Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Impementasi Platform E-Learning

Zainal Muttaqin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dengan fokus pada implementasi aplikasi e-learning. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur. Selanjutnya, informasi yang telah diperoleh dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan aplikasi e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dianggap memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas pendidikan. Dalam hal ini, teknologi dimanfaatkan sebagai alat untuk mengintegrasikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara interaktif dan fleksibel. Dampaknya, siswa dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Selain itu, aplikasi e-learning juga memungkinkan pemantauan dan penilaian kemajuan siswa dengan lebih efisien. Namun, keberhasilan implementasi ini sangat bergantung pada ketersediaan infrastruktur, pelatihan pengguna, dan dukungan teknis yang memadai untuk memaksimalkan potensi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui teknologi ini.


Keywords


E-Learning, Pendidikan Agama Islam, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., P. I. Santosa, dan R. Ferdiana. “Sejarah, tantangan,dan faktor keberhasilan dalam pengembangan e-learning.” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, no. November (2016): 1–10.

Astuti, Cindy Cahyaning, Herlinda Maya Kumala Sari, dan Nuril Lutvi Azizah. “Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional.” Proceedings of The ICECRS 2, no. 1 (2018): 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395.

Atikah et al. “Efektifitas Pembelajaran E-Learning Melalui Google Classroom Pada Madrasah Ibtida’Iyah Di Kabupaten Rembang.” Universitas Muria Kudus, 2021.

Firdaus, N M, dan M Andarwati. “Analisis penggunaan e-learning dan blended learning terhadap efektivitas pelaksanaan mengajar (Studi kasus di SMP Kartika IV-8 Malang).” Seminar Nasional Sistem Informasi …, 2021.

Fitriawan, Helmy and others. “Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3, no. 3 (2020): 330--339.

Hadisi, La and Muna, Wa. “Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning).” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8, no. 1 (2015): 117--140.

Hasan, Husaini, Hafidz, dan Husna Nashihin. “Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta.” Attractive : Innovative Education Journal 5, no. 2 (2023): 506–13.

Indra, Irfan and others. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2017.

Karwati, Euis. “Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Komunikasi 17, no. 1 (2014): 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5.

Karyodiputro, Muhammad Ikrom, dan Triyana Sapta Ariyani. “Strategi Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Web Course Di MI At-Taqwa Bondowoso.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 4, no. 2 (2023): 221–36.

Lismayanti, Mahlusi, Sri Nurhayati, dan Tita Rosita. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Mengikuti Pembelajaran E-Learning (Online) Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Srikandi.” Comm-Edu (Community Education Journal) 4, no. 2 (2021): 38. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i2.6794.

Maulana, Riki Ilham and Nurfauzi, Yogi. “Implementasi Metode Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa:(Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi Axioo SMK Islam Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1, no. 1 (2023): 23--31.

Noor, M Elfin, Wahyu Hardyanto, dan Hari Wibawanto. “Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6, no. 1 (2017): 17–26.

Nu’man, Ahmad Zanin. “Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo).” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Nurkolis, Nurkolis, dan Muhdi Muhdi. “Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535.

Pendidikan, Jurusan, Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Ilmu Keguruan, Iain Batusangkar, dan Asnatul Husna. “at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Kendala Yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Islam 2 (2021): 66.

Permana, Deni, Idis Kusdi, Maftuh Salam, Yosial Iriantara, dan Ujang Cepi Barlian. “Inovasi Pembelajaran dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19.” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 1, no. 1 (2021): 31–47.

Putra, Riszullah Ramadhan. “Analisis Manajemen Risiko TI pada Keamanan Data E - Learning dan Aset IT Menggunakan NIST SP 800 – 30 Revisi 1.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 6, no. 1 (2019): 96–105. https://doi.org/10.35957/jatisi.v6i1.154.

Putri H., Radisya Eka, dan Tine Agustin Wulandari. “Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Common 4, no. 2 (2021): 171–90. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436.

Rachmawati, Anif, dan Evi Fatimatur Rusydiyah. “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1 (2020): 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.223.

Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. “Media Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Laboratorium Percontohan Upi Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47– 59. Media pembelajaran.” Jurnal Inovasi Informatika 6, no. 1 (2020): 173.

Rasidi, Muhamad Ahyar, Nurrismi Hikmatullah, dan M. Sobry. “Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2021): 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174.

Rusli, Muhammad, Dadang Hermawan, dan Ni Nyoman Supuwiningsih. Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi, 2020

Salsabila, Unik Hanifah, Munaya Ulil Ilmi, Siti Aisyah, Nurfadila Nurfadila, dan Rio Saputra. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi.” Journal on Education 3, no. 01 (2021): 104–12. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348.

Sodiq Anshori. “Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2017, 10–20.

Sukmawati, Ellyzabeth, Heri Fitriadi, Yudha Pradana, Dumiyati, Arifin, M. Sahib Saleh, Hastin Trustisari, Pradika Adi Wijayanto, Khasanah, dan Kasmanto Rinaldi. Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.

Sumiharsono, Rudy and Hasanah, Hisbiyatul. Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi, 2017.

Supriadi, Fenni. “Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak.” Jurnal Sistem Informasi 1, no. 1 (2015): 722–26.

Susanti, Aria Indah. Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM, 2021.

Syamila, Faza and Alyani, Fitri. “Hambatan E-learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2021): 1807--1818.

Tangahu, Hayatun Napsia R., Sumarno Ismail, dan Resmawan Resmawan. “Penggunaan Platform Edmodo Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” ALGORITMA: Journal of Mathematics Education 4, no. 1 (2022): 1–9. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.23061.

Tanjung, Wisudatul Ummi, dan Dian Namora. “Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (2022): 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796.

Yasyakur, Moch. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 5.09, no. 2 (2017): 1185–1230.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zainal Muttaqin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.