Kontribusi Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora dalam Pengembangan Kajian Al-Qur’an dan Tafsir di Indonesia

Saifuddin Saifuddin, Dzikri Nirwana

Abstract


Studi al-Qur’an dan tafsir dalam khazanah intelektual Islam tidak pernah mendeg, tetapi terus berkembang secara dinamis seiring dengan perkembangan sosial budaya dan peradaban manusia. Pada periode modern-kontemporer, kajian al-Qur’an dan tafsir di Indonesia juga mengalami perkembangan yang dimanis, yang ditandai dengan munculnya berbagai tren penafsiran al-Qur’an, seperti tafsir yang bercorak sastra budaya dan kemasyarakatan (al-adabî al-ijtimȃ’î), tafsir ilmi (saintifik), tafsir tematik (maudhû’î), tafsir kontekstual, tafsir feminis, dan sebagainya. Artikel ini membahas tentang tren-tren baru kajian al-Qur’an dan tafsir di Indonesia dengan lebih menitikberatkan pada kontribusi ilmu-imu sosial dan humaniora. Kehadiran ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang mulai berkembang sekitar abad XVIII dan XIX turut mempengaruhi perkembangan kajian al-Qur’an dan tafsir di Indonesia. Dalam studi ini ditelusuri pemikiran dua belas sarjana muslim Indonesia di bidang kajian al-Qur’an dan tafsir. Mereka pada umumnya telah menggunakan berbagai ragam pendekatan ilmu-ilmu sosial dan humaniora dalam kajian al-Qur’an dan tafsir dengan memanfaatkan berbagai macam disiplin ilmu, seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, psikologi, ilmu politik, ilmu sejarah, filsafat, semantik, semiotika, dan hermeneutika.


Keywords


Kajian al-Qur’an, tafsir; ilmu-ilmu sosial; humaniora

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. “Kata Pengantar”, dalam Sahiron Syamsuddin et al., Hermeneutika al-Qur’an Mazhab Yogya. Yogyakarta: Penerbit Islamika, 2003.

Abdurrahman, Moeslim. Islam Sebagai Kritik Sosial. Jakarta: Erlangga, 2003.

_____. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995.

______. “Tauhid Sosial: Perlu Tafsir Transformatif (?)”. Media Inovasi, No. 1, Th. VII, 1996.

Ali, Mukti. “Penelitian Agama: Suatu Pembahasan tentang Metode dan Sistem”, dalam dalam M. Amin Abdullah et al. Metodologi Islamic Studies Mazhab Yogyakarta. Yogyakarta: Suka Press, 2007.

Anwar, Wan. Kuntowijoyo: Karya dan Dunianya. Jakarta: Grasindo, 2007.

Asa, Syu’bah. Dalam Cahaya al-Qur’an: Tafsir Ayat-ayat Sosial Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Ghafur, Waryono Abdul. “Metodologi Penelitian Kualitatif al-Qur’an dan Tafsir”, dalam Sahiron Syamsuddin et al. Hermeneutika al-Qur’an Mazhab Yogya. Yogyakarta: Penerbit Islamika, 2003.

Ghazali, Abdul Moqsith. “Menuju Tafsir al-Qur’an yang Membebaskan”, Tashwirul Afkar, Edisi No. 18, Tahun 2004.

Gusmian, Islah. “Tafsir al-Qur’an dan Kritik Sosial: Syu’bah Asa dalam Dinamika Tafsir al-Qur’an di Indonesia”. Maghza, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2016.

Hanafi, Hassan. Filsafat Islam I: Pembacaan atas Tradisi Islam Kontemporer, terj. Miftah Faqih. Yogyakarta: LKiS, 2015.

Hidayat, Komaruddin. “Pengantar Penerbit”, dalam Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Paramadina, 1999.

Kuntowijoyo. Paradigma Islam: interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 2008.

______. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.

______. Muslim Tanpa Masjid. Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.

______. “Tafsir Kontekstual, al-Qur’an sebagai Kritik Sosial”, kata pengantar dalam Syu’bah Asa. Dalam Cahaya al-Qur’an: Tafsir Ayat-ayat Sosial Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Madjid, Nurcholish. “Universalisme Agama dan Kenisbian Peradaban”, kata sambutan dalam M. Dawam Rahardjo. Ensiklopedi al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Penerbit Paramadina, 1996.

Mas’udi, Masdar Farid. “Memahami Ajaran Suci dengan Pendekatan Transformasi”, dalam Iqbal Abdurrauf Saimima (ed.). Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.

______. “Paradigma dan Metodologi Tafsir Emansipatoris”, pengantar dalam Very Verdiansyah, Islam Emansipatoris: Menafsir Agama untuk Praksis Pembebasan, (Jakarta: P3M, 2004.

