent control group design. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan membentuk dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang akan melakukan pretest, pembelajaran yang diberikan perlakuan (treatment) dengan penggunaan media KADO SIPECAH dan postest. Kelas Kontrol merupakan kelas yang akan melakukan  pretest, pembelajaran secara konvensional dan postest. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan peserta didik dalam permaianan KADO SIPECAH, peserta didik akan diminta untuk membentuk kelompok bermain. Peserta didik menyepakati aturan permainan dan melakukan permainan sesuai dengan pecahan yang senilai.  Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa KADO SIPECAH merupakan media pembelajaran yang menarik, interkatif dan memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep pecahan.

 


Keywords


KADO SIPECAH, Konsep, Pecahan, Interaktif

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aprilianti, Dwi Arum, Muzani Muzani, dan Asma Irma Setianingsih. “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa.” TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial 2, no. 02 (16 September 2023). https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.25299.

Ekayani, Putu. “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 16 Maret 2017.

Fuadiah, Nyiayu Fahriza. “Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 7, no. 2 (2016).

Hendriyani, Mila. “Alam adalah Sekolah dan Bermain adalah Proses Belajar.” JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, no. 1 (13 Maret 2016). https://doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.668.

Marian, Fungky, dan Medi Yansyah. “Pengaruh Penerapan Permainan Domino terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” JIPMat 6, no. 1 (18 Mei 2021). https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8173.

Muryaningsih, Sri, dan Sony Irianto. “Math Games Domino Effect on the Results of Learning Math Fractions in Class IV SD Negeri 1 Kalikabong.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no. 2 (2015). https://doi.org/10.30595/dinamika.v7i2.930.

Novitasari, Dian. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2, no. 2 (30 Desember 2016). https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Pramudya, Lucia Nanda, Mohammad Edy Nurtamam, dan Andika Adinanda Siswoyo. “Pengaruh Metode Permainan Berdasarkan Teori Diesnes Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Grabagan Sidoarjo,” 28 Juli 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/kevwc.

Riyanti, R., S. Sutama, dan M. Maryadi. “Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta.” Jurnal VARIDIKA 29, no. 1 (30 Agustus 2017). https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5150.

Samura, Asri Ode. “Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya.” Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2015). https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145.

Suciati, Indah. “Penggunaan Metode Permainan ‘UNO Matematika’ pada Materi Bilangan Pecahan.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2020).

Uliyah, Asnul, dan Zakiyah Isnawati. “Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut al Arabiyyah 7, no. 1 (27 Juni 2019). https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375.

Wahyuning, Sri. Dasar-Dasar Statistik. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 2021. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/241.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutiara Dwi Nawangwulan, Maulana Maulana, Isrok'atun Isrok'atun

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.