Nilai-nilai Pendidikan Moderasi Beragama dalam Surah Al-Mumtahanah Ayat 1-13 (Kajian Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Alqur'anul Adzim)

Nurhasanah Harahap, Syamsu Nahar, Yusnaili Budianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) 1) tafsiran ayat pada surah al-Mumtahanah ayat 1-13 menurut tafsir al-Misbah dan tafsir alqur’anul adzim. 2) pendidikan moderasi beragama pada surah al-Mumtahanah. 3) kontribusi surah al-Mumtahanah pada nilai-nilai moderasi beragama dalam mengatasi problematika pendidikan Islam kontemprer. Penelitian ini ialah merupakan paradigma jenis penelitian kepustakaan (library research) atau sering disebut dengan studi literatur, yakni penelitian dengan pengumpulan data serta informasi yang diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan.Pada penelitian ini menggunakan metode tahlili. Metode tahlili adalah metode menafsirkan alqur’an yang berusaha menjelaskan alqur’an dengan menguraikan berbagai seginya serta menjelaskan apa yang dimaksud oleh alqur’an.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) surah ini diawali dengan adanya sebuah seruan yang penuh akan kasih dan sayang. Surah ini juga mengandung mengenai penjelasan akan hukum perkawinan dengan orang pindah agama. Surah al-mumtahanah tersirat beberapa pesan yakni: pesan penting tentang hubungan antara orang beriman dan orang kafir.2) Pendidikan moderasi beragama diyakini dengan memuat nilai dan praktik baik yang ideal guna mewujudkan kemaslahatan masyarakat di Indonesia.  3) kontribusi nilai-nilai moderasi beragama pada surah al-Mumtahanah di antaranya ialah: toleransi antar agama, pemahaman terhadap nilai-nilai kemanusiaan, menanggulangi ekstremisme dalam toleransi, mengajarkan prinsip-prinsip keadilan dan keseimbangan, membangun pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, keteladanan dalam berinteraksi, pendidikan multikultural, keadilan dan keseimbangan, dialog dan komunikasi yang efektif, tanggungjawab sosial, kemurahan hati serta empati.


Keywords


Nilai-Nilai, Pendidikan Beragama, Surah al-Mumtahanah

Full Text:

PDF

References


Abd. A’la. (2014). Jahiliyah Kontemporer dan Hegemony Nalar Kekerasan: Merajut Islam Indonesia, Membangun Peradaban Dunia. Lkis.

Al-Munawar, Said Agil Husein. (2005). Fikih Hubungan Antar Umat Agama. Ciputat Press.

Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531

Atabik Ali dan Ahmad Zuhidi Muhadlor. (2016). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chotbah, S. (2017). Nilai Keadilan dalam Syari’at Poligami. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 4 no 1, 173–184.

Fauzan, I., Arifin, A., Dalimunthe, M. A., & Rahmadani, S. (2023). The configuration of ethnic and religious relations towards the 2024 general election: A case study in Medan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 6(2), 2024006. https://doi.org/10.31893/multiscience.2024006

Fahruddin, N. A. & A. (2009). Hermeneutika Transendental Dari Kualitatif. Alfabeta.

Hasyim, U. (1979). Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Umat Beragama. Bina Ilmu.

Hude, D. (2002). Cakrawala Ilmu dalam Alqur’an (2nd ed.). Pustaka Firdaus.

Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415

Irwan Masqadi. BerIslam Secara Toleran: Teolog Kerukunan Umat Beragama. Bandung: Mizan, 2001.

Machasin. (2011). Islam Dinamis Islam Harmonis: Lokalitas, Pluralitas, Terorisme. Lkis.

Maftuh, A. (2004). Negara Tuhan: The Tematic Encylopedia. Multi Karya Grafika.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. CV: Pustaka Setia.

Moeslim Abdurrahman. (1997). Islam Transformatif. Pustaka Firdaus.

Nur’aini, S. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan. In Jurnal Ilmiah Pedagogy (Vol. 16, Issue 1).

Rokim, S. (2017). Mengenal Metode Tafsir Tahlili. Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(03), 41–56. https://doi.org/10.30868/at.v2i03.194

Shihab, M. Q. (2013). Wawasal Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. PT Mizan Pustaka.

Soedarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sukayasa, E. A. (2014). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kemanusiaan ( Human Values ) Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Sukayasa , Evie Awuy Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako. Edukasi, 17(2), 54–61. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/2952/2030

Suwendi. (2021). 18. (Editor) Buku Moderasi Beragama.pdf (p. 11).

Truna, D. S. (2010). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme (1st ed.). Kementerian Agama RI.

Yahya, H. (2004). Keadilan dan Toleransi dalam Alqur’an. Iqra Insan Pree.

Yusuf, M.A. (2021). Pentingnya Nilai kemanusiaan Yang Tertuang Dalam Sila Kedua pancasila. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/nilai-kemanusiaan/




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurhasanah Harahap, Syamsu Nahar, Yusnaili Budianti

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.