Misrawi, Zuhairi. “Islam Emansipatoris: Dari Tafsir Menuju Pembebasan”, dalam Very Verdiansyah. Islam Emansipatoris: Menafsir Agama untuk Praksis Pembebasan. Jakarta: P3M, 2004.

Mubarok, Achmad. Solusi Krisis Kerohanian Manusia Modern: Jiwa dalam al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, 1999.

______. Psikologi Qur’ani. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

______. Meraih Kebahagiaan dengan Bertasawuf: Pendakian Menuju Allah. Jakarta: Penerbit Paramadina, 2005.

Mustaqim, Abdul. Pergeseran Epistemologi Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

______. “Kata Pengantar Editor”, dalam Abdul Mustaqim dan Sahiron Syamsuddin (ed.). Studi al-Qur’an Kontemporer: Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

______. “Pergeseran Epistemologi Tafsir: Dari Nalar Mitis-Ideologis Hingga Nalar Kritis”. Tashwirul Afkar, Edisi No. 18, Tahun 2004.

Piliang, Yasraf Amir. Bayang-bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi. Bandung: Mizan, 2011.

Putra, Heddy Shri Ahimsa-. Paradigma Profetik Islam: Epestemologi Etos dan Model. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2019.

Rachman, Budhy Munawar-.“Dari Tahapan Moral ke Periode Sejarah: Pemikiran Neo-Modernisme Islam di Indonesia”, dalam Asep Gunawan (ed.). Artikulasi Islam Kultural: Dari Tahapan Moral ke Periode Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

_____. Reorientasi Pembaruan Islam: Sekularisme, Liberalisme, dan Pluralisme Paradigma Baru Islam Indonesia, (Jakarta: LSAF dan Paramadina, 2010.

Rafiq, Ahmad. “The Reception of Qur’an in Indonesia: A Case Study of Place of the Qur’an in a Non-Arabic Speaking Community”, Disertasi tidak diterbitkan. Philadelphia: The Temple Univesity, 2014.

Rahardjo, M. Dawam. Ensiklopedi al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Penerbit Paramadina, 1996.

______. Paradigma al-Qur’an: Metodologi Tafsir dan Kritik Sosial. Jakarta: PSAP, 2005.

______. “Ilmu Sejarah Profetik dan Analisis Transformasi Masyarakat”, Kata Pengantar dalam Kuntowijoyo. Paradigma Islam: interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 2008.

______. “Hipotesa Nalar Jawa Modern”, kata pengantar dalam Mahmud Thoha. Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, Dialog Antarperadaban: Islam, Barat, dan Jawa. Jakarta: Penerbit Teraju, 2004.

Rahmat, M. Imdadun. Ideologi Politik PKS: Dari Masjid Kampus ke Gedung Parlemen. Yogyakarta: LKiS, 2011.

______. Arus Baru Islam Radikal: Transmisi Revivalisme Islam Timur Tengah ke Indonesia, (Jakarta: Erlangga, 2007.

Saeed, Abdullah. The Qur’an: An Introduction. London, New York: Routledge, 2008.

Salim, Abd. Muin. Fiqh Siyasah: Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Setiawan, M. Nur Kholis. “al-Qur’an dalam Kesarjanaan Klasik dan Kontemporer: Keniscayaan Geisteswissencgaften”, Jurnal Studi al-Qur’an, Vol. 1, No. 1, Januari 2006.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Syamsuddin, Sahiron. “Ranah-ranah Penelitian dalam Studi al-Qur’an dan Hadis”, kata pengantar dalam Sahiron Syamsuddin (ed.). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: TH-Press dan Penerbit Teras, 2007.

Thoha, Mahmud. Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, Dialog Antarperadaban: Islam, Barat, dan Jawa. Jakarta: Penerbit Teraju, 2004.

Umar, Nasaruddin. Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Paramadina, 1999.

______. “Kata Pengantar”, dalam Abd. Muin Salim, Fiqh Siyasah: Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Verdiansyah, Very. Islam Emansipatoris: Menafsir Agama untuk Praksis Pembebasan. Jakarta: P3M, 2004.

Wielandt, Rotraud. “Tafsir al-Qur’an: Masa Awal Modern dan Kontemporer”. Tashwirul Afkar, Edisi No. 18, Tahun 2004.

Yusuf, Muhammad. “Pendekatan Sosiologi dalam Penelitian Living Qur’an”, dalam Sahiron Syamsuddin (ed.). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: TH-Press dan Penerbit Teras, 2007.

Zulaiha, Eni. “Tafsir Feminis: Sejarah, Paradigma, dan Standar Validitas Tafsir Feminis”, Al-Bayan, Vol. 1, No. 1, Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Saifuddin Saifuddin, Dzikri Nirwana

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.