Implementasi Metode Prototype dalam Pengembangan Aplikasi Wondama-Tourism Berbasis Android

Elfan Ulil Albab, Christian Dwi Suhendra, Lion Ferdinand Marini

Abstract


Kabupaten Teluk Wondama mempunyai potensi wisata yang luas mulai dari wisata budaya, religi dan alam. Setiap tahunnya Kabupaten Teluk Wondama menerima wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara untuk mengunjungi tujuan wisata baik budaya, alam, maupun religi. Selain itu dinas pariwisata Kabupaten Teluk Wondama juga sering mengadakan festival diantaranya adalah festival pulau Roon. Pengelolaan manajemen pariwisata yang dilakukan dengan cara biasa atau belum terdigitalisasi membuat potensi-potensi wisata tersebut kurang banyak menarik minat wisatawan, dan promosi destinasi wisata cenderung terbatas. Aplikasi Wondama-Tourism dibangun menggunakan metode prototyping. Terdapat 5 tahapan pada metode prototyping yang terdiri dari analisis kebutuhan, konstruksi prototyping, evaluasi prototyping, pengkodean, pengujian, evaluasi, dan penggunaan sistem. Penelitian ini menghasilkan 2 Mockup. Kedua Mockup ini menjadi langkah awal dalam memperbaiki infrastruktur pariwisata kabupaten Teluk Wondama hingga memenuhi kebutuhan fungsional dinas pariwisata kabupaten Teluk Wondama. Proses pengujian menggunakan Blackbox testing terdapat ada 26 fitur yang di uji. Selain validasi fungsionalitas, Pengujian juga memeriksa sejauh mana fitur dapat beroperasi sesuai dengan kebutuhan dinas pariwisata Kabupaten Teluk Wondama. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa semua fitur yang di uji dapat berjalan dengan baik.


Keywords


Android, Teluk Wondama, Wireframe, Prototype, Prototyping

Full Text:

PDF

References


Aldo, D., W. L. Army, W. J. Lestari, A. H. Saputra, dan Z. Munir, “Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Industri Pariwisata Kota Batam Menerapkan User Centered Design Berbasis Website,” vol. 6, no. April, pp. 898–906, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3849.

Al ’Arifah, Difla Mazidah, Adhe Nuzula Ramadlana, Denis Oktawandira, M. Aldi Yudhi Pradana, Agung Irman Syaifudin, dan Dasril Aldo. “Aplikasi Informasi Objek Wisata Di Purwokerto Berbasis Multimedia Interaktif.” JURSIMA 10, no. 1 (10 Maret 2022). https://doi.org/10.47024/js.v10i1.360.

Andika, Awan Pijar, dan Eko Sediyono. “Perancangan Sistem Informasi Servis Di Toko Oz Computer Salatiga Menggunakan Metode Prototype Berbasis Web.” J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika) 7, no. 1 (31 Maret 2023). https://doi.org/10.30645/j-sakti.v7i1.569.

Bacsafra, M. A. dan D. M. Kusumawardani, “Pengembangan Sistem Informasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan Berbasis Android Dengan Metode Prototype,” vol. 6, pp. 379–390, 2022.

Buditiawan, K., “KABUPATEN JEMBER Indonesia negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi sumberdaya alam yang sangat melimpah , termasuk keindahan Potensi wisata tersebut dapat dikembangkan menjadi penyu,” vol. 15, pp. 37–50, 2020.

Dengo, M. F., R. H. Dai, L. N. Amali, dan T. Abdillah, “Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Android,” vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i2.15351.

Fathoni, M. Y., R. F. Waliulu, A. Susanto, dan M. Nishom, “Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Client Server Pada Kedai WKWK Kota Purwokerto Menggunakan Metode Prototype,” vol. 7, no. 1, pp. 49–54, 2022.

Halim, A., D. Siregar, “PENGEMBANGAN APLIKASI WISATA BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN MANDAILING NATAL MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE,” pp. 121–127, 2020.

Irawan, B. dan P. Rosyani, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Berbasis Android,” vol. 2, no. 8, pp. 521–526, 2022, doi: 10.47065/tin.v2i8.1187.

Kunci, K., “Informasi, Multimedia, Interaktif, Purwokerto, Wisata .,” vol. 10, no. 1, 2022.

Kurniawan, A., M. Chabibi, dan R. S. Dewi, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web Dengan Metode Prototyping Pada Desa Leran,” vol. 7, no. 1, pp. 114–121, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1863.

Marini, L. F. and C. D. Suhendra, “Penggunaan Algoritma K-Means Pada Aplikasi Pemetaaan Klaster Daerah Pariwisata,” J. Media Inform. Budidarma , vol. 7, no. 2, pp. 707–713, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i2.5558.

Muhyidin, M. A., M. A. Sulhan, A. Sevtiana, U. Catur, I. Cendekia, dan K. Cirebon, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA,” vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020.

Musdar, I. A., H. Arfandy, dan B. Mappakasunggu, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PARIWISATA SULAWESI SELATAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE,” vol. 3, no. 1, pp. 71–77, 2020.

Mz, M. H., A. Choiron, R. Nur, dan T. Shanty, “Aplikasi Rekomendasi Spot Area Wisata Berbasis Android dengan Teknik Geotag,” vol. 2, no. 1, pp. 6–11, 2017.

Parenreng, J. M., “Pengembangan Aplikasi Pariwisata Sulawesi Barat Berbasis Android,” vol. 01, no. May, pp. 48–56, 2020.

Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th Edition. New York., 2010.

Putra, W., N. K. Sukerti, dan R. Hadi, “Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Blackbox Testing,” vol. 2, no. 02, 2020.

Supiyandi, S., C. Rizal, dan B. Fachri, “Implementasi Model Prototyping Dalam Perancangan Sistem Informasi Desa,” Resolusi Rekayasa Tek. …, vol. 3, no. 3, pp. 211–216, 2022, [Online]. Available: http://djournals.com/resolusi/article/view/611%0Ahttps://djournals.com/resolusi/article/download/611/396

Suryani, A. I., “Strategi pengembangan pariwisata lokal,” 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elfan Ulil Albab, Christian Dwi Suhendra, Lion Ferdinand Marini

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.