Perjalanan Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filosofis Ki Hajar Dewantara

Anisa Sofiana Perdani, Hasan Busri, Akhmad Tabrani

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi perjalanan pendidikan di Indonesia dengan fokus pada perspektif filosofis Ki Hajar Dewantara, seorang pelopor pendidikan nasional yang memperkenalkan konsep "Taman Siswa" dan prinsip "Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani." Melalui pendekatan filosofis, penelitian ini menganalisis kontribusi Ki Hajar Dewantara terhadap pembentukan identitas pendidikan di Indonesia, dampaknya terhadap metode pembelajaran, dan relevansinya dengan perkembangan pendidikan saat ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang nilai-nilai filosofis dalam konteks pendidikan Indonesia, memberikan pandangan yang lebih komprehensif terhadap perkembangan sistem pendidikan, dan membuka ruang diskusi untuk memperkaya perdebatan tentang arah pendidikan di masa depan.


Keywords


Pendidikan di Indonesia, Filosofis Ki Hajar Dewantara, Taman Siswa

Full Text:

PDF

References


Efendi, Pitri Maharani, Tatang Muhtar, dan Yusuf Tri Herlambang. “Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (15 Juni 2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487.

Hakim, Arif Rohman, Akhmad Syafi’i, dan Eva Fauzia. “Building Bridges of Tolerance Through Multicultural Education in Junior High Schools.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 14, no. 2 (2022): 1061–72.

Hakim, Lukman. “Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016).

Noventari, Widya. “Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 15, no. 1 (1 Juni 2020). https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902.

Nurhalita, Nora, dan Hudaidah Hudaidah. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 2 (23 Maret 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299.

Sugiarta, I Made, Ida Bagus Putu Mardana, dan Agus Adiarta. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 3 (2019): 124–36.

Tarigan, Mardinal, Alvindi Alvindi, Arya Wiranda, Syahwan Hamdany, dan Pardamean Pardamean. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Perkembangan Pendidikan Di Indonesia.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (4 Maret 2022). https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922.

Wiryopranoto, Suhartono, Nina Herlina, Djoko Marihandono, dan Yudha B. Tangkilisan. Ki Hajar Dewantara: pemikiran dan perjuangannya. Disunting oleh Djoko Marihandono. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anisa Sofiana Perdani, Hasan Busri, Akhmad Tabrani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.