Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Mujiyanto Mujiyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pemberlakuan Kurikulum Meredeka, tetapi belum semua guru siap untuk mengimplementasikan di kelas, baik dari kesiapan dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Pembelajaran, maupun Modul Ajar dan praktik pembelajaran di kelas sesuai standar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kesiapan guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kaloran dalam menyusun perangkat pembelajaran dan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian di Kecamatan Kaloran dengan sampel penelitian sebanyak  enam guru dan 1 pengawas TK/SD dengan teknik pengumpulan data melalui ofservasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Temanggung dalam menyusun Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar sebagian besar masih mengalami kebingungan yang disebabkan karena perubahan dari kurikulum tiga belas yang masih harus menyesuaikan. Kemampuan guru Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Temanggung dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di Kelas sebagian besar informan sudah memahmi dan dapat mengimplementasikan meskipun masih harus persiapan lebih banyak waktu dan peserta didik harus lebih banyak ativitasnya. Tetapi masih ada sebagian guru terutama guru yang memasuki usia lanjut dan gagap teknologi masih mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan kurikulum merdeka.

Keywords


Implementasi, Guru Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Asmarawati, Endah. “Implementation Of The Independent Curriculum In Mathematics Learning For Class X Vocational School In The Administrative City Of East Jakarta.” International Journal of Educational Research & Social Sciences 3, no. 5 (18 Oktober 2022). https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.487.

Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan, dan Kemendikbudristek RI. “Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D,” 2022.

Halitopo, Manase. “Implementasi Merdeka Belajar dalam Buku Teks Bahasa Inggris untuk SMK” 1, no. 1 (17 Maret 2020).

Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, dan Hendro Widodo. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Leny, Lince. “Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 1, no. 1 (2022): 38–49.

Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5, no. 2 (24 Agustus 2022). https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Keputusan Mendikbudristek No.56/M/2022),” 2022.

Qolbiyah, Aini. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no. 1 (12 September 2022). https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.15.

Sadtyadi, Hesti. “Evaluasi Reflektif Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme) Dalam Pendidikan Agama Buddha Tingkat Sekolah Dasar.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12, no. 2 (2019): 371–94. https://doi.org/10.18326/infsl3.v12i2.371-394.

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, dan Tracey Yani Harjatanaya. “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” 2022.

Widodo, Sugeng. “Implementasi Merdeka Belajar di Era New Normal secara Daring dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK Ma’arif 2 Gombong.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (22 Agustus 2021).

Wijaya, Krishnanda, dan Mukti. Wacana Buddha-Dharma. Cetakan Ke. Jakarta Barat: Yayasan Karaniya, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mujiyanto Mujiyanto

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.