Analisis Penerapan Reformasi Birokrasi dalam Penguatan Sistem Pelayanan Sipil di Tiongkok

Muhammad Munasir Billah, Asep Sumaryana, Dedi Sukarno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses reformasi pegawai negeri di suatu negara. Hal ini akan dicapai dengan mengidentifikasi elemen-elemen kunci yang mempengaruhi transformasi dan pengembangan sistem pelayanan sipil di suatu negara. Pendekatan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang melibatkan kombinasi penelitian kepustakaan dan penilaian data sekunder sebagai strategi pengumpulan data. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan Tiongkok dalam merestrukturisasi sistem kepegawaiannya mungkin disebabkan oleh empat faktor utama: politik, hukum, birokrasi, dan ekonomi. Pelajaran penting dapat dipetik dari berbagai faktor. Faktor politik, misalnya, mencakup komitmen, konsistensi, dan kapasitas kepemimpinan. Faktor hukum melibatkan penetapan aturan, memberikan pengawasan, dan memastikan stabilitas. Faktor birokrasi meliputi profesionalisme, penerapan sistem berbasis prestasi, dan peningkatan kesejahteraan. Terakhir, faktor ekonomi mencakup pemilihan kebijakan pragmatis dan mendorong pembangunan ekonomi untuk meningkatkan minat investasi dalam negeri.

Keywords


Reformasi Birokrasi; Sistem Pelayanan Sipil; Birokrasi Tiongkok

Full Text:

PDF

References


Berman, Evan. Public Administration in East Asia: Mainland China, Japan, South Korea, Taiwan. Disunting oleh Evan M. Berman. 1st ed. London: Routledge, 2017.

Choi, Franky K.H. “How to Establish a Good Government? Lessons from Lee Kuan Yew in Singapore and Deng Xiaoping in China.” Public Administration and Policy 21, no. 2 (30 November 2018): 107–19. https://doi.org/10.1108/PAP-10-2018-007.

Chow, Gregory C. Memahami Dahsyatnya Ekonomi China. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Solo: Pustaka Mandiri, 2014.

Cipto, Bambang. “Strategi China Merebut Status Super Power.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Creswell, John W. “Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed,” 2017.

Djam’an, Satori, dan Komariah Aan. “Metodologi penelitian kualitatif.” Bandung: alfabeta 28 (2010).

Irawan, Prasetya. “Penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk ilmu-ilmu sosial.” Jakarta: Dia Fisip UI, 2006.

Jing, Yijia. “History and context of public administration in Mainland China.” Dalam Public Administration in East Asia, 33–54. Routledge, 2017.

Jing, Yijia, dan Qianwei Zhu. “Civil Service Reform in China: An Unfinished Task of Value Balancing.” Review of Public Personnel Administration 32, no. 2 (Juni 2012): 134–48. https://doi.org/10.1177/0734371X12438243.

Kaufmann, Daniel, Aart Kraay, dan Massimo Mastruzzi. “Governance matters III: Governance indicators for 1996-2002.” World bank policy research working paper, no. 3106 (2003).

———. Worldwide governance indicators. World Bank Group, 2010. https://ssrn.com/abstract=405841.

Liou, Kuotsai Tom, Lan Xue, dan Keyong Dong. “China’s Administration and Civil Service Reform: An Introduction.” Review of Public Personnel Administration 32, no. 2 (Juni 2012): 108–14. https://doi.org/10.1177/0734371X12438241.

Quibria, MG. “Governance in developing Asia concepts measurements determinants and a paradox.” Governance in Developing Asia: Public Service Delivery and Empowerment 17 (2015).

Xiaolong, Tian, dan Tom Christensen. “Beyond NPM to Post-NPM? A Study of China’s Government Reforms Over the Past 40 Years.” The American Review of Public Administration 49, no. 7 (Oktober 2019): 855–65. https://doi.org/10.1177/0275074019849122.

Zhang, Mengzhong, dan Wei Zhou. “Civil service reforms in Mainland China.” Dalam Public administration in East Asia, 145–64. Routledge, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Munasir Billah, Asep Sumaryana, Dedi Sukarno

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.