PENDIDIKAN IBADAH AKHLAK MELALUI QIRO’AH KITAB TURATS DENGAN METODE KLASIK DAN I’RAB

Erna Herawati

Abstract


Salah satu  cara yang dilakukan oleh orang tua untuk membentuk lingkungan yang baik dan pergaulan yang baik untuk anak adalah menyekolahkannya di pesantren karena pesantren dianggap mampu secara optimal membantu peran orang tua dalam mendidik anak terutama dalam pendidikan ibadah dan akhlak. Pembiasaan ibadah dan akhlak anak dapat dilakukan dengan penanaman nilai-nilai fitrah manusia yang direfleksikan pada suri teladan nabi Muhammad SAW berdasarkan Al Qur’an yang termuat dan dijelaskan secara mendalam melalui kitab turats. Kitab Turats  menjadi materi ajar dan kurikulum pada pesantren. Penelitian ini akan mendeskripsikan pendidikan ibadah dan akhlak melalui Qiro’ah  kitab turats dengan metode klasik dan i’rab di Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono Malang tahun akademik 2018-2020. Peneliti melakukan observasi langsung dan menjelaskan data dengan kualitatif deskriptif terhadap 3 pendidik yang mengajar dengan pembacaan kitab kuning. Hasil Penelitian adalah tidak kurang dari 20 kitab kuning bidang studi tauhid, akhlak, fiqh (ibadah), ushul fiqh, tajwid, dan bahasa Arab dengan pola metode klasik yaitu penentuan mawad, qiro’a dan tarjamah, serta syarh, Juga pola metode i’rab yaitu penentuan mawad, i’rob, qiro’ah, tarjamah dan syarh. Syarh pendidik tentang kandungan kitab turats menjadi income pengetahuan anak dalam pelaksanaan ibadah dan pembiasaan akhlak, tentu disertai pendampingan penuh  kasih sayang dan  keteladanan, optimalisasi kegiatan ibadah wajib dan sunah dengan salat wajib berjama’ah dan salat sunat berjama’ah (rawatib, tahajud, witir, dan dhuha), pembelajaran al-Quran dan hadis, evaluasi dan monotoring kognitif dan afektif anak, serta pembiasaan bersosialisasi dengan masyarakat

Keywords


ibadah dan akhlak, qiro’ah kitab turats, metode klasik, metode i’rab

Full Text:

PDF

References


Amrizal. Eksistensi Tradisi Kajian Kitab Kuning Dalam Lingkup Perubahan Sosial (Studi Kasus Di Pesantren Darun Nahdhah, Darel Hikmah, Dan Babussalam). Jurnal Sosial Budaya 13, no. 1 (2016)

Ardani, Moh. Fikih Ibadah Praktis. Jakarta: Mitra Cahaya Utama, 2008

Baihaqi, Abu Bakar Ahmad. Al-Sunan Al-Kubra. Beirut: Al-Kutub Al-Ilmiah, 2010

Departemen Agama RI. Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003

Deviana, Ade Destri, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. Thinking-Based Learning Strategy of Ulumul Hadith for Students of Arabic Language Department of State Islamic Institute (ar). Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 7, no. 2 (2019). DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v7i2.1560

Fithriah, Nor, Kepemimpinan Pendidikan Pesantren (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, dan Kombinasi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 12, no. 1 (2018). DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.17

Hidayat, Syamsul, and Amien Ashiddiqi. Metode I ‘rāb Al- Qur’an Dan Konvensional Sebagai Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Arab Di Ponpes Al Madinah Boyolali. Profetika Jurnal Studi Islam 19, no. 2 (2019). DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8119

Idi, Abdullah Dan Safarina. Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015

Ma’ruf. Pendidikan Islam Berbasis Kasih Sayang. Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak IV, no. 2 (2017)

Miles, Matthew B. Dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992

Muqoyyidin, Andik Wahyu. Kitab Kuning dan Tradisi Riset Pesantren di Nusantara. Ibda: Jurnal Kebudayaan 12, no. 2 (2014)

Suriyani. Perspektif Perilaku Menyimpang Remaja: Studi Berbagai Masalah Sosial. Sulesana 8, no. 1 (2013)

Tim Penyusun. Kurikulum Madrasah Diniyyah Nurul Huda. Mergoso Malang, 2018

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi. Yokyakarta: Lkis, 2010

Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti (Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platfrom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v14i1.312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.