Jaminan Kualitas dalam Pendidikan Jarak Jauh: Analisis Perbandingan Model dan Praktik
Abstract
Jaminan kualitas dalam pendidikan jarak jauh (PJJ) memiliki peran krusial dalam memastikan bahwa pengalaman pembelajaran yang diberikan setara dengan pendidikan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode library research untuk menyelidiki model dan praktik jaminan kualitas dalam PJJ. Model Input mencakup aspek kualifikasi pengajar, pengembangan kurikulum, dan bahan ajar. Model Proses menyoroti pemilihan platform pembelajaran, interaksi, dan metode penilaian. Model Output berkaitan dengan analisis hasil belajar, pengukuran kepuasan, dan tindak lanjut alumni. Dalam analisis perbandingan, model input menawarkan keunggulan dengan memastikan dasar yang kuat sebelum proses pembelajaran dimulai, meskipun mungkin kurang fokus pada proses dan output. Model Proses memfokuskan pada aspek penting PJJ, memungkinkan identifikasi masalah secara dini, namun mungkin lebih sulit diimplementasikan. Model Output memberikan gambaran tentang hasil PJJ dan meningkatkan akuntabilitas, namun kurang fokus pada proses pembelajaran. Contoh penerapan model tersebut dilakukan oleh Universitas Terbuka dengan menerapkan kombinasi model input dan output, serta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dengan fokus pada model proses. Setiap lembaga memiliki pendekatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Kesimpulannya, untuk memastikan kualitas PJJ, pemilihan dan penerapan model dan praktik yang sesuai dengan konteks dan tujuan program PJJ sangat penting. Evaluasi berkala diperlukan untuk memastikan efektivitas model dan praktik yang diadopsi. Kombinasi antara model input, proses, dan output dapat memberikan jaminan kualitas yang komprehensif dalam PJJ.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfajri, Nur’aeni Aprillia. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMPN Wilayah Kabupaten Lebak.” bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60609.
Anthaqo, Fajar Maulideo, dan Wahyu Andhyka Kusuma. “Analisis Kebutuhan Pengguna Learning Management System Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Metode User Persona.” JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) 11, no. 1 (31 Januari 2023). https://doi.org/10.26418/justin.v11i1.54814.
Ferdianita, N. F. N., dan F. Mulianingsih. “Analisis Hambatan Guru IPS dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dampak Pandemi Covid-19 di SMP/MTs Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.” Jurnal Pembelajaran IPS, 2021.
Hariyadi, Misnawati, dan Yusrizal. “Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh.” Badan Penerbit STIEPARI Press, 23 Mei 2023.
Helaluddin, dan Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
Hermawan, Muhamad Dede. “Pengaruh Supervisi Akademik Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Analisis Kuantitatif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kota Bekasi).” Masters, Institut PTIQ Jakarta, 2021. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/493/.
Hikmatuprilla, Al Wanita Imani. Model Pembelajaran ICARE pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di SMK, 2021. http://repository.unj.ac.id/31793/1/Abstrak.pdf.
Idrus, Syarifa Wahidah Al. “Analisis Problematika Evaluasi Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi: Kajian Literatur.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 3c (17 Oktober 2022). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.880.
Inayati, Nurul Latifatul, Annas Fajar Rohmani, dan Armelya Puspita Ningrum. “Pola Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices 6, no. 1 (1 April 2022). https://doi.org/10.23917/iseedu.v6i1.20543.
Jarno, Jarno, Zainal Abidin Arief, dan Muhammad Givi E. Model Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya. Widina Media Utama, 2022. https://repository.penerbitwidina.com/uk/publications/353418/.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Sarnu Untung, 2020.
Rayanto, Yudi Hari, dan Sugianti. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, t.t.
Sanjaya, Ridwan. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media, 2020.
Saumantri, Theguh. “Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 23, no. 1 (21 Juni 2022). https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022.
Suryono, Indra Gunawan. “Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Materi Statistika Pada Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Susukan Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2, no. 3 (27 Maret 2022). https://doi.org/10.52436/1.jpti.160.
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Bumi Aksara, 2022.
Wijaya, David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara, 2022.
Zukri, Pajri Al. “Analisis penggunaan teknologi informasi pada pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi menggunakan is success model di Pondok Pesantren.” bachelorThesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65649.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Noor Liyana Selvia, Siti Patimah, Andi Warisno, Nurul Hidayati Murtafiah
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.