Studi tentang Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking Livin by Mandiri pada PT. Bank Mandiri Area Semarang Pahlawan

Fatimah Tsaralya Asegaf, Farida Indriani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi keputusan nasabah dalam menggunakan mobile banking Livin by Mandiri. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara kepada informan. Hasil wawancara terhadap keenam narasumber, yaitu wawancara Attitude Towards Behaviour nasabah yang menggunakan Livin By Mandiri merasakan kenyamanan dan tidak ada keluhan. Hasil wawancara Subjective Norm nasabah menyatakan faktor lingkungan dan keluarga juga menjadi salah satu keputusan nasabah dalam menggunakan Livin By Mandiri. Lalu nasabah yang sudah mempunyai aplikasi Livin by Mandiri tetapi tidak aktif dalam penggunaanya dikarenakan aplikasi sering error dan memakan memori yang cukup besar. Bagi non nasabah Livin By Mandiri merasa belum ada kebutuhan sehingga belum memutuskan untuk menggunakan Livin By Mandiri.


Keywords


Purposive Sampling, Attitude Towards Behaviour, Subjective Norm

Full Text:

PDF

References


Amijaya, G. R. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking.” Interfaces 30 (2000).

Hong Kong Polytechnic University, Aris Y. C. Lam, Mei Mei Lau, Hong Kong Polytechnic University, Ronnie Cheung, dan University of South Australia. “Modelling the Relationship among Green Perceived Value, Green Trust, Satisfaction, and Repurchase Intention of Green Products.” Contemporary Management Research 12, no. 1 (31 Maret 2016). https://doi.org/10.7903/cmr.13842.

O’Loughlin, Deirdre, dan Isabelle Szmigin. “Customer Perspectives on the Role and Importance of Branding in Irish Retail Financial Services.” Disunting oleh Spiros Gounaris. International Journal of Bank Marketing 23, no. 1 (1 Januari 2005). https://doi.org/10.1108/02652320510577348.

Parasuraman, A., Leonard L. Berry, dan Valarie A. Zeithaml. “Understanding Customer Expectations of Service.” MIT Sloan Management Review, 15 April 1991.

Pinar, Musa, Tulay Girard, dan Zeliha Eser. “Consumer‐based Brand Equity in Banking Industry: A Comparison of Local and Global Banks in Turkey.” International Journal of Bank Marketing 30, no. 5 (20 Juli 2012). https://doi.org/10.1108/02652321211247417.

Safeena, Rahmath. “Customer’s Adoption of Mobile-Commerce A Study on Emerging Economy.” International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 2011. https://doi.org/10.7763/IJEEEE.2011.V1.36.

Triandewi, Ervina, dan Fandy Tjiptono. “Consumer Intention to Buy Original Brands versus Counterfeits.” International Journal of Marketing Studies 5, no. 2 (28 Februari 2013). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n2p23.

Yeşildağ, Eser. “Chapter 13 Factors Affecting Internet Banking Preferences and Their Relation to Demographic Characteristics.” Dalam Contemporary Studies in Economic and Financial Analysis, disunting oleh Simon Grima, Ercan Özen, Hakan Boz, Jonathan Spiteri, dan Eleftherios Thalassinos, Vol. 101. Emerald Publishing Limited, 2019. https://doi.org/10.1108/S1569-375920190000101013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatimah Tsaralya Asegaf, Farida Indriani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.