Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan pada Materi Tumbuhan Tingkat Rendah

Lenni Jakiah, Novi Fitriandika Sari, Rivo Hasper Dimenta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendefenisikan kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 2 rantau selatan,penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif  yaitu penelitian yang dilaksakan melalui pengambilan sampel kepada peserta didik di sekolah SMA negeri 2 rantau selatan pada kelas X, pengumpulan data yaitu Teknik observasi dan angket/kuosioner.Subjek dalam penelitian ada 180 peserta didik yang terdiri kelas X1-X5. Data dianalisis dengan deskriptif presentase per setiap aspek literasi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 2 rantau selatan  Kelas X  pada indikator interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat 86,42% (Sangat tinggi) indikator pengetahuan sains sebesar 81,96% (Tinggi) indikator sains secara berpikir 68,48 (Sedang) dan indikator penyelidikan hakikat sains 50,36% (Rendah).


Keywords


literasi sains, SMA dan Tumbuhan tingkat rendah.

Full Text:

PDF

References


David, Benedikt, Christian Seigner, dan Hana Milanov. “Journal of Business Venturing Insights Mirror , mirror — A gendered lens on female entrepreneurs ’ facial attractiveness in reward-based crowdfunding” 20, no. December 2022 (2023).

Dwisetiarezi, D, dan Y Fitria. “Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1958–67.

Fadilah, Fadilah, Solikhah Isti, Titis Wida Dewi Amarta, dan Chandra Adi Prabowo. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLiT.” Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi 10, no. 1 (2020): 27–34. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8141.

Fauzi, Ahmad, I Nengah Punia, dan Gede Kamajaya. “Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar).” Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT) 3, no. 5 (2017): 1–3.

Hasyda, Suryadin, dan Arifin Djenawa. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosoal Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (2020): 696–706. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414.

Hemayanti, Ketut Lia, I Wayan Muderawan, dan I Nyoman Selamat. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 4, no. 1 (2020): 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060.

Kusumastuti, Rahmi Puji, Ani Rusilowati, dan Sunyoto Eko Nugroho. “Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 8, no. 3 (21 November 2019). https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35624.

Meidiansyah, Muhamad Yuma, N. Rachma, dan Fahrurrozi Rahman. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Metro Media Lombok (Studi Kasus Pada Pelanggan Metro Media Lombok Di Lombok).” Jurnal Riset Manajemen 9, no. 19 (2020): 1–15.

Sofiah, Rodatus, Suhartono Suhartono, dan Ratna Hidayah. “Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7, no. 1 (2020): 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611.

Utami Agustin, Tri Fatya, Hunaidah, dan La Maronta Galib. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMAN 5 Kendari Berdasarkan Instrumen NOSLiT (Nature Of Science Literacy Test).” Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 8, no. 2 (2023): 108–14. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.19.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lenni Jakiah, Novi Fitriandika Sari, Hasper Dimenta

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.