Implementasi Watson Assistant dalam Chatbot Web Budaya dan Peradaban di Tanah Papua

Rina Wati Nurlia Br Sihite, Christian Dwi Suhendra, Lion Ferdinand Marini

Abstract


Budaya merupakan sebuah fenomena global yang memiliki karakteristik unik, mencerminkan persamaan kodrat manusia dari berbagai suku, bangsa dan ras. Peradaban adalah suatu rangkaian sifat yang dibangun berdasarkan pengetahuan, wawasan kebangsaan dan nilai suatu budaya. Hubungan manusia dengan peradaban sangat erat karena saling bergantung untuk membentuk suatu kehidupan yang hakikat. Namun pada saat ini sebagian besar pengenalan terhadap kebudayaan masih dilakukan dengan metode konvensional seperti pada buku pelajaran, seminar, pertunjukan, dan pameran. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas kegiatan pengenalan belum mencapai tingkat yang optimal. Penelitian ini akan memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan otomatis dalam menjawab pertanyaan umum seputar kebudayaan dan peradaban di Tanah Papua dengan memanfaatkan data yang telah dikumpulkan. Teknologi ini dikenal dengan chatbot yang menggunakan platform IBM Watson Assistant dengan model Natural Language Processing (NLP). Chatbot yang dibuat akan diimplementasikan pada sebuah situs web yang dapat diakses oleh seluruh pengguna tanpa batasan tempat dan waktu. Hasil yang diperoleh dari chatbot dengan menggunakan model NLP dapat memberikan respon yang valid terhadap 100 pertanyaan yang dimasukkan. Setelah dilakukan proses reformulasi pertanyaan, chatbot mampu memberikan jawaban sesuai dengan yang diharapkan dengan tingkat akurasi 100%.


Keywords


Chatbot, Kebudayaan, NLP, Peradaban, Watson Assistant

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, dan S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, Mar. 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Alfiat, B. F., P. Eosina, dan S. H. A. Ikhsan, “Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Wit.Ai pada Sistem SPP-IRT Berbasis Web,” vol. 6, no. 4, 2021.

Chandra, A. Y., D. Kurniawan, dan R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 4, no. 1, p. 208, Jan. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

Fatonah, F., “Belajar dari Karakeristik Bangsa Jepang dalam Menghargai Kebudayaan,” Tsaqofah Dan Tarikh J. Kebud. Dan Sej. Islam, vol. 2, no. 2, p. 119, Dec. 2017, doi: 10.29300/ttjksi.v2i2.711.

Gafur, A., R. Rusli, A. Mardiyah, A. Anica, dan M. Mungafif, “Agama, Tradisi Budaya dan Peradaban,” Tamaddun J. Kebud. Dan Sastra Islam, vol. 21, no. 2, pp. 124–138, Jan. 1970, doi: 10.19109/tamaddun.v21i2.10665.

Haq, M. S., B. Waspodo, dan N. Nuryasin, “Chatbot: Reservasi Restoran Online pada Facebook Messenger,” Appl. Inf. Syst. Manag. AISM, vol. 4, no. 1, pp. 23–30, Apr. 2021, doi: 10.15408/aism.v4i1.19765.

Jumardi, R., L. Farokhah, dan M. Maghfirah, “Kolaborasi Digital Signage dan Chatbot Messenger Sebagai Layanan Penyedia Informasi Akademik,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 4, no. 2, p. 347, Apr. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2061.

Mahdayeni, M., M. R. Alhaddad, dan A. S. Saleh, “Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan),” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 154–165, Aug. 2019, doi: 10.30603/tjmpi.v7i2.1125.

Putri, S. I. Pamungkas, S. Puspita Rahayu, dan N. Nofiyati, “Web-Based Information System Design of Inventory and Covid-19 Vaccine Distribution in Banyumas Regency,” J. Tek. Inform. Jutif, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, Feb. 2023, doi: 10.52436/1.jutif.2023.4.1.529.

Rahayu, D., M. Mukrodin, dan R. Hariyono, “Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata dengan Permodelan Simple Reflex-Agent (Studi Kasus : Desa Karangbenda),” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 7–21, Jan. 2020, doi: 10.30591/smartcomp.v9i1.1813.

Rosana, E., “Dinamisasi Kebudayaan dalam Realitas Sosial”.

Santoso, P. D. L., I. Riski, N. Kholik, dan M. R. Akbar, “Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa,” vol. 6, no. 3, 2021.

Solekhah, M., “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Cubatbot (Culture Balinese Chatbot) Sebagai Informasi Kebudayaan Bali,” vol. 1, no. 2.

Sudjatnika, T., “The Implementation of Research Based Learning Materials on Student Learning Competency in Islamic Higher Institution,” J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 123–136, Jun. 2021, doi: 10.15575/jpi.v7i1.8893.

Toba, H. dan B. Wijaya, “Implementasi Sistem Tanya Jawab Berbasis Skenario untuk Mendukung Proses Akademik dengan IBM Watson Assistant,” J. Edukasi Dan Penelit. Inform. JEPIN, vol. 6, no. 2, p. 154, Aug. 2020, doi: 10.26418/jp.v6i2.40715.

Yunefri, Y., Y. E. Fadrial, dan S. Sutejo, “Chatbot Pada Smart Cooperative Oriented Problem Menggunakan Natural Language Processing dan Naive Bayes Classifier,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 131–140, Aug. 2021, doi: 10.31539/intecoms.v4i2.2704.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rina Wati Nurlia Br Sihite, Christian Dwi Suhendra, Lion Ferdinand Marini

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